v Misteri Harta Karun Terpendam Thomas Beale dan Tiga teka-teki Cipher yang katanya merinci lokasi dikuburnya. | UNSOLVED INDONESIA

Misteri Harta Karun Terpendam Thomas Beale dan Tiga teka-teki Cipher yang katanya merinci lokasi dikuburnya.

Pada tahun 1817, Thomas Jefferson Beale, yang merupakan penduduk asli Virginia, bersama dengan tiga puluh rekan petualang lainnya berangkat untuk berburu kerbau dan beruang grizzly di bagian barat Amerika.

Secara tidak sengaja, dalam perjalanan itu, rombongan Beale menemukan harta karun perak, emas, dan permata yang cukup besar sekitar 300 mil di utara Santa Fe. Harta karun yang terkubur itu, diperkirakan bernilai lebih dari US$54 juta (mungkin lebih hari ini apabila mempertimbangkan inflasi)

Ketiban rejeki nomplok, Beale dan rekan-rekannya memutuskan untuk membagi harta secara merata. Dengan ide untuk melindungi cadangan kekayaan serta memastikan keselamatan mereka sendiri, mereka menyusun rencana komprehensif untuk menyembunyikan harta tersebut.

Menyembunyikannya memang mudah. Mereka bisa menggali lubang dimanapun dan menguburnya begitu saja. Namun bayangan-bayangan yang muncul apabila mereka kemudian tiba-tiba mati dan lokasi harta tidak pernah bisa ditemukan, pada akhirnya mendorong mereka untuk membuat sebuah cipher atau sandi rahasia.

Sandi rahasia tersebut, ingin mereka warisan kepada keluarga ataupun orang kepercayaan dengan harapan apabila mereka mati dan belum sempat menggunakannya, harta karun tersebut dapat dicari dengan cara memecahkan sandi rahasia itu.

Sandi rahasia yang dimaksud, terdiri dari tiga ciphertext. Ciphertext pertama menggambarkan lokasi harta karun itu. Yang kedua berisi informasi tentang banyaknya persentase dalam pembagian harta karun. Ciphertext ketiga menyebutkan tentang nama pemilik harta karun dan detail tentang kerabat terdekat mereka.

Misteri Harta Karun Beale

Pada musim semi tahun 1822, Beale menyerahkan sebuah kotak yang berisi sandi rahasia kepada Robert Morris, yang merupakan pemilik penginapan di Lynchburg.

Beale membayar Morris untuk menjaga  kotak yang terkunci itu dan dengan tegas memberi tahu Morris bahwa kotak itu berisi dokumen-dokumen yang sangat berharga dan penting.

Morris, yang tidak tau apa isinya pada akhirnya tetap menjaga kotak itu dengan patuh dan menunggu Beale kembali untuk mengambilnya. Sayangnya, pria tersebut tidak pernah kembali ke Lynchburg—Dia menghilang tanpa meninggalkan jejak dan kabarnya tidak pernah terdengar lagi.

Sebelum menghilang, Beale memang telah menginstruksikan Morris untuk tidak membuka kotak itu. Dia menginformasikan bahwa dia atau salah satu anggota kelompoknya, akan kembali dari perjalanan dalam waktu 10 tahun.

Beberapa bulan semenjak pertemuan terakhir mereka, Beale diketahui menulis surat kepada Morris dari St. Louis.

Dalam surat tersebut, Beale memberi tahu dan berjanji pada Morris bahwa temannya akan datang dengan membawa kunci kotak untuk mengurus “atau menguraikan sandi” di dalam kotak tersebut. Tapi teman itu tidak pernah muncul.

Ketika Beale tidak kembali bahkan setelah 23 tahun, rasa ingin tahu Morris memuncak. Dia berasumsi bahwa Beale saat itu mungkin sudah mati. Keingintahuannya yang tak henti-hentinya menguasai, pada akhirnya mendorongnya untuk membuka kotak besi yang terkunci.

Kala dibuka, Morris sedikit bingung. Didalamnya adalah sebuah surat berbahasa inggris dan tiga lembar kertas penuh dengan angka. Di dalam surat, merinci petualangan-petualangan Beale dan penemuan harta karun melimpah.

Morris benar-benar kaget saat dia membaca di dalam surat, bahwa 3 kertas penuh dengan angka itu, pada dasarnya adalah ciphertext yang berisi lokasi harta karun yang dimaksud.

Upaya memecahkan Ciphertext

Tentu saja tidak ada yang tidak suka harta. Bahkan Morris.

Pasca membaca surat dari Beale yang ada di dalam kotak, Morris diketahui mulai mencoba memecahkan ketiga sandi itu segera. Sayangnya, bahkan setelah beberapa dekade disertai upaya yang melelahkan, Morris tidak berhasil memecahkan misteri itu.

Pada tahun 1862, ketika Morris menyadari bahwa dia akan segera meninggal, dia memahami pentingnya untuk mewariskan teka-teki sandi Beale.

Pada usia 84, Morris meninggal setelah mewariskan sandi Beale kepada salah satu teman. Teman itu, diketahui juga menghabiskan waktu puluhan tahun untuk mencoba menguraikan sandi Beale.

Teman anonim Morris itu lebih beruntung. Pasalnya, dia rupanya berhasil memecahkan lembar kedua. Lembar tersebut, mengungkapkan berapa jumlah harta yang ada (Sekitar 54 juta dollar seperti yang admin sebutkan diatas)

Namun tentu saja, dia masih belum berhasil memecahkan lembar pertama dan yang paling penting, tentang lokasi dari harta tersebut.

Beberapa puluh tahun telah berlalu dan teman anonim itu tau bahwa dia tidak mungkin mampu memecahkan 2 sandi terakhir dengan umurnya yang tersisa. Bagi dirinya, hartanya mungkin sudah tidak penting lagi. Yang dia inginkan hanyalah misteri yang bertahan selama puluhan tahun itu, dapat terpecahkan—itu saja.

Itulah kenapa dia kemudian membagikan pengetahuannya tentang sandi Beale kepada temannya yang lain yang bernama James B. Ward. Mereka berdua kemudian mempublikasikan cerita tentang sandi Beale dalam sebuah pamflet bernama "The Beale Papers" pada tahun 1885. Hal tersebut, adalah kali pertama Sandi Beale tersebar ke publik.

Terbitan itu tentu saja langsung menciptakan kontroversi yang sangat besar. Perdebatan tentang akankah sandi itu nyata atau tidak, bertahan lama seiring orang-orang yang kemudian ikut dalam upaya memecahkan sandi Beale.

Apakah sandi Beale itu nyata atau hanya tipuan?

Seiring waktu berjalan dan belum ditemukannya keberhasilan dalam memecahkan sandi Beale, pada akhirnya mulai menimbulkan berbagai macam keraguan apakah sandi itu nyata.

Menurut beberapa media Pers, Sandi Beale hanyalah penipuan yang rumit dan berbelit-belit. Orang-orang sinis serupa juga diketahui telah menyebarkan cerita tentang kekurangan dan ketidakkonsistenan dalam cerita Beale.

Misalnya, surat Beale yang ada di dalam kotak bersama dengan sandinya, dianggap ditulis pada tahun 1822. Anehnya surat itu berisi kata "stampede” yang seharusnya tidak pernah digunakan sebelum tahun 1844 (meskipun itu hanya spekulasi karena bisa saja kata “stampede” atau “Injak” memang sudah digunakan jauh sebelumnya)

Disisi orang yang percaya; Seorang sejarawan lokal bernama Peter Viemeister, secara ekstensif mencari dokumentasi yang cukup untuk membuktikan bahwa sosok Thomas Beale, benar-benar ada.

Dia menggunakan sensus tahun 1790 dan anekdot lainnya untuk mengidentifikasi banyak Thomas Beale yang lahir pada era itu di Virginia. Beberapa dari latar belakang mereka sinkron dengan beberapa fakta yang telah dikumpulkan sejauh ini.

Hal menarik tentang Beale adalah pembicaraannya tentang perjalanannya ke Santa Fe. Ada bukti yang kuat untuk mendukung ceritanya atas barang rampasan emas.

Misalnya, Jacob Fowler, seorang penjelajah yang menetap di Santa Fe antara tahun 1821 dan 1822, menyebutkan dalam ceritanya tentang keberadaan suku Pawnee dan Crowe yang diyakini bersahabat dengan sekitar 35 pria kulit putih—itu adalah jumlah rombongan Thomas Bale dalam perjalanannya.

Juga, legenda Cheyenne yang berasal dari tahun 1820-an, yangmana menceritakan emas dan perak yang diangkut dari bagian barat dan dikubur di suatu tempat di pegunungan timur.

Treasure Hunt Continue

Terlepas dari orang yang tidak percaya, orang yang percaya nampaknya lebih banyak. Sudah tak terhitung jumlahnya orang-orang yang melakukan perjalanan untuk menggali di lokasi-lokasi yang mereka percayai sebagai tempat Thomas Beale menyimpan hartanya

Meskipun tetap saja, bahkan sampai hari ini, tidak ada orang yang dikabarkan berhasil menemukan harta tersebut.

Selain karena harta yang menggiurkan, para pemburu harta karun diluar sana juga mengejar ketenaran, daya tarik, dan petualangan. Hal yang bisa mereka dapatkan sekaligus apabila mereka berhasil menemukan harta terpendam milik Thomas Beale.

Tentu, untuk sekarang, karena memang sandi tidak terpecahkan dan harta belum ditemukan, selebihnya adalah sebuah misteri.

Catatan Admin : 3 Ciphertext yang dimaksud, sudah admin temukan dan untuk Ciphertext ke 2 memang sudah ada penjelasannya, sementara 2 yang lain belum terpecahkan. Jika mau lihat 3 sandi rahasia tersebut, silahkan cek disini :

3 Ciphertext Harta karun Thomas Beale

Baca Juga :

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

0 Response to "Misteri Harta Karun Terpendam Thomas Beale dan Tiga teka-teki Cipher yang katanya merinci lokasi dikuburnya."

Post a Comment