Rumah Winchester dan Misteri Arsitektur Paling Aneh Sepanjang Masa

Hari ini, rumah itu dikenal sebagai Rumah Misteri Winchester, tetapi pada saat pembangunannya, itu hanyalah Rumah Sarah Winchester. Jika kau tidak tau rumah seperti apa itu, itu adalah rumah yang dibuat seperti labirin. Ada pintu yang mengarah ke langit-langit, sebuah tembok yang tidak memiliki fungsi, tangga terbalik, dan segala macam hal aneh yang tidak akan pernah kau bayangkan ada di rumahmu.

Alasan kenapa Sarah membangun rumahnya seperti itu, sedikit aneh dan Creepy, kalau boleh jujur.

Siapa Itu Sarah Winchester?

Sarah Winchester adalah janda dari William Wirt Winchester, dan merupakan pewaris Perusahaan Senjata, Winchester Arms. Senjata-senjata mereka, terutama Winchester Rifle, berberan penting dalam perang saudara yang pernah terjadi di Amerika Serikat.

Lahir sekitar tahun 1840, Sarah Winchester tumbuh di dunia yang dimiliki oleh orang-orang berada. Dia berbicara empat bahasa, bersekolah di sekolah terbaik, menikah dengan baik, dan akhirnya melahirkan seorang putri, Annie.

Sayangnya kebahagiannya hanya sementara, karena Annie meninggal di usia muda. Hidup dalam kesedihan selama satu dekade, suaminya, William pun ikut meninggalkannya.

Setelah kematian William pada tahun 1881, Sarah mewarisi sekitar $20 juta (lebih dari $500 juta pada hari ini) serta lima puluh persen saham dari perusahaan Winchester Arms yang memberinya penghasilan berkelanjutan yang setara dengan $1.000 per hari (atau $26.000 per hari pada hari ini) .

Sebuah Penglihatan

Pada Hari tuanya, Sarah tinggal seorang diri. Karena tidak adanya anak dan Suami, dia dikabarkan mengalami depressi  berat yang membuat dia selalu bermimpi butuk. Dalam mimpi-mimpinya itu, dia mengaku kalau dia terus didatangi oleh arwah suaminya.

Sara tidak paham apa yang ingin disampaikan suaminya melalui mimpi. Itulah kenapa, pada suatu hari dia meminta bantuan seorang cenayang (atau dukun) untuk menjelaskan apa yang terjadi.

Inilah yang dikatakan dukun tersebut :

“Suamimu bilang bahwa kau harus pindah dari New Haven, Connecticut, dan menuju ke barat ke California. Gunakan kekayaanmu untuk membangun sebuah rumah. Buatlah rumah tersebut dengan arsitektur serumit mungkin.”

Sarah yang mendengarnya tentu saja tidak paham apa maksudnya. Alasan kenapa suaminya mau Sarah untuk membuat rumah lain padahal dia sudah memiliki rumah di New Haven. Terlebih lagi, kenapa pula arsitekturnya harus dibuat serumit mungkin?

Sang dukun kemudian menambahkan detail yang tidak didengar Sarah.

Dukun itu mengungkit pabrik senapan yang merupakan sumber pendapatan Sarah. Senapan-senapan yang dibuat perusahaan Winchester Arms telah mengakibatkan kematian ribuan bahkan jutaan orang dalam perang saudara.

Dukun bilang bahwa arwah-arwah itu menuntut balas. Sebagian dari mereka mungkin akan menghantui Sarah sampai akhir hayatnya. Alasan arwah suaminya mengatakan kalau Sarah Harus pindah, memiliki sangkut paut terhadap cara lepas dari karma buruk tersebut.

Mendengar hal tersebut, Sarah tidak mampu berpikir. Perlu beberapa hari untuknya sebelum pada akhirnya dia menyetujui saran dari sang dukun untuk pindah ke California.

Itupun karena Sarah mengaku kalau pasca konsultasinya dengan sang dukun, mimpi-mimpi yang dia lihat semakin aneh dan menakutkan.

Pembangunan Rumah Winchester

Pada tahun 1884, Sarah Winchester membeli apa yang kemudian dikenal sebagai Rumah Misteri Winchester di masa kini. Pada saat dibeli, rumah itu hanyalah rumah pertanian kecil yang belum selesai, tetapi itu dengan cepat berubah.

Sarah menyewa beberapa tukang kayu untuk bekerja hampir 24 jam, memperluas rumah kecil itu menjadi rumah tujuh lantai. Sarah tidak menyewa Arsitek maupun merencanakan sebuah rumah idaman setiap orang. Dia hanya membangun, dan membangun.

Kamar ditambahkan ke dinding luar yang menghasilkan jendela yang menghadap ke kamar lain. Beberapa tangga akan ditambahkan, semuanya dengan anak tangga berukuran berbeda, memberikan tampilan yang menyimpang pada setiap tangga.

Lebih aneh lagi fakta bahwa banyak perubahan yang tampak sia-sia. Tangga akan naik beberapa tingkat kemudian berakhir dengan tiba-tiba, pintu akan terbuka ke dinding yang kokoh, dan lorong-lorong akan berbelok ke sudut dan berakhir di jalan buntu.

Selain itu, Sarah awalnya mau rumah itu dibangun secara eksklusif dari kayu merah. Namun setelah berdiri, dia tidak menyukai tampilan kayunya, jadi dia bersikeras agar rumah itu ditutupi dengan noda dan tekstur warna kayu palsu. Pada saat rumah itu selesai dibangun, lebih dari 20.000 galon cat telah digunakan untuk menutupi warna tembok yang tidak Sarah sukai.

Pada pergantian abad, Sarah pada akhrinya menyelesaikan rumahnya: sebuah rumah besar yang ditata dengan aneh, dengan tujuh lantai, 161 kamar, 47 perapian, 10.000 panel kaca, dua ruang bawah tanah, tiga lift, bahkan terdapat interior seperti ruang hiburan yang misterius. .

Bangunan yang High Class

Siapa pun yang menginjakkan kaki di rumah tersebut, dapat mengatakan bahwa tidak ada penghematan biaya dalam bentuk apapun. Sarah benar-benar membuat rumah anehnya itu dengan barang-barang top brand.

Terdapat Lampu gantung emas dan perak tergantung dari langit-langit. Lusinan jendela kaca ukir indah yang dibuat oleh Tiffany & Co (sebuah perusahaan retail barang-barang mewah) menghiasi dinding, termasuk beberapa yang dirancang oleh Designer ternama Louis Comfort Tiffany sendiri.

Satu jendela, khususnya, dimaksudkan untuk menciptakan efek pelangi prismatik di lantai ketika cahaya menembusnya – tentu saja, jendela tersebut malah tertutup dinding interior, dan berakhir sia-sia karena efek pelangi tersebut tidak mampu bersinar.

Tentu saja hal yang paling menakjubkan dari rumah itu adalah mekanisme pipa dan listrik. Perlu lebih dari seorang sarjana tekhnik untuk membuat saluran listrik dan air demi menyalurkan cahaya dan sumber air ke bagian penting rumah. (Rumah itu memiliki pemanas otomatis dan bak mandi dengan air hangat jika kau mau tau)

Sayangnya, pada tahun 1904, gempa bumi melanda daerah tersebut, dan Rumah Misteri Winchester mengalami kerusakan parah. Berkat fondasi terapung (pondasi yang setara dengan berat tanah di sekitarnya), Pondasi utama rumah dapat diselamatkan dan arsitekturnya dapat diperbaiki. Tiga lantai teratas akhirnya dibongkar dan dipindah, meninggalkan rumah dengan hanya empat lantai, seperti yang terlihat hari ini.

Home Sweet Home Of Sarah Winchester

Selama bertahun-tahun dalam masa pembangunan, orang-orang yang bekerja membangun rumah itu sering mendengar rumor aneh. Jika mereka mengira membuat rumah labirin itu adalah pekerjaan aneh, maka sebenarnya cerita-cerita yang mereka dengar di lapangan lebih aneh lagi.

Para kontraktor yang bekerja di rumah tersebut, sering mendengar desas-desus bahwa Sarah nampaknya melakukan upacara pemanggilan arwah bersama seorang dukun lokal hampir setiap hari.

Hal tersebut diyakini sebagai upaya meminta petunjuk dari roh-roh baik untuk membangun ‘rintangan’ agar menghalangi roh roh jahat menghantui Sarah. Hal tersebut menjelaskan kenapa Sarah meminta design rumah menjadi serumit mungkin.

Dari 13 kamar mandi di rumah tersebut, hanya satu yang berfungsi, dalam upaya untuk membingungkan hantu yang ingin menghantui keran.  (maksudnya, kayak di film horor itu lho bro. Kan biasanya ada orang mandi trus tiba-tiba airnya berubah jadi darah. Nah si Sarah ini, mencoba mencegah hal itu)

Selanjutnya, Sarah juga akan tidur di kamar yang berbeda setiap malam di rumah Winchester, dan menggunakan jalan rahasia untuk pergi dari kamar ke kamar sehingga tidak ada roh yang bisa mengikutinya.

Warisan Berhantu

Pada tahun-tahun Sarah Winchester tinggal di rumah itu, penduduk setempat sering nyinyir tentang konstruksi rumah Winchester yang aneh dan bahkan penghuninya yang lebih aneh lagi.

Setelah kematian Sarah pada bulan September 1922, Dia mewariskan semua harta bendanya kepada keponakannya, Marion. Tatkala Sarah masih hidup, Marion dipekerjakan sebagai sekertaris pribadinya, dia mungkin juga adalah satu-satunya sosok keluarga dekat yang dia miliki.

Meskipun begitu, Rumah Misteri Winchester tidak pernah disebutkan dalam surat wasiatnya. Hal itu tentu saja menambah misteri dalam sejarah rumah tersebut.

Setelah penilai properti menganggap rumah itu tidak berharga karena desainnya yang aneh, ditambah kerusakan akibat gempa bumi dan konstruksi yang bertele-tele, Marion mengambil semua barang yang ada di dalamnya dan kemudian melelangnya. Butuh setidanya enam minggu untuk mengosongkan rumah tersebut dari semua perabotan.

Setelah rumah itu dikosongkan, seorang investor lokal membeli rumah itu dengan harga $135.000. Hanya lima bulan setelah Sarah Winchester meninggal. Semenjak saat itu, Rumah Misteri Winchester dibuka untuk umum sebagai obyek wisata.

Misteri Terus Berlanjut

Meskipun pernah sepenuhnya dikosongkan, diisi kembali, dan kemudian dibuka untuk bisnis, Rumah Misteri Winchester terus saja mendatangkan cerita.

Dalam sebuah catatan, disebutkan bahwa Sarah sempat menyimpan uang di sebuah lokasi rahasia di rumah tersebut. Uang tersebut dikabarkan bernilai lebih dari $25.000 (lebih dari $300.000 hari ini). Hal tersebut membuat banyak turis datang dan mencoba mencari ‘harta terpendam; tersebut.

Terlepas dari pemiliknya yang sudah berganti, sebenarnya masih banyak sekali tempat yang belum tereksplorasi di dalam rumah tersebut. Mempertimbangkan betapa luas dan rumitnya arsitektur.

Pada tahun 2016, sebuah loteng rahasia ditemukan. Di dalam loteng tersebut, terdapat organ pompa (piano yang ada pipanya), sofa era Victoria, design pakaian, beberapa mesin jahit, dan berbagai lukisan.

Setahun kemudian, ruangan-ruangan yang pada awalnya ditutup pada akhirnya dibuka untuk umum. Ruangan tersebut termasuk beberapa tempat yang belum selesai dibangun bahkan sampai kematian Sarah.

Epilogue

Pasca kematiannya, sedikit yang terungkap tentang Sarah Winchester dan alasan di balik obsesinya membangun Rumah Misteri Winchester. Dia tidak memberikan wawancara, tidak meninggalkan jurnal, dan tidak memiliki keluarga yang mau berbicara tentang dia.

Kadang-kadang, para turis yang melakukan kunjungan di rumah itu, tidak jarang melaporkan adanya penampakan atau aktivitas paranormal lain (setidanya, itulah pengakuan mereka).

Setelah semuanya, Rumah Misteri Winchester tetap menjadi salah satu produk aneh dari arus Sejarah. Selebihnya, masih menjadi misteri.

What do you think?

(Rumah Misteri Winchester Tampak dari Atas. Buset jika suruh milih, mending gw tidur di tenda dah. Rumah kyk gitu bikin anxiety jujur)

Baca Juga :

Tag : Biografi Sarah Winchester, Kasus penampakan Sarah Winchester, Rumah Misterius Sarah Winchester, Kematian Sarah Winchester

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

1 Response to "Rumah Winchester dan Misteri Arsitektur Paling Aneh Sepanjang Masa"

  1. Diliat dari atas aja udah njelimet banget. Gimana kalo masuknya ntar?
    Dijadiin Escape Room kayanya cocok XD
    Artikelnya keren. Gue baru tau soal ini.

    ReplyDelete