Apakah Kau Bisa Mencari Keberaadaan Orang Ini? | UNSOLVED INDONESIA
Beranda - Kasus - Geek - Riddle - Lost Notes - Horror Story - About Blog - Kontak Admin

Apakah Kau Bisa Mencari Keberaadaan Orang Ini?


Perusahaan berbasis game yang berkantor di Inggris tercatat melakukan sebuah eksperimen masif untuk mencari seseorang. Membuat sebuah web wordpress beralamatkan : www.findsatoshi.wordpress.com , mereka menyuruhmu untuk mencari seseorang bernama Satoshi hanya dari sebuah foto dan nama saja.

Oke, itu memang terdengar seperti hal yang mustahil untuk dilakukan. Disuruh mencari orang hanya dari Foto dan Nama? Itu adalah hal yang konyol kan?

Namun orang yang mencari si Satoshi ini, Percaya sebaliknya. Pasalnya, mereka sedang melakukan sebuah praktek dari Teori yang bernama : “Six Degree Of Separation”

(Nama : Satoshi, Jabatan : Orang Asing)

Seberapa susah kau mencari seseorang?

Pernah tidak sih kau bertemu dengan orang yang baru kau temui kemarin. Kau tidak menyimpan nomor telfon ataupun informasi darinya namun disuatu ketika, kalian dipertemukan lagi oleh takdir di sebuah tempat yang random, dan situasi yang random pula? Dan ternyata dengan sebuah penjelasan, kalian masih punya hubungan saudara. Lalu kalian akan bilang satu sama lain : Ah, dunia benar-benar sempit ya.

Six Degree Of Separation adalah sebuah teori yang menjelaskan bahwa pada dasarnya hubungan manusia di dunia antara orang asing “A” dan orang asing “B” hanya terpisah enam tingkat saja. Teori ini dicetukkan oleh Stanley Milgram, seorang professor Psikologi dari Universitas Harvard.

Kesimpulan tersebut dia dapat dari penelitiannya yang mana dia mengirim 296 paket surat secara acak kepada orang yang tinggal di Nebraska. Dan meminta penerima surat tersebut untuk meneruskannya kepada sebuah alamat di Boston. Yang dimaksud meneruskan bukan mengirimnya lewat FedEx atau JNE lho ya. Mereka disuruh untuk meneruskannya kepada saudara/keluarga yang mereka pikir mengenal si “A” yang tinggal di Boston tersebut. Siklus “meneruskan” itu terus berlanjut sampai paket yang bersangkutan sampai ke alamat yang dituju.

Dari 296 Surat itu, yang benar-benar sampai ke alamat di Boston adalah 64. Rata-rata orang yang ada dalam garis “Meneruskan” sebelum sampai ke Boston adalah 5-6 orang. Itulah kenapa teori ini disebut Six Degree Of Separation

(Stanley Milgram, Professor Psikologi, Harvard)

Pencarian Orang Asing

Dalam Kasus Satoshi, kita diberikan sebuah gambar orang jepang dengan background bangunan eropa. Metode pencarian yang bisa kita lakukan juga tidak terbatas hanya dari surat saja. Kita bisa menggunakan forum internet, orang-orang di forum tersebut akan (bisa saja) meneruskannya ke grup-grup mereka dan orang-orang di grup tersebut akan (bisa saja) membagikannya kepada orang-orang dilingkar mereka.




Hal ini tentu saja menggaris bawahi bahwa Internet dan Komunikasi bisa digunakan untuk mencari siapa saja. Well, bahkan, apabila kita menerapkan teori dari Six Degree of Separation, bisa jadi, orang ke 6 dari 6 garis saudara/keluarga kita adalah orang yang terkenal. Mungkin aktor, Ilmuan, penyanyi, atau ah.. Mungkin juga orang luar negeri.



Baca Juga :

Yth Pembaca,
Mohon untuk tidak meng-copas artikel di blog ini sembarangan. Buatnya susah gan. Kalau mengutip boleh, tapi mohon sertakan sumber. Terima kasih.

0 Response to "Apakah Kau Bisa Mencari Keberaadaan Orang Ini?"

Post a Comment