Muder Story : Kasus Pembunuhan Presiden AS John F. Kennedy

Kasus pembunuhan John F. Kennedy mungkin merupakan salah satu catatan paling kelam dalam sejarah politik Amerika Serikat. Pasca tengah hari pada tanggal 22 November 1963, Presiden JFK dibunuh saat dia mengendarai iring-iringan mobil melalui Dealey Plaza di pusat kota Dallas, Texas.

Pembunuhnya, adalah seorang lelaki bernama Lee Harvey Oswald.

Apa Yang Terjadi Pada Hari itu?

Ibu negara Jacqueline Kennedy jarang menemani suaminya dalam acara-acara politik. Tetapi dia berada di sampingnya di hari itu. Hari dimana dia sedang melakukan kunjungan ke Texas. Itu adalah kunjungan politik sekaligus kampanye, dimana John F. Kennedy diketahui ingin mencalonkan kembali menjadi presiden di tahun depan.

Singkat cerita, John F. Kennedy sedang ada di dalam perjalanan menuju jamuan makan siang pasca kampanye.

Duduk di sebuah mobil konvertibel, keluarga Kennedy dan Gubernur Texas, John Connally terlihat sedang melambai pada kerumunan besar dan antusias yang berkumpul di sepanjang rute perjalanan presiden.

Saat kendaraan mereka melewati Gedung Penyimpanan Buku Sekolah Texas pada pukul 12:30, Tiga kali suara tembakan terdengar di udara. Suara tembakan itu datang dari lantai enam gedung tersebut.

Tembakan yang dimaksud,  melukai Presiden Kennedy dan Gubernur Connally. Meskipun sempat ada upaya pertolongan, Kennedy dinyatakan meninggal 30 menit kemudian di Rumah Sakit Parkland Dallas. Dia meninggal di usianya yang ke 46 tahun..

Kematian Presiden John F. Kennedy

Kematian yang mendadak itu, membuat seluruh negara gempar. Amerika langsung membuat keputusan cepat di detik itu juga.

Wakil Presiden Lyndon Johnson, yang berada tiga mobil di belakang Presiden Kennedy dalam iring-iringan itu, pada akhirnya dilantik sebagai presiden Amerika Serikat ke-36 pada pukul 14:39.

Dia mengambil sumpah jabatan presiden di samping Air Force One saat duduk di landasan pacu di bandara Dallas Love Field. Pengambilan sumpah disaksikan oleh sekitar 30 orang, termasuk Jacqueline Kennedy, yang masih mengenakan pakaian berlumuran darah suaminya.

Tujuh menit kemudian, jet kepresidenan langsung lepas landas ke Washington.

Siapa yang membunuh JFK?     

Polisi berhasil mengamankan seorang lelaki bernama Lee Harvey Oswald beberapa jam sebelum pelantikan Lyndon Johnson. Diketahui bahwa dia adalah pegawai baru di Gedung Penyimpanan Buku sekolah Texas (tempat arah tembakan yang membunuh JFK datang). Sebuah senapan laras panjang Manlicher-carcano 6.5-Millimeter ditemukan di tkp dan terbukti sebagai senjata pembunuh.

45 Menit setelah membunuh Presiden JFK, dia juga terbukti membunuh seorang polisi bernama, J.D Tippit menggunakan pistol Revolver. Pada akhirnya, Lee Harvey Oswald Pun diamankan untuk ditindak lebih lanjut.

Apa Alasan Dia Membunuh JFK?

Inilah yang membuat kasus ini menjadi sangat penuh dengan kontroversi. Karena Alasan dia membunuh JFK, tidak pernah terungkap. Kenapa?

Karena pada Minggu 24 November, 2 hari setelah penangkapan. Lee Harvey Oswald dibunuh secara Live di televisi menggunakan  pistol revolver.38 tatkala dia hendak akan diangkut dan dipindahkan ke penjara daerah. Sang pembunuh, adalah seorang lelaki Bernama Jack Ruby.

Tatkala ditangkap, Jack Ruby mengaku kalau motif atas pembunuhan yang dia lakukan itu, hanyalah karena dia ingin membalaskan dendam JFK. Meskipun begitu, banyak yang percaya kalau Jack Ruby dan Lee Harvey Oswald, berada di dalam sebuah konspirasi yang lebih besar.

(Kiri : Lee Harvey Oswald - Kanan : Jack Ruby) 

Upaya Peradilan atas Pembunuhan JFK

Pada tanggal 29 November 1963 Presiden Lyndon B. Johnson membentuk sebuah Komisi untuk menyelesaikan kasus Pembunuhan Presiden Kennedy. Komisi tersebut, kemudian dikenal sebagai Komisi Warren (dinamai sesuai nama ketuanya yaitu Earl Warren alias Ketua Mahkamah Agung Amerika Serikat kala itu)

Presiden Johnson kemudian mengarahkan komisi tersebut untuk mengevaluasi hal-hal yang berkaitan dengan pembunuhan dan pembunuhan berikutnya terhadap tersangka pembunuh (Pembunuhan JFK dan Pembunuhan Lee Harvey Oswald)

Tentu saja karena tersangka utama pembunuhan presiden sudah meninggal, satu-satunya orang yang dapat diadili adalah Jack Ruby.

Dalam sebuah persidangan, Jack Ruby dituduh melakukan persekongkolan dengan Lee Harvey Oswald untuk membunuh presiden, dan kemudian membunuh rekan kriminalnya sebagai upaya “Tutup mulut” agar persekongkolan mereka tidak terungkap.

Namun, Ruby membantah tuduhan itu dan mengaku bahwa setiap tindakannya hanyalah akibat dari kesedihannya yang sangat dalam atas kematian John F. Kennedy. Juga bahwa pembunuhan kepada Lee Harvey Oswald hanyalah emosi sesaat dan tidak ada konspirasi apapun dibaliknya.

Persidangan awal kepada Jack Ruby memberikannya vonis Hukuman mati, namun di sidang lanjutan, evaluasi kasus terus dilakukan karena terus datangnya bukti-bukti baru. Hingga pada akhirnya, penyelesaian kasus yang berlarut-larut membuat Jack Ruby gagal mendapatkan peradilan apapun.

Pada Januari 1967, sambil menunggu sidang baru, yang akan diadakan di Air Terjun Wichita, Ruby meninggal karena kanker paru-paru di sebuah rumah sakit di Dallas.

In The End..

Meskipun ini adalah pembunuhan orang nomor 1 di Amerika Serikat, sangat disayangkan karena penegak hukum gagal memberikan peradilan kepada orang yang bertanggung jawab.

Pada akhirnya, kasus pembunuhan John F. Kennedy ditutup tanpa ada pertanggung jawaban dari siapapun.

Sebenarnya masih banyak teori-teori yang bisa dikuak dari peristiwa pembunuhan ini. Dan karena peristiwa ini menyangkut nama orang yang pernah menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, banyak sekali teori-teori konspirasi yang muncul dan bertebaran.

Mungkin Jika ada waktu, teori-teori tersebut akan admin bahas di lain hari..

Maybe.

Baca Juga :

Tag: Kasus Pembunuhan JFK, Kasus pembunuhan presiden JFK, Kasus Pembunuhan John F Kennedy,  Kasus Pembunuhan Presiden John F. Kennedy. Siapa Pembunuh Jfk?

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

1 Response to "Muder Story : Kasus Pembunuhan Presiden AS John F. Kennedy"

  1. Kalo dari Unsolved Mystery yg pernah gue baca, sebenarnya ada saksi kunci di kejadian itu. Sebutannya Babushka Lady (Cmiiw) tapi ga ketemu sampe sekarang.

    ReplyDelete