Colossus Of Rhodes, Simbol Keperkasaan Masyarakat Yunani

Simbol kemegahan Yunani, pernah diwakilkan oleh sosok patung raksasa bernama Colossus of Rhodes. Sayangnya, patung raksasa itu, hanya berdiri selama 54 tahun sebelum dihancurkan pada 226 SM.

Berdirinya Colossus of Rhodes

Setelah Antigonus I Monophthalmus, pemimpin pulau tetangga: Siprus, gagal mengepung pulau Rhodes di Yunani, rakyat Rhodes memutuskan untuk menghormati dewa pelindung mereka, Helios. Dan cara apa yang lebih baik untuk menghormatinya, selain dengan patung setinggi 150 kaki?

Mulai tahun 292 SM, pematung Yunani bernama Chares mulai membangun Colossus. Selama dua belas tahun, para pekerja menempa besi dan perunggu yang tertinggal dari senjata militer musuh untuk membuat kulit luar patung. Saat struktur sudah dibangun, tubuh bagian dalam kemudian akan diisi dengan batu.

Ketika konstruksi membawa mereka lebih tinggi dan lebih tinggi, para pekerja mengembangkan metode baru untuk mencapai ketinggian. Alih-alih perancah yang tidak stabil, para pekerja membangun lereng tanah buatan yang panjang, yang menutupi semua sisi Colossus sampai menyerupai sarang semut raksasa. Setelah menyelesaikan patung, tanah tersebut kemudian dipindahkan, dan patung itu berdiri sendiri.

Selama kira-kira 54 tahun, Colossus dari Rhodes berjaga-jaga di atas pelabuhan, dan dengan gagah berdiri sebagai lambang kepatuhan kepada Helios.

Kemudian, pada 226 SM, Rhodes dilanda gempa bumi dahsyat. Sebagian besar kota rusak, termasuk pelabuhan. Di hari itu, Colossus juga runtuh dan beberapa bagiannya hancur.

Untuk sementara, ada pembicaraan tentang pembangunan kembali, tetapi Oracle dari Delphi memperingatkan untuk tidak melakukannya. Orang-orang Rhodes jelas telah menyinggung Helios, katanya, yang menyebabkan patung itu jatuh. Dia meyakinkan mereka bahwa membangunnya kembali hanya akan menimbulkan lebih banyak kerusakan.

Hancurnya Colossus Of Rhodes Sepenuhnya,

Meskipun dia hancur berkeping-keping, Colossus of Rhodes belum kehilangan keperkasaannya. Selama 800 tahun, dia berbaring di tanah, dan selama 800 tahun itu pula, orang-orang melakukan perjalanan dari jauh hanya untuk melihatnya.

Sayangnya, semua berakhir pada tahun 693.

Kala itu, Colossus bertemu dengan musuh yang lebih perkasa darinya. Itu adalah  Khalifah Muslim Muawiyah I yang membawa sekian pasukan dan menyerbu Rhodes.

Pasukan muslim kemudian merebut pulau dan patung itu pun kemudian dilebur dan dijual dengan harga kurang lebih 900 unta.

Meskipun dia tidak lagi berdiri kokoh di atas pulau, bagi warga Yunani, Colossus Of Rhodes akan selalu dikenang sebagai simbol kebangaan mereka

End Of History.

Baca Juga :

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

0 Response to "Colossus Of Rhodes, Simbol Keperkasaan Masyarakat Yunani"

Post a Comment