Kasus Kematian Elisa Lam yang Membingungkan

Penemuan mayat Elisa Lam di tangki air di Hotel Cecil pada tahun 2013 sempat menggemparkan Los Angeles. Pasalnya, tidak ada yang tahu bagaimana dia meninggal atau bagaimana tubuhnya bisa berakhir di dalam sana.

Lam terakhir terlihat di Hotel Cecil di Los Angeles pada 31 Januari 2013. Sebelum akhirnya menghilang. Video CCTV hotel sempat menangkap momen-momen terakhir yang aneh, dimana dia bertingkah diluar normal. Setiap detail yang ditemukan pasca kematiannya, membuka lebih banyak pintu misteri yang sangat membingungkan.

 Kasus Aneh Elisa Lam

Pada 26 Januari 2013, Seorang Mahasiswi asal Kanada bernama Elisa Lam tiba di LA. Dia baru saja datang dengan kereta Amtrak dari San Diego dan berniat menuju ke Santa Cruz sebagai bagian dari perjalanan liburannya di sekitar Pantai Barat. Hari yang sama, dia check in, ke Hotel Cecil, LA.

Sebelum berangkat, keluarganya telah mewanti-wanti atas perjalanan solonya ini. tetapi siswa muda itu bertekad untuk melakukannya sendiri. Sebagai jaminan, Lam berjanji untuk menghubungi orang tuanya setiap hari selama perjalanan untuk memberi tahu mereka bahwa dia baik-baik saja..

Itulah mengapa orang tuanya terkejut ketika mereka tidak mendengar kabar dari putri mereka pada 31 Januari. Tanggal tersebut, adalah hari dimana dia dijadwalkan untuk check out dari hotel Cecil.

Keluarga Lams akhirnya menghubungi Departemen Kepolisian Los Angeles. Polisi lalu melakukan penggeledehan di kamar hotel Lam namun tidak menemukan dia dimanapun. Meskipun begitu, seluruh barang-barang milik Lam masih ada disana.

Mencoba melacak keberadaan Lam, Polisi kemudian meminta security hotel untuk menunjukan rekaman CCTV pada hari Lam menghilang.

Yang mereka temukan, adalah sebuah hal yang aneh dan janggal

Sebenarnya Apa yang Kau lakukan, Lam?

Video hotel menunjukkan Elisa Lam berada di salah satu lift hotel pada tanggal kepergiannya. Dia bertingkah aneh.

Dalam rekaman tersebut, Lam terlihat melangkah masuk ke lift dan menekan semua tombol yang ada. Dia kemudian terlihat melangkahkan kaki keluar lift dan masuk kembali. Sesekali terlihat dia menjulurkan kepalanya ke samping menuju lorong hotel yang kosong dari dalam lift. Dia terlihat mengintip keluar dari lift beberapa kali sebelum benar-benar keluar dari lift (tidak jadi menggunakan lift tersebut)

Menit-menit terakhir video menunjukkan Lam berdiri di sisi kiri pintu salah satu kamar hotel. Dia terlihat menggerakkan tangannya dengan gerakan acak. Tidak ada orang lain yang terekam dalam video itu, kecuali Lam.

Saat rekaman video CCTV itu dirilis ke publik, Reaksi publik terhadap video yang tidak dapat dijelaskan itu meluas ke Kanada dan China, tempat asal keluarga Lam. Video empat menitan tersebut, telah ditonton oleh puluhan juta pemirsa.

Penemuan Mayat Elisa Lam di Tangki Air

Pada 19 Februari, dua minggu setelah video itu diterbitkan oleh pihak berwenang, pekerja maintenance Santiago Lopez menemukan mayat Elisa Lam mengambang di dalam salah satu tangki air hotel.

Lopez menemukan mayat tersebut setelah dia menanggapi keluhan dari beberapa penghuni kamar hotel yang melapor bahwa tekanan air keran mereka rendah dan rasa airnya sedikit aneh.

(fyi, Orang-orang Amerika memang biasa mengkonsumsi air keran tanpa direbus dahulu. Dalam kasus ini, beberapa pengunjung hotel, sebenarnya meminum air rendaman mayat. Hiiyy~)

menurut sebuah pernyataan oleh kepala Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles, tangki di mana tubuh Lam ditemukan harus dikeringkan sepenuhnya dan kemudian dipotong dari samping untuk mengeluarkan mayat Lam dari sana.

Tidak ada yang tahu bagaimana mayat Lam bisa berakhir di tangki air hotel Cecil. Staf hotel mengatakan kepada pihak berwenang bahwa Lam selalu terlihat sendirian di sekitar lokasi hotel. Saat ditemukan, mayat Lam mengenakan pakaian yang sama seperti saat terakhir dia terlihat di CCTV.

Penyelidikan Polisi

Dalam sebuah penyelidikan, ditemukan satu orang yang mengaku sempat melihat Lam sebelum kematiannya. Di sebuah toko disekitar Hotel Cecil, yang bernama The Last Bookstore, pemiliknya Katie Orphan termasuk orang yang terakhir melihat Elisa Lam saat masih hidup. Dia ingat ada mahasiswa yang membeli buku dan kaset untuk keluarganya di Vancouver.

“Gadis itu bilang padaku bahwa dia membelikan itu (buku dan kaset) untuk anggota keluarganya. Dia berencana untuk pulang segera.”

Ketika hasil otopsi untuk kasus Lam keluar, itu hanya memicu lebih banyak pertanyaan. Laporan toksikologi mengkonfirmasi bahwa Lam telah mengonsumsi sejumlah obat medis, kemungkinan obat untuk gangguan bipolarnya. Tapi tidak ada indikasi alkohol atau zat ilegal di tubuhnya.

Otopsi yang tidak mengungkap apapun itu, memicu teori liar tentang apa yang sebenarnya terjadi pada Elisa Lam

Segera setelah laporan toksikologi keluar, penyidik mulai meneliti informasi apa pun yang dapat mereka temukan dengan harapan dapat memecahkan misteri di balik kematian Elisa Lam. Misalnya,  laporan toksikologi Lam sengaja diposting online dan hal tersebut langsung menimbulkan perdebatan dikalangan pengguna Reddit.

Rincian yang diposting tersebut menunjukkan tiga pengamatan utama:

  • Lam meminum setidaknya satu antidepresan hari itu;
  • Lam biasanya meminum antidepresan dan mood stabilizer secara bersamaan. Namun nampaknya tidak pada hari itu.
  • Lam tidak meminum obat antipsikotiknya baru-baru ini. Kesimpulan ini menunjukkan bahwa Lam, yang telah didiagnosis dengan gangguan bipolar dan depresi, mungkin tidak meminum obatnya dengan benar.

Menurut para Redditor, hal tersebut adalah temuan penting untuk dicatat, mengingat bahwa penggunaan antidepresan untuk mengobati gangguan bipolar dapat berisiko menginduksi efek samping ke otak jika dilakukan tanpa hati-hati.

Beberapa detektif dapat memahami detail ini dan menyimpulkan bahwa hal tersebut kemungkinan adalah alasan di balik perilaku aneh Lam tatkala berada di lift.

Pernyataan manajer hotel Amy Price di pengadilan sangat mendukung teori ini. Selama Lam menginap di Hotel Cecil, Price mengatakan bahwa Lam awalnya diberi kunci kamar shared untuk dua orang (bersama orang asing). Namun keluhan "perilaku aneh" dari teman sekamar Lam membuat Lam dipindahkan ke kamar pribadi sendirian.

Hmm.. Tapi lho.. Masih aja ada yang aneh disini.. bahkan jika Elisa Lam memang menderita masalah kesehatan mental, bagaimana dia bisa mati? Selanjutnya, bagaimana dia bisa berakhir di tangki air hotel?

Siapa yang Bertanggung Jawab Atas Kematian Elisa Lam?

Atas Kematian Anaknya, David dan Yinna Lam mengajukan gugatan terhadap Hotel Cecil beberapa bulan setelah kematian putri mereka terungkap.

Pengacara Lams menyatakan bahwa hotel seharusnya memiliki kewajiban untuk "memeriksa dan memenuhi setiap kebutuhan penghuni, termasuk meminimalisir akan adanya tindakan-tindakan yang membahayakan nyawa.”

Pihak hotel melawan balik gugatan tersebut, mengajukan mosi untuk menolaknya. Pengacara hotel berpendapat bahwa kasus ini terlalu langka dan Hotel tentu saja tidak bisa dituntut atas sesuatu yang memang pada dasarnya bukanlah standar keamanan yang umum. (Yah bener sih. Menemukan mayat di tangki hotel, adalah kasus 1 banding 1000)

Berdasarkan pernyataan pengadilan dari staf pemeliharaan hotel, argumen hotel tidak sepenuhnya mengada-ada. Santiago Lopez, yang pertama kali menemukan tubuh Lam, menjelaskan secara rinci berapa banyak upaya yang harus dia lakukan hanya untuk menemukan tubuhnya.

Lopez mengatakan bahwa dia harus naik lift ke lantai 15 hotel sebelum menaiki tangga ke atap. Kemudian, dia harus terlebih dahulu mematikan alarm atap dan naik ke peron tempat empat tangki air hotel berada.

Akhirnya, dia harus menaiki tangga lain untuk sampai ke puncak tangki utama. Hanya setelah semua itu, baru dia bisa menemukan mayat Lam.

"Aku melihat tutup palka milik tangki air utama terbuka dan kemudian aku melihat ke dalam. Di dalam, kulihat seorang wanita Asia berbaring telungkup di air sekitar dua belas inci dari atas tangki," kata Lopez

Kesaksian Lopez tersebut menunjukkan bahwa akan sulit bagi Lam untuk mencapai puncak tangki air sendirian. Atau setidaknya, tanpa diawasi.

Chief Engineer hotel Cecil, Pedro Tovar juga menjelaskan bahwa akan sulit bagi siapa pun untuk mengakses atap, tempat tangki air hotel berada, tanpa memicu alarm. Hanya karyawan hotel yang dapat menonaktifkan alarm dengan benar. Jika dipicu, suara alarm akan mencapai meja depan serta seluruh dua lantai teratas hotel.

Hakim Pengadilan Tinggi Los Angeles Howard Halm memutuskan bahwa kematian Elisa Lam adalah kematian yang “tidak terduga” karena terjadi di area yang tidak boleh diakses oleh para tamu, sehingga gugatan itu dibatalkan.

Latar Belakang Mengerikan Hotel Cecil

Kematian misterius Elisa Lam bukanlah yang pertama terjadi di Hotel Cecil. Faktanya, masa lalu bangunan yang ‘kotor’ telah membuatnya mendapatkan reputasi sebagai salah satu properti paling berhantu di Los Angeles.

Sejak dibuka pada tahun 1927, Hotel Cecil telah diganggu oleh 16 kematian non-alami yang berbeda dan peristiwa paranormal yang tidak dapat dijelaskan.

Kematian paling terkenal yang terkait dengan hotel, selain Lam, adalah pembunuhan tahun 1947 aktris Elizabeth Short, alias "Black Dahlia," yang dilaporkan terlihat minum di bar hotel pada hari-hari sebelum kematiannya yang mengerikan.

Hotel ini juga sempat menjadi tempat menginap bagi beberapa pembunuh paling terkenal di negara itu. Pada tahun 1985, Richard Ramirez, juga dikenal sebagai “Night Stalker”, tinggal di lantai atas hotel selama pembunuhan besar-besaran yang dia lakukan.

Enam tahun kemudian,  pembunuh lain juga dikabarkan  menyewa kamar di hotel tersebut: Pembunuh berantai dari Austria, Jack Unterweger, yang mendapat julukan “Vienna Strangler”

Epilogue

Sampai hari ini, jawaban atas misteri di balik kematian Elisa Lam masih belum jelas, obsesi seputar misteri itu juga tetap ada. Apakah ini merupakan hal yang se simple bipolar? Namun kok nampak terlalu janggal.

Maksudnya, Sebut saja Lam bunuh diri. Trus bunuh diri yang dimaksud itu seperti apa? Apakah dia dengan tiba-tiba masuk ke tangki air lalu menenggelamkan kepalanya di air sampai dia kehabisan lafas? Jika memang begitu.. that;s some wierd way to go man.

Disisi lain, Jika ini adalah pembunuhan? Apa motifnya, yang lebih penting.. Siapa yang melakukannya?

Well.. untuk sementara, mungkin akan tetap menjadi misteri.

Baca Juga :

The Bank Robbers Saga : David Ghantt Dan rencana kenaikan gaji Terkacau sepanjang Masa

The League Of Monsters : Misteri Wendigo, Makhluk Musim Dingin pemburu manusia

Serial Killer Blacklist : Kasus Pembunuhan sang Dokter Gila, Harold Shipman

Tag: Analisa Kematian Elisa Lam, Kasus Elisa Lam, Misteri Kematian Elisa Lam, Penjelasan kematian Elisa Lam, Pembunuhan Elisa Lam, Kematian Elisa Lam Terungkap.

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

1 Response to "Kasus Kematian Elisa Lam yang Membingungkan"

  1. Itu tamu yg minum air rendeman mayat gimana ya reaksinya pas tau apa yg dia minum sebenarnya?
    Lebih ke arah pembunuhan menurut dugaan asal ku.

    ReplyDelete