Kisah Earth-Chan dan Kepler-438b | UNSOLVED INDONESIA
Beranda - Kasus - Geek - Riddle - Lost Notes - Horror Story - About Blog - Kontak Admin

Kisah Earth-Chan dan Kepler-438b


Dari dalam galaksi bernama bima sakti, Bumi pernah memergoki saudara jauhnya. Sebuah planet yang secara fisik memiliki kemiripan sebesar 0.88 (Maksimal 1) dengan bumi. Seakan melihat saudara kembar yang terpisah dengan bintang dan ruang hampa, Bumi sempat bergembira.

“Ah ini adalah penemuan baru! Planet yang memiliki kemiripan dengan bumi pastinya berpotensi menopang kehidupan.” Ujar Ilmuan yang pertama kali memergoki saudara jauh Bumi


Bumi dan Kepler 438b

Planet yang bernama resmi Kepler 438b ini pertama ditemukan pada tahun 2015. Jaraknya adalah sekitar 470 tahun cahaya dan ilmuan sangat yakin kalau planet itu adalah planet berbatu dan bukannya planet gas (mirip jupiter). Dengan kata lain, planet itu solid dan secara fisik bisa disentuh.

Diameter Kepler 438b berukuran 12 persen lebih besar dibanding bumi dan perhitungan rotasinya adalah sekitar 35 hari (1 Tahun di kepler 438b adalah 35 hari saja)

Earth-chan : Apa katamu? Dia lebih besar dariku?!

NASA : Iya. Dibandingkan Earth-chan yang datar, dia lebih Sexy 12 persen.

Earth-chan :  AKU TIDAK DATAR!

NASA : ....

Para ilmuan memperkirakan bahwa catatan pengamatan mereka memiliki ketepatan setidaknya 70 persen. Dalam salah satu catatan tersebut, para ilmuan juga menggaris bawahi bahwa Keplere 438b berpotensi mempunyai sumber mineral air yang mengalir untuk menyokong kehidupan.



Twist

Sayangnya, pada bulan november 2015, peneliti memperbarui status dan spesifikasi dari planet Kepler 438b. Laporan itu menuturkan detail-detail yang sangat berbanding terbalik dengan laporan sebelumnya.

Peneliti dari University of Warwick, Inggris mengutarakan bahwa Kepler 438b ternyata memiliki masalah serius dengan radiasi. Ternyata, bintang induk (Mataharinya) kerap mengeluarakan jilatan api yang mengenai Kepler 438b. Jilatan api itu lebih besar berkli lipat daripada yang pernah dikeluarkan Matahari kita.

Memang jilatan api tersebut tidak berdampak pada permukaan planet tersebut (tidak akan membakar tanahnya) Namun karena jilatan api itu mengandung ledakan plasma raksasa yang terjadi di Mataharinya, para ilmuan memperkirakan bahwa ledakan tersebut bisa jadi merusak atmosfer dari planet kepler 436b itu sendiri.

Karena atmosfer yang kerap mendapat dampak negatif itu semakin tipis. Catatan menyebutkan bahwa Kepler 438b bisa terpapar radiasi sinar X dan ultraviolet yang sangat keras. Pula ditambah radiasi partikel bermuatan membuat planet tersebut sangat mustahil untuk ditinggali makhluk hidup.

NASA : ...... itulah kenapa Manusia tidak bisa hidup disana.

Earth-chan : Tunggu.. Jadi maksudmu, Kepler 436b tidak layak ditinggali karena sering disiksa ibunya?!

NASA : Eh? Err—

Earth-chan : Kalau begitu kita harus menyelamatkannya!!

NASA : Ha—

Earth-Chan : Ayo kita bangun payung raksasa untuk kepler 438b!

NASA : Duit siapa woy!

Itulah kenapa setelah laporan tersebut, Kepler 436b secara resmi dicoret dari daftar planet yang dapat ditinggali.

(Art By @Shuuzo3)

Baca Juga :

Yth Pembaca,
Mohon untuk tidak meng-copas artikel di blog ini sembarangan. Buatnya susah gan. Kalau mengutip boleh, tapi mohon sertakan sumber. Terima kasih.

0 Response to "Kisah Earth-Chan dan Kepler-438b"

Post a Comment