The Bank Robbers Saga : Kasus Perampokan Duo Trenchcoat dan 161 Kilogram Tas berisi Uang

The Trenchcoat Bank Robbers adalah julukan yang diberikan kepada  sepasang perampok bank bernama William A. Kirkpatrick dan Ray A. Bowman.

Dalam sejarah, Keduanya telah dengan cermat merampok bank di seluruh AS dimulai dengan perampokan tahun 1982 di Annapolis, MO. Perampokan mereka termasuk melakukan perampokan bank terbesar dalam sejarah AS. Pada 10 Februari 1997.

Mereka merampok Seafirst Bank dekat Tacoma, Washington. Yang mana perampokan itu adalah perampokan yang paling sukses dalam sejarah karir mereka karena, mereka berhasil menggondol uang sebesar $4.461.681 (yang mana hasil rampokan itu mereka bawa dalam tas-tas yang beratnya mencapai 355 pound (sekitar 161 Kilogram)

Pada saat mereka ditangkap, mereka telah menjadi perampok bank paling produktif dalam sejarah AS. Setelah merampok 28 bank dan menghasilkan lebih dari $8 juta tunai antara tahun 1982 dan 1997.

Strategi Pencurian Jenius

Mereka dikenal sebagai orang yang berhati-hati dan teliti. Bersama-sama, mereka menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk merencanakan setiap pencurian yang akan mereka lakukan.

Mereka selalu bepergian untuk mencuri, mencari lokasi yang jauh dari tempat tinggal mereka dan tidak pernah merampok bank di dekat rumah. Mereka dikenal selalu mengenakan jas hujan, wig, kacamata, dan penyamaran lainnya untuk menghindari deteksi. Itulah yang menyebabkan mereka menerima Julukan “The Trenchcoat Bank Robbers”.

Apabila perampokan mereka selesai, mereka akan berpisah dan kembali menjalani kehidupan mereka yang berbeda. Alamat mereka sengaja berada di negara bagian yang berbeda untuk menghindari koneksi atau link yang dapat menghubungkan mereka satu sama lain.

Bowman akan pulang ke Kansas City, MO sementara William Kirkpatrick menuju utara- ke kota kecil Hovland, Minnesota di North Shore Lake Superior.

Dalam penerapannya, metode tersebut berhasil menghindarkan mereka dari penangkapan sekian perampokan yang pernah mereka lakukan.

Satu Kesalahan Bodoh

Itu adalah sebuah transaksi ceroboh di Hovland pada tahun 1996 yang akhirnya menempatkan Perampok Bank Trenchcoat di radar FBI. Kirkpatrick telah memberi pacarnya, Myra Penney, uang tunai sebesar $188.000 untuk membiayai pondok kayu yang hendak dibangun.

Myra yang tanpa basa-basi, langsung saja memberikan uang tunai kepada kontraktor dalam kantong kertas untuk membayar biaya pembangunan pondok kayunya. Kontraktor tersebut adalah seorang pria bernama Michael Senty, yang mendapati jumlah uang tunai yang dia terima terkesan mencurigakan.

Harus dipahami bahwa Michael Senty sudah berbisnis properti cukup lama, dan dalam setiap transaksi yang dia lakukan, biasanya akan ada perencanaan pembayaran yang harus didiskusikan dan disepakati kedua belah pihak pada masa pembangunan dilakukan. Terlebih, pengisian formulir yang harus diisi oleh klien harus tertera secara jelas asal dari sumber pembiayaan proyek tersebut (karena hal tersebut menyangkut perpajakan dan sebagainya)

Berniat memastikan (agar Michael Senty tidak membangun properti untuk orang yang berstatus ilegal), dia pun sempat berdebat dengan Myra sebelum akhirnya menghubungi dan meminta IRS (Internal Revenue Service) untuk menyelidiki.

Karena tidak dapat memverifikasi pendapatan baik Penney atau Kirkpatrick (yang kala itu menggunakan nama samaran Donald Wilson kala), IRS pun lantas memberi tahu FBI. Dan dari sinilah hal menjadi rumit.

Lucunya, kesialan serupa juga terjadi pada Bowman. Di waktu yang sama tatkala Kirkpatrick dilaporkan ke IRS. Bowmen telat membayar biaya unit storage yang dia sewa di daerah Missouri. Karena Bowman tidak bisa dihubungi oleh pemilik unit storage, pada akhirnya pemilik tersebut pun menelpon polisi. Sebelum menelpon polisi, pemilik tersebut sempat mengecek unit storage tersebut dan menemukan puluhan senjata api ilegal yang disimpan Bowman di unit tersebut.

Saat Bowmen sadar, unit storage nya sudah disegel polisi dan dirinya sudah dinyatakan buron.

Akibat Terlalu Panik

Kirkpatrick sebenarnya juga mempunyai unit storage sewaan di tempat yang berbeda untuk menyembunyikan uang tunai dan senjata miliknya. Karena dia curiga FBI mengawasinya pasca masalah IRS di Hovland, dia pun pergi ke Las Vegas untuk mengosongkan salah satu unit penyimpanan tempat dia menyembunyikan sebagian besar rejeki nomploknya dari perampokan Seafirst Bank.

Namun sayangnya, saat dalam perjalanan kembali ke Minnesota, dia dicegat di Nebraska karena melaju 7 mph melebihi batas kecepatan. Dia memberi petugas ID palsu, dan petugas langsung menyadari saat dia bertindak mencurigakan.

Akibat gelagat aneh Kirkpatrick, petugas menggeledah mobilnya. Selama penggeledahan, dia menemukan senjata, topeng ski,  dan uang tunai sebesar $1,8 juta. Kirkpatrick ditangkap saat itu juga. Meskipun begitu, sebenarnya petugas yang menangkap tidak tahu bahwa dia baru saja menangkap salah satu Perampok Bank Trenchcoat yang terkenal.

Akhirnya..

Setelah mencari tahu di mana Kirkpatrick tinggal, akhirnya FBI dapat menemukan koneksi antara Bowman dan Kirkpatrick. Bukan karena data digital atau semacamnya, melainkan karena foto keluarga Bowman tertempel di lemari es di kabin Kirkpatrick di Hovland.

Setelah kedua orang itu tertangkap, Pengembangan Kasus FBI pada akhirnya memberikan kesimpulan menyeluruh tentang kasus-kasus perampokan yang pernah mereka lakukan. Pada tahun 1998, sekitar satu tahun setelah perampokan Seafirst Bank, persidangan untuk Perampok Bank Trenchcoat dilakukan

Setelah didesak oleh (pacarnya) Penney untuk mengakui kejahatannya, Kirkpatrick mengaku bersalah atas tiga perampokan bank dan menerima hukuman 15 tahun 8 bulan.

Pada akhirnya, dia hanya didakwa dengan tiga perampokan saja karena undang-undang pembatasan telah habis pada perampokan lain yang dipaparkan oleh FBI. Kirkpatrick telah menjalani hukumannya dan telah dibebaskan.

Sementara itu, Bowman terus menyangkal hubungannya dengan Perampok Bank Trenchcoat dan membawa kasusnya ke pengadilan tinggi. Dia dinyatakan bersalah atas empat perampokan bank dan dijatuhi hukuman 24 tahun 6 bulan. Admin tidak dapat menemukan konfirmasi apakah Bowman masih di penjara atau dia juga telah dibebaskan.

Keduanya ditampilkan dalam episode tahun 1992 dari Unsolved Mysteries.

End.

(Wanted Poster yang dikeluarkan FBI)

Baca Juga :

Tag : Perampokan terbesar dalam Sejarah, Perampok Trenchcoat, Perampokan di Amerika Serikat, Penjahat paling cerdas

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

1 Response to "The Bank Robbers Saga : Kasus Perampokan Duo Trenchcoat dan 161 Kilogram Tas berisi Uang"

  1. Orangnya pinter kalo pacarnya kaya gitu cepat atau lambat bakal ketauan.
    Kadang penjahatnya pinter tapi keluarganya ga akhirnya ga sengaja membocorkan. Kayanya banyak yg polanya begitu.

    ReplyDelete