League Of Monsters : Misteri Wendigo, Makhluk Musim Dingin Pemburu Manusia

Di daratan Amerika dan Kanada, sering ada sebuah cerita tentang sesosok monster yang mereka sebut sebagai Wendigo. Sosok ini biasanya mendiami Hutan ataupun gunung bersalju. Dan kemunculannya merupakan kisah misterius yang banyak diketahui banyak orang.

Kisah wendigo (kadang-kadang dieja windigo) berasal dari cerita rakyat penduduk asli Amerika. Suku Algonquian. Detail pasti dari setiap cerita makhluk ini bervariasi tergantung pada siapa kau bertanya.

Beberapa orang yang mengaku bertemu dengan sosok itu mengatakan bahwa Wendigo adalah kerabat Bigfoot. Tapi laporan lain membandingkan wendigo dengan manusia serigala.

Karena wendigo diyakini sebagai makhluk yang hidup di cuaca dingin, sebagian besar penampakan telah dilaporkan di Kanada, serta negara bagian utara Amerika Serikat yang lebih dingin seperti Minnesota.

Pada pergantian abad ke-20, suku Algonquian menyalahkan banyak kasus orang hilang yang belum terpecahkan sebagai serangan wendigo.

Seperti Apa Wendigo Itu?

Wenidigo disebutkan memiliki tinggi hampir 15 kaki, tubuhnya sering digambarkan kurus kering. Orang bilang, dia memiliki rasa lapar yang luar biasa dan itulah sebabnya dia terkadang memburu manusia. Lapar itu juga digambarkan tidak akan pernah terpenuhi seberapa banyakpun dia makan.

Menurut Legends of the Nahanni Valley, seorang penulis bernama Basil H. Johnston pernah menggambarkan wendigo dalam karya besarnya The Manitous sebagai berikut:

“Wendigo kurus, sangat kurus. Kulitnya yang kering menutupi tulang-tulangnya. Hingga tapak tulang-tulang tersebut terdorong keluar dari kulitnya. Warna kulit tersebut abu-abu mati. Matanya terdorong jauh ke dalam rongganya. Secara keseluruhan, wendigo tampak seperti kerangka kurus yang baru saja diangkat dari kubur. Bibirnya yang compang-camping dan berdarah…Penuh liur dan menderita nanah. Setiap kedatangannya, akan tercium bau busuk yang aneh yang berasal dari setiap rongga tubuhnya.

Menurut pakar sejarah budaya Nathan Carlson, dikatakan juga bahwa wendigo memiliki cakar yang besar dan tajam serta mata yang besar seperti burung hantu. Namun, beberapa orang lain hanya menggambarkan wendigo sebagai sosok seperti kerangka dengan kulit berwarna abu-abu.

Terlepas dari itu, tidak peduli versi mana yang terdengar paling masuk akal, ini jelas bukanlah makhluk yang ingin kau temui saat mendaki gunung salju..

Lebih lanjut mengenai Wendigo..

Dalam sebuah cerita, wendigo disebutkan bukanlah pemangsa yang agresif seperti serigala maupun singa. Dia sebenarnya adalah pemangsa yang kalem dan diam-diam.

Banyak yang bilang bahwa dia memiliki pita suara khusus yang mampu menirukan suara manusia. Dia tidak bisa berbicara seperti manusia, namun lebih seperti menirukan mirip burung beo.

Biasanya di akan menggunakan suaranya ini untuk memancing orang-orang ke tempat yang sepi, kemudian dia akan memangsa mereka dalam diam tatkala orang-orang itu sudah terpancing.

Orang-orang Algonquian mengatakan bahwa selama pergantian abad ke-20, sejumlah besar orang mereka hilang. mereka mengaitkan banyak kasus orang yang hilang secara misterius dengan wendigo. Mereka menjuluki wendigo sebagai "Roh dari tempat yang sunyi"

Wendigo dan sihir

Wendigo juga sering dikaitkan dengan witchcraft atau ilmu sihir. Orang-orang percaya bahwa menatap mata wendigo, mengakibatkan seseorang dapat terhipnotis dan hancur secara mental.

Jika kau bertemu wendigo dan kau beruntung, kau mungkin akan dimakan saat itu juga. Namun jika tidak beruntung, wendigo akan meninggalkanmu dalam keadaan mental yang tidak stabil tersebut.

Kau kemudian akan mulai melihat dirimu merasa sangat lapar. Setiap makanan tidak akan bisa memuaskanmu. Namun untuk beberapa alasan, kau akan menemukan dirimu tertarik dengan daging manusia.

Dan saat sifat kanibal itu muncul, banyak yang percaya bahwa saat rasa itu sudah tidak terkendali, korban akan berubah menjadi wendigo juga.

Salah satu kasus yang paling terkenal adalah kisah Swift Runner, seorang pria asli Amerika yang membunuh dan memakan seluruh keluarganya selama musim dingin tahun 1879.

Menurut salah satu dokumentasi yang disiarkan di Animal Planet, Swift Runner mengaku dirasuki oleh "roh windigo" pada saat itu. Dia mengatakan bahwa dorongan untuk memakan manusia datang begitu saja

Pada akhirnya, Swift Runner, digantung karena kejahatannya.

Beberapa kasus serupa juga dilaporkan terjadi kepada beberapa orang dari Quebec utara sampai ke Pegunungan Rocky. Mereka mengalami hal yang sama seperti yang dirasakan oleh Swift.

Pendapat Orang Lain tentang Keberadaan Wendigo

Legenda wendigo telah lama dikaitkan dengan masalah kehidupan nyata seperti keserakahan yang tak terpuaskan, keegoisan, dan kekerasan.

Pada dasarnya, kata wendigo juga dapat berfungsi sebagai lambang kerakusan.. Seperti yang ditulis Basil Johnston, maksud dari "berubah menjadi Wendigo" bisa juga merujuk pada penghancuran mental diri, daripada secara harfiah benar-benar menjadi monster di hutan.

Menurut buku Rewriting Apocalypse, Sebuah fiksi dari Kanada, cerita-cerita wendigo pernah dipandang hanya sebagai “Metafora” saja dari sifat kasar dan primitif orang-orang yang menceritakan kisah-kisah itu

Tapi ironisnya, cerita-cerita ini sebenarnya bisa mewakili respon masyarakat adat terhadap kekerasan mengerikan yang dilakukan oleh orang non-pribumi. Faktanya, banyak antropolog percaya bahwa konsep wendigo hanya berkembang setelah penduduk asli melakukan kontak dengan orang Eropa.

Rewriting Apocalypse menambahkan bahwa beberapa cerita modern tentang wendigo mungkin ada hubungannya dengan istilah-istilah tertentu yang salah dalam terjemahan: seperti kata Fool (Bodoh) yang berubah menjadi Ghoul (monster)

“After they encounter with wendigo, they became a ghoul”

Setelah bertemu dengan wendigo (makhluk), mereka pun berubah menjadi monster

“After they encounter with wendigo, they became a fool”

Setelah bertemu dengan Wendigo (sifat buruk), mereka berubah menjadi bodoh

(Maksudnya adalah, ada yang percaya bahwa istilah wendigo hanyalah sebuah metafora tentang perilaku menyimpang orang, Namun karena adanya kesalahan cerita, banyak yang menganggap bahwa Wendigo benar-benar merupakan sosok yang nyata)

Misteri Wendigo yang belum sepenuhnya jelas

Terlepas dari pendapat orang tentang nyata atau tidak makhluk wendigo itu. Fakta bahwa adanya laporan orang-orang hilang memang benar terjadi. Ditambah cerita-cerita saksi yang mengatakan bahwa mereka benar-benar melihat sosok wendigo itu secara nyata, membuat misteri ini semakin dipenuhi tanda tanya.

Sebagian besar penampakan wendigo dilaporkan terjadi antara tahun 1800-an dan 1920-an. Beberapa laporan paling baru adalah tahun 2019, dimana banyak orang yang melaporkan sebuah lolongan aneh yang terdengar di pegunungan salju Kanada.

Seorang pecinta alam setempat bahkan mengatakan “Aku tinggal disini bertahun-tahun, dan aku tau lolongan serigala seperti apa. Lolongan tersebut Bukan lolongan dari hewan manapun yang pernah aku dengar.”

Sampai hari ini, bukti dari Keberadaan Makhluk itu.. Masih menjadi misteri.

Baca Juga :

The League Of Monsters, Penampakan Mothman di West Virginia

Serial Killer Blacklist : Kasus 350 Pembunuhan berantai, Pedro Lopez

Tag : Legenda Wendigo, Makhluk Wendigo, Misteri wendigo, Penampakan Wendigo

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

1 Response to "League Of Monsters : Misteri Wendigo, Makhluk Musim Dingin Pemburu Manusia"