v RIDDLE #103, MATA-MATA | UNSOLVED INDONESIA

RIDDLE #103, MATA-MATA



RIDDLE INDONESIA #103

"Mata-Mata"

Pada suatu hari, seorang pimpinan agensi intelejen menerima laporan bahwa di satuannya telah disusupi mata-mata. Karena dia tidak mau informasi negara bocor, dia pun mulai melakukan analisa dari setiap anggotanya. Hingga pada akhirnya, analisanya menghasilkan kesimpulan bahwa dari 200 orang yang ada, dia hanya perlu memanggil 3 orang.

3 orang tersebut adalah Connor, Robber dan James. Tanpa pikir panjang, mereka pun langsung ditarik dari misi dan dipanggil menghadap.

Sang pemimpin tau bahwa mata-mata hanya satu orang, namun dalam pertemuan, sang pemimpin dengan tegas bilang bahwa mereka bertiga akan dieksekusi mati apabila tidak ada yang mengaku.

Ketiga orang tersebut langsung kaget dan langsung berdebat di depan pimpinan mereka. Mereka menegaskan bahwa hanya 1 diantara mereka yang merupakan mata-mata musuh.

 “Robber adalah mata-mata musuh.” Ujar Connor

 “James adalah mata-mata musuh.” Jawab Robber

 “Robber berbohong.” Bantah James

Pimpinan mereka yang mendengarkan itu, mulai menelaah setiap perkataan dari ketiga anak buahnya. Dia berasumsi bahwa apabila mata-mata diantara mereka hanya satu, maka dua orang yang lain pasti berkata jujur.

Detik berikutnya, sang pimpinan sudah memutuskan siapa yang harus dieksekusi.

.
Kau Bisa Memecahkannya? Jawab Di Kolom Komentar






Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

6 Responses to "RIDDLE #103, MATA-MATA"

  1. Connor kah? Karena yang disebut berbohong itu robber :v

    ReplyDelete
  2. Pelakunya connor. Karena conor nunjuk perampok, perampok nunjuk james, james gak mau nunjuk connor karena akan malah membuat bingung. Kesimpulannya perampok ada dendam ama james.

    ReplyDelete
  3. Mata2 nya robber..
    clue nya dari 3 pernyataan itu, 2 jujur 1 bohong,tinggal dipilah2 ketemu..
    easy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi gini,cek 3 pernyataan itu dan cari aja 2 yg jujur:
      - connor+robber jujur ga mungkin krn pernyataan mereka menunjuk orang yg berbeda
      - robber+james jujur ga mungkin krn pernyataan mereka jadi bertentangan
      - connor+james jujur, nah ini mungkin krn pernyataan mereka tdk bertentangan dan menunjuk orang yg sama yaitu robber sebagai mata2 dan berbohong

      Delete