Murder Story : Kasus Penemuan Mayat Hangus Isdal Woman

Lembah Isdalen dekat kota Bergen, Norwegia dikenal sebagai "lembah kematian" bagi penduduk setempat. Bukan hanya karena pejalan kaki kadang-kadang mengalami kecelakaan di pegunungan, tetapi karena pada Abad Pertengahan, lereng berbahaya tersebut adalah lokasi populer untuk bunuh diri.

Pada 29 November 1970, julukan itu kembali menjadi sangat relevan ketika satu keluarga yang tengah berjalan-jalan di lembah tersebut, tiba-tiba menemukan hal yang mengerikan.

Mereka menemukan mayat seorang wanita yang terjepit di antara beberapa batu besar. Kondisinya hangus sehingga dia benar-benar tidak bisa dikenali. Meskipun begitu, bagian punggungnya bersih tanpa lecet.

Kasus Misterius Isdal Woman

Tatkala diotopsi, terungkapkan bahwa wanita itu masih hidup ketika dia mulai terbakar. Penemuan lain dari otopsi adalah, ditemukannya lebih dari 50 pil tidur di perutnya.

Penemuan aneh juga ditemukan di TKP: meskipun pakaian wanita itu juga ikut terbakar, para penyidik mencatat bahwa label atau merk pakaian milik wanita itu telah dipotong.

Barang-barang miliknya (termasuk perhiasan dan jam tangan) telah dilepas dan ditempatkan secara khusus di sekitar mayat wanita tersebut oleh seseorang.

Polisi yang tidak punya petunjuk, pada akhirnya tidak mengambil langkah dalam mengidentifikasi wanita malang tersebut. Tidak dapat mengetahui namanya, polisi menyebut wanita itu sebagai  “Isdal Woman.” (Berdasar dari nama lembah tempat dia ditemukan)

Pada akhirnya, kasus pun ditutup...

... Itu sampai sebuah kejadian terjadi.

Petunjuk Identitas Isdal Woman

Pada Suatu hari, jasa Penyewaan Loker di stasiun Kereta Bergen menelfon polisi dan mengatakan bahwa di salah satu loker yang di sewakan, terdapat sebuah koper yang tidak diambil pemiliknya untuk waktu yang lama. Karena khawatir dengan isinya (takut Bom), polisi pun dikabari.

Dan entah karena kebetulan atau apa, saat diperiksa, koper itu dipenuhi dengan sidik jari yang cocok dengan sidik jari milik mayat Isdal Woman. Tentu saja polisi langsung menghubungkan koper tersebut dengan Isdal Woman, berharap di dalam koper itu, akan ada petunjuk mengenai identitas wanita tersebut.

Sayangnya, yang mereka temukan adalah hal yang malah menambah teka-teki.

Di dalam koper itu, ditemukan Pakaian, kosmetik, buku harian, dan beberapa lembar kartu pos. Namun, segala macam hal yang dapat mengidentifikasi identitas wanita itu, lagi-lagi sengaja dipotong, dikikis, atau dihilangkan sehingga bahkan merek barang-barang tersebut pun, menjadi misteri

Kartu pos yang ditemukan, menuntun polisi ke sosok fotografer Italia, dia adalah orang yang memberikan kartu tersebut ke Isdal Woman. Fotografer itu mengatakan kepada penyidik bahwa dia pernah makan malam dengan wanita itu, namun secara pribadi tidak benar-benar mengenalnya. Mereka bertemu di suatu acara dan tidak lebih.

Ketika polisi memeriksa buku harian, mereka menemukan beberapa tulisan yang bersandi, sehingga tidak dapat dibaca. Selebihnya, hanyalah tulisan-tulisan perjalanan yang umum.

Hal yang paling mencurigakan di dalam koper itu, mungkin adalah beberapa wig dan mata uang dari berbagai negara..

Setelah berbagai macam penyidikan, Polisi akhirnya dapat melacak asal-usul beberapa barang dari koper tersebut dan menanyai pemilik toko dan saksi lain yang kemungkinan telah berinteraksi dengan Isdal Woman.

Siapa Sebenarnya sosok Isdal Woman?

Para saksi yang diwawancarai oleh polisi mengatakan bahwa mereka mengingat seorang wanita berambut cokelat yang anggun,berpakaian bagus dan berbicara bahasa Inggris dengan baik, meskipun dengan aksen tertentu (mereka juga menyebutkan bahwa perempuan itu, kemungkinan dapat berbicara berbagai bahasa jika didengar dari aksen miliknya)

Penyusuran jejak penyidik pada akhirnya berakhir di hotel tempat Isdal Woman terakhir kali check-in (meskipun dengan nama palsu).

Di sini, para penyidik akhirnya menemukan fakta bahwa wanita tanpa nama itu, telah melakukan perjalanan ke seluruh Norwegia dan Eropa. Dia diketahui menggunakan nama samaran dan paspor palsu untuk check-in ke berbagai hotel.

Sandi yang ditemukan di buku harian miliknya, terhubung dengan tempat-tempat yang pernah dikunjungi wanita itu.

Tentu saja, pasca penemuan itu, pada akhirnya penyidik dapat menentukan nama Isdal Woman, mengingat dia memang memiliki banyak nama. Meskipun begitu, nama sejati dari wanita tersebut, belum diketahui.

Sayang sekali, pasca penemuan fakta tersebut, penyelidikan mengalami jalan buntu dan pada akhirnya tidak dapat dilanjutkan.

Akhir Pencarian identitas Isdal Woman

Tanpa petunjuk lebih lanjut, polisi akhirnya menyatakan kematian Isdal Woman sebagai bunuh diri (karena obat tidur yang ditemukan selama otopsi). Meskipun tidak ada penjelasan yang jelas atas kondisinya yang ditemukan hangus.

Dia pada akhirnya diberi pemakaman Katolik pada tahun 1971, dan kasus itu dianggap selesai, dengan meninggalkan banyak pertanyaan yang tidak terjawab.

Teori tentang identitas Isdal Woman

Beberapa dekade kemudian, polisi mencoba menganalisa kembali identitas Isdal Woman dengan forensik modern (termasuk pengujian DNA dan analisis isotop).

Sample DNA yang diambil dari rahang Isdal Woman, digunakan dalam analisis Isotop.dimana kandungan mineral yang tersisa di dalam rahangnya, bisa menentukan jenis air yang sering dia minum dimasa kecil. Jenis yang dimaksud, kemudian bisa dicocokan dengan kandungan mineral dalam sumber air diseluruh penjuru Eropa/Amerika.

Dalam analisa tersebut, Memberikan informasi bahwa wanita itu telah pindah dari Eropa Timur atau Tengah (mungkin Prancis atau Jerman) tepat sebelum atau selama Perang Dunia II.

Asal-usul tersebut, jika dikombinasikan dengan fakta bahwa saksi mengingat dia dapat berbicara beberapa bahasa, telah menyebabkan teori populer bahwa Wanita Isdal kemungkinan besar adalah mata-mata.

Norwegia adalah sarang spionase selama Perang Dingin, karena berada tepat di garis depan antara Rusia dan Blok Barat. Kemungkinan, Isdal Woman dibunuh oleh seseorang yang tidak mau sebuah rahasia terungkap.

Teori tersebut merupakan teori utama dan paling populer dikalangan penggiat misteri, meskipun tentu saja, kebenarannya tidak bisa dibuktikan secara fakta.

End,

(Sketsa Wajah sosok Isdal Woman)

Baca Juga :

Tag : Misteri Isdal Woman, Kasus Isdal Woman, Isdal Woman Terpecahkan, Siapa itu Isdal Woman, Mayat Isdal Woman

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

1 Response to "Murder Story : Kasus Penemuan Mayat Hangus Isdal Woman"

  1. Pernah baca di MBP soal kematian dalam dunia spionase. Cuma disini lebih lengkap karena ada update baru soal kemungkinan dia berasal dari mana.

    Keren artikelnya. Gue suka.

    ReplyDelete