Eksperimen Phillip Aylesford dan Pembuktian Papan Ouija

Papan Ouija pernah sangat trend di masa lalu. Pasalnya, Papan Ouija merupakan salah satu ‘mainan’ yang sangat kontroversial. Hal tersebut tentu saja karena sifat naturalnya yang dikatakan bahwa papan tersebut mampu memberikan kemampuan pemainnya untuk berkomunikasi dengan alam lain.

Dalam kasus yang lebih ekstrim, bahkan banyak kasus-kasus kematian yang ‘katanya’ berhubungan dengan Papan Ouija. Ada yang bilang, jika kau melakukan ritual pemanggilan Roh dengan tidak benar, roh tersebut akan mencelakaimu dan kemungkinan terburuk, membunuhmu.

Pemanggilan Hantu Phillip

Pada tahun 1972 di Toronto, Dr. A.R. George Owen melakukan sebuah eksperimen bernama “Eksperimen Phillip” . Dalam eksperimen ini, beberapa orang dikumpulkan untuk melakukan sebuah ritual pemanggilan roh.

Para relawan yang dikumpulkan  oleh Dr. Owen, diberi sebuah papan Ouija dan sebuah sapu tangan. Kemudian mereka akan ditempatkan di sebuah ruangan untuk melakukan ritual pemanggilan roh.

Sebelum mulai, mereka diberi sebuah penjelasan tentang sapu tangan yang mereka bawa. Sapu tangan itu dulunya milik seseorang bernama Phillip Aylesford, Ia lahir pada tahun 1624 di Inggris, memiliki karir militer dan mendapat gelar kebangsawanan pada usia enam belas tahun. Dia terlibat dalam Perang Saudara Inggris dan sempat menjadi teman pribadi Charles II. Sayangnya, dia meninggal di usia 30 tahun setelah bunuh diri, dikarenakan wanita yang dia cintai dituduh sihir dan dibakar di tiang pancang.

Beberapa menit setelah mereka memulai ritual dengan Papan Ouija, para sukarelawan yang dipilih secara random itu mengaku langsung merasakan kehadiran Phillip. Karena mereka dikomando untuk mengajukan beberapa pertanyaan kepada Phillip, mereka pun melakukannya.

Pertanyaan yang diajukan bebas. Bisa terkait dengan kehidupan Phillip, kematiannya, bahkan ke topik-topik lebih asing seperti kebenaran tentang dunia roh dan dunia setelah kematian.

Jika kau ingin tau, Setiap pertanyaan yang dajukan benar-benar dijawab menggunakan Papan Ouija oleh ‘sosok’ yang ada diantara mereka.

Singkat cerita, Semakin lama eksperimen berlangsung,. Mereka mulai merasakan hal-hal yang lebih aneh. Mereka mengaku mendengar suara ketukan datang dari bawah meja.

Beberapa menit kemudian, mereka mulai merasakan meja bergetar, dan pada satu titik bahkan mereka mengaku melihat meja mulai mirng dan berdiri dengan dua kaki.

Salah satu sukarelawan bahkan mulai histeris karena dia mengaku, dia melihat wajah teman-temannya mulai berubah.

Hal itu, memaksa Dr. Owen untuk menghentikan Eksperimennya.

Sosok Phillip Aylesford

Kalian mungkin mengira kalau ini adalah sebuah experimen Gone wrong yang menjadi sebuah bukti paranormal. Namun sebenarnya tidak.

Karena sebenarnya, sosok Phillip Aylesford yang diceritakan diatas itu tidak pernah ada. Alias Karangan saja. Yep, Dr. Owen memang mengarang sosok tersebut untuk eksperimen ini. Kenyataannya adalah, bahwa tidak ada orang bernama Phillip Aylesford yang seperti diceritakan diatas.

Para sukarelawan tentu saja langsung terkaget dengan penjelasan Dr Owen. Pasalnya, mereka bahkan berani bersumpah kalau apa yang mereka alami tatkala ritual pemanggilan roh, dari jawaban pertanyaan sampai fenomena-fenomena supranatural, terasa sangat nyata.

Meskipun begitu, Dr Owen meyakinkan bahwa setiap hal yang mereka alami tatkala ritual, pada dasarnya bisa dijelaskan secara ilmiah.

Dari eksperimen ini, Para peneliti menyimpulkan bahwa pikiran manusia dapat (secara nyata) menciptakan roh ‘imajiner’ apabila pikiran mereka dirangsang dengan sebuah ‘stimulus’ tertentu. Secara singkatnya, setiap fenomena yang para relawan alami, pada dasarnya adalah palsu. Namun karena otak sudah diyakinkan  kalau sosok Phillip benar-benar ada, maka otak juga menjadi yakin kalau setiap fenomena yang disebabkan olehnya adalah nyata.

Dr. Owen bahkan menjelaskan cara kerja Papan Ouija dan alasan kenapa kita dapat merasakan pointer papan itu bergerak tatkala disentuh.

Hal ini, ada hubungannya dengan prinsip yang disebut "Efek Ideometer". Dimana Otot kita sebenarnya membuat gerakan kecil di alam bawah sadar tanpa kita sadari. Dan ketika kita melihat gerakan itu menggeser pointer di papan, kita menjadi yakin bahwa itu terjadi secara supernatural. Padahal sebenarnya tidak.

Humanity Vs Fear

Memang benar kata orang, kalau hal yang paling menakutkan di dunia ini, adalah ketakutan itu sendiri. Admin tidak mengatakan kalau hantu itu tidak ada. Maybe mereka memang ada, namun terkadang, bumbu-bumbu kegilaan yang ditaburkan oleh otak manusia, membuat sosok tersebut menjadi 1000 kali lebih menyeramkan dari aslinya.

Kesimpulannya, eksperimen diatas menunjukan bahwa pada dasarnya, papan Ouija tidak mampu digunakan sebagai bukti aktifitas paranormal. Dan setiap aturan-aturan menggunakan papan Ouija, seperti “Harus menyentuh Pointer.” Atau “harus dimainkan minimal 2 orang” pada dasarnya adalah sebuah strategi marketing yang sangat jenius. Maksudku, orang-orang yang menjual papan Ouija, sebenarnya bukanlah menjual produk, melainkan mereka menjual cerita. Dan cerita tersebut datang dari imajinasi para pembeli masing-masing.

Admin sendiri, akan lebih percaya dengan jawaban dari papan Ouija apabila papan itu bergerak sendiri tanpa disentuh, itupun jika papan tersebut mampu memberikan jawaban yang jelas dari setiap pertanyaan yang admin ajukan.

Well Maybe, Just Maybe. ada kemungkinan kecil kalau beberapa kasus dari Ouija di luar sana, disebabkan oleh hantu yang sebenarnya Yep. kemungkinan kecil. Who Knows?

Baca Juga :

Tambahan : Pointer papan Ouija itu bernama Planchette, namun admin menggunakan kata pointer diatas, untuk mempermudah pemahaman kalimat saja.

Tag : Kebenaran Papan Ouija, kasus papan ouija paling seram, misteri papan ouija, kematian akibat papan ouija, apakah papan ouija mampu memanggil roh?

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

1 Response to "Eksperimen Phillip Aylesford dan Pembuktian Papan Ouija"

  1. Gue juga yakin hantu itu ada tapi mbok ya ga narsis gitu anjir muncul didepan sekelompok orang pas siang bolong atau didepan kamera pas ada acara TV settingan.
    Kalo game gone wrong kayanya pernah kejadian di Hitori Kakurenbo.

    ReplyDelete