Penggambaran Menyeramkan Tentang Malaikat Menurut Bible


Disclaimer : Post ini bukanlah post yang dimaksudkan untuk menghina atau merendahkan golongan tertentu. Post ini hanyalah sebuah pembahasan lain dari topik yang pernah tersebar di internet. Berupa  Biblicaly Accurate Angel” (Bentuk Malaikat asli menurut Bible). Karena pembahasan ini admin kira cukup menarik, maka admin tulis sebagai postingan biasa untuk blog ini, tanpa ada maksud apapun—Mohon untuk tidak menggunakan postingan ini sebagai dasar untuk membuat isu-isu yang berkaitan dengan kebencian agama.

ketika orang awam berpikir tentang Malaikat, mereka kebanyakan membayangkan makhluk humanoid bersayap seperti manusia yang berpakaian putih dan memiliki lingkaran suci diatas kepalanya.

Hal ini tentu saja sebenarnya didasari sebagai penekanan bahwa sosok malaikat itu adalah sosok yang baik dan rupawan. Tentu saja cerita-cerita ini membantu ceramah agama-agama tertentu untuk menjelaskan bahwa Malaikat adalah kepanjangan tangan dari tuhan yang maha sempurna.

Sayang sekali, bahwa penggambaran tersebut, sebenarnya tidak sepenuhnya akurat. Malaikat, menurut teks suci, memiliki rupa yang ‘sedikit’ lebih berbeda.

Menurut Bible, ada berbagai jenis malaikat yang mengelilingi tuhan. Maimonides, seorang cendekiawan Yahudi dari abad ke-12, menggolongkan makhluk-makhluk ini berdasarkan tingkatannya dalam hierarki Surga.

Apa yang akan admin bahas dibawah, adalah deskripsi dari empat tingkatan malaikat dari hierarki itu yang telah dijelaskan secara rinci dalam kitab suci. Penjelasan itu, adalah berupa ciri-ciri rupa dan bentuknya.

Cherubim, The Guardian of Eden

Cherubim, atau Cherub, adalah peringkat terendah di antara keempat tingkat malaikat yang dimaksud. Bible menggambarkan makhluk-makhluk ini sebagai sosok hybrid persilangan antara hewan-manusia. Dia memiliki tugas untuk menjaga taman eden (surga) dari manusia.

Dalam Book Of Ezekiel, Cherubim digambarkan memiliki empat wajah: singa, lembu, elang, dan manusia. Mereka memiliki kaki lurus, empat sayap, dan kuku kakinya seperti milik banteng. Satu pasang sayap menutupi tubuh mereka, dan yang lainnya digunakan untuk terbang.

Deskripsi ini jauh dari apa yang kebanyakan orang bayangkan tentang rupa Cherubim sekarang. Apabila orang-orang barat ditanya soal Cherubim, penggambaran umum yang mereka ketahui pastilah merupakan sosok seorang bayi lucu yang memiliki sayap.

Bagi orang awam, Cherubim adalah sosok cupid yang di hari valentine akan menembakkan anak panah untuk membuat umat manusia saling jatuh cinta. Kenyataannya, Err..

(Ekspektasi VS Realita)

Malakhim, The Being Known For Men

Istilah Malaikat berasal dari bahasa Yunani : Angelos, yang merupakan serapan dari bahasa Ibrani : Mal' akh. Dan memiliki arti : Utusan. Malikim adalah utusan tuhan dan paling dekat dengan kita manusia. Mereka berada di peringkat ketiga di antara empat tingkatan hierarki surga.

Dalam Old Testament, mereka bertindak atas nama tuhan untuk hal-hal yang berurusan dengan manusia. Contohnya adalah malaikat maut Azrael, yang ada dalam cerita Paskah, atau Michael yang merupakan pelindung surga.

Dalam New Testament, mereka sering bertindak sebagai utusan, seperti Gabriel, yang memberi tahu perawan Maria tentang takdir yang akan dia tempuh. Malaikat-malaikat yang diberi nama ini adalah gambaran umum malaikat yang orang-orang tau saat ditanya.

Meskipun begitu, walaupun mereka mirip rupa manusia, Malikim sebenarnya  tidak disebutkan bahwa mereka memiliki sayap di dalam Bible.

Gambar malaikat Kristen paling awal yang diketahui dari pertengahan abad ketiga adalah tanpa sayap. Baru pada akhir abad keempat para seniman membayangkan kembali malaikat dengan menambahkan sayap.

Menurut beberapa peneliti, ini dilakukan untuk mewakili sifat luhur mereka, meskipun seniman mengetahui bahwa kitab suci tidak menggambarkan mereka memiliki sayap.

(Lukisan Malakhim yang dibuat oleh Pelukis Guido Reni pada tahun 1636. Jika menurut penggambaran akurat dari Bible, mereka tidak memiliki sayap. Jadi kyknya..Identik seperti manusia)

Seraphim, The Holy Chanter Of God’s Might

Menurut Nabi Isaiah, Seraphim adalah malaikat yang mengelilingi takhta Tuhan, sembari menyanyikan seruan "suci, suci, suci" (Holy,Holy Holy) secara serentak.

Nabi menggambarkan mereka memiliki enam sayap, dua di antaranya untuk terbang, sementara sisanya digunakan untuk menutupi kepala dan kaki mereka. Seraphim berada di peringkat kedua tertinggi menurut hierarki malaikat yang diutarakan oleh Maimonides.

Seraphim dari namanya berasal dari bahasa Ibrani "Seraph," yang berarti membakar. Menggali lebih dalam, kata Ibrani "Saraph" bisa juga diartikan sebagai ular gurun berbisa.

Di Mesir kuno, orang menyebut kobra sebagai “The Flaming One” atau Uraeus. Kobra-kobra serupa biasanya digunakan dalam ornamen kerajaan Mesir kuno. Termasuk ular yang menghiasi topi (mahkota) firaun.

Beberapa sejarawan berspekulasi bahwa penulis Old Testament memperoleh gambaran sayap dan api Seraphim dari legenda Mesir dan asosiasi mereka dengan kobra.

(Mozaik yang menggambarkan sosok Seraphim di Masjid Agung Hagia Sophia Turki. Kemungkinan dibuat oleh orang-orang Kristiani sebelum Hagia Sophia pindah tangan ke Kaum Muslim, dan sekarang menjadi Masjid)

Ophanim, The Guardian Of God’s Throne

Ophanim, atau "The Wheels", bisa dibilang adalah makhluk paling aneh di dalam Bible. Catatan Ezekiel dalam Bible menggambarkan mereka sebagai makhluk yang terbuat dari roda emas yang saling mengunci dengan bagian luar setiap roda ditutupi dengan banyak mata. Mereka bergerak dengan melayang di langit.

Sebagai yang tertinggi dalam hierarki yang diutarakan oleh Maimonides, mereka memiliki tugas sebagai penjaga tahta Tuhan.

Tidak ada asal sejarah yang bisa digali untuk mencari asal penggambaran Ophanim sebelum ada di Bible. Meskipun begitu, ada yang mengklaim bahwa zat psikedelik yang tertelan menyebabkan gangguan dalam penglihatan Ezekiel. Para ahli juga telah mengusulkan bahwa gambar itu hanyalah metafora untuk misteri Tuhan.

(Penggambaran Ophanim atau "The Wheel" yang tergambar di St. John The Baptist Church di Kratovo, Macedonia pada tahun 1836)

Epilogue

Jujur, admin bukanlah orang yang cukup mumpuni untuk membahas sejarah. Namun ini adalah topik yang sering dibahas di beberapa forum misteri. Tentu saja kebenaran tentang malaikat tergantung kepercayaan masing masing, mengingat antara Kristen, Islam dan Judaisme, itu berbeda.

Setelah semuanya, mungkin kebenaran tentang malaikat adalah pengetahuan yang akan kita dapat pasca kita sudah mati nanti.

Tambahan : Oke mungkin sosok Ophanim yang digambarkan diatas, tidak terlalu buruk. Namun di Forum-Forum misteri atau Horor, gambar Ophanim yang tersebar adalah yang seperti ini :.


Baca Juga :

Tag : Kasus Biblicaly accurate angel, penampakan Biblicaly accurate angel, sosok Biblicaly accurate angel, Biblicaly accurate angel, adalah

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

1 Response to "Penggambaran Menyeramkan Tentang Malaikat Menurut Bible"

  1. Penamaan Malaikat di Bible dan Al-Qur'an mirip kok. Banget malahan.
    Gambar terakhir itu kaya organ gitu ya? Kok rada creepy.

    ReplyDelete