v Misteri Toynbee Tiles : Kemunculan Ubin-Ubin Abstrak Aneh pada Beberapa Tempat Di Amerika Serikat | UNSOLVED INDONESIA

Misteri Toynbee Tiles : Kemunculan Ubin-Ubin Abstrak Aneh pada Beberapa Tempat Di Amerika Serikat

Tahun 1985, ada sebuah fenomena aneh dimana jika kau berjalan-jalan di kota Philadelphia sampai ke daerah Kansas, kau akan menemukan “street art” misterius yang terpampang di jalan-jalan, belokan ataupun gang diseluruh kota.

Street art tersebut dikenal sebagai “Toynbee Tiles” dan meskipun admin menggunakan julukan street art, itu hanyalah alasan admin yang sebenarnya tidak mengerti maksud asli dari dibuatnya Toynbee Tiles.

Konon katanya, Toynbee Tiles bahkan sempat muncul di beberapa derah di Brasil, Chili. dan Argentina—dan mengkesampingkan tempat kemunculannya, yang paling aneh adalah kalimat misterius yang terkandung didalamnya.

Kode Aneh Toynbee Tiles

Terlepas dari prasangka bahwa “Toynbee Tiles” dibuat oleh orang atau kelompok yang sama, tidak semua “ubin” dibangun dengan cara yang serupa. Beberapa memiliki variasi pada teks utama, banyak yang menyertakan catatan sampingan, dan terkadang juga benar-benar sangat abstrak sampai tidak dimengerti maksudnya.

Pada awal kemunculannya di tahun 1980-an (atau di zaman pra-internet), ubin-ubin ini dan artinya adalah teka-teki yang terbungkus misteri (ada  yang memiliki maksud, namun ada juga yang benar-benar random)

Seiring adanya internet dan forum online yang dapat menjangkau masyarakat luas, mulai banyak spekulasi yang muncul dalam upaya menjelaskan fenomena Toynbee Tiles  ini. Tentu saja pertanyaan utamanya adalah :

Apa arti dari ubin?

Siapa dalang di balik fenomena ubin ini?

Mengapa mereka melakukan semua ini sejak awal?

(Contoh Toynbee Tiles. Ini nempel di aspal btw, kadang ada di jalan-jalan atau gang tertentu di kota-kota yang admin sebutkan diatas)

Sebagian dari bentuk awal Toynbee Tiles, pasti akan diawali dengan kalimat “Toynbee Idea”. Apabila kita menelusuri arti kata Toynbee, kita akan berakhir kepada nama seorang historian dan filsuf bernama Arnold J. Toynbee yang mana pernah berstatement bahwa dia percaya “menurut laporan ilmiah saat ini”, orang yang mati, pasti somehow mampu dihidupkan kembali apabila kita bisa mencapai pemahaman tekhnologi yang cukup maju

Kemudian, Beberapa bentuk dari Toynbee Tiles, Juga menyebutkan “Kubrick’s 2001” yang secara jelas, merujuk kepada film berjudul 2001 : A Space Odyssey yang dibuat pada tahun 1968 dan disutradarai oleh Stanley Kubrick.

Stanley Kubrick 2001: A Space Odyssey , yang ditulis oleh Arthur C. Clarke, adalah film yang aneh, dimana ceritanya melibatkan A.I yang “menggila” dan evolusi monyet karena campur tangan tekhnologi alien.

(Note : Admin pernah nonton filmnya dan sangat pusing dengan plot nya. Baru mengerti setelah nonton beberapa video di youtube yang menjelaskan garis besarnya)

Selebihnya, 2001: A Space Odyssey juga bercerita tentang perjalanan ke Jupiter dimana di akhir film, si tokoh utama bernama Dave Bowman kemudian “lahir kembali” menjadi sosok “superior being” berbentuk bayi raksasapokoknya aneh dah.

Secara Garis kasar, orang-orang mempercaya bahwa Toynbee Tiles mungkin merujuk kepada poin serupa yang menggambarkan sebuah Ide “yang didasari oleh statement Arnold J. Toynbee” dan “diinsiprasi oleh Stanley Kubrick 2001: A Space Odyssey” tentang menghidupkan orang mati di planet Jupiter.

Memang terkesan aneh dan abstrak. Konten di dalam Toynbee Tiles lebih seperti sebuah pesan yang ditinggalkan oleh para teori konspirator iseng—dan admin setuju apabila ada yang berpendapat seperti itu.

Selebihnya, mungkin misteri dan penjelasan konten yang  ada di dalam Toynbee Tiles tidak akan pernah bisa dipecahkan sampai si pembuat ubin sendiri, maju dan menjelaskan apa maksudnya.

Siapa sosok Dibalik Toynbee Tiles?

Menambah kebingungan yang ada, Toynbee Tiles ini ada juga yang hadir dalam format yang berbeda. Salah satunya, adalah tiles yang memiliki awal pesan “House Of Hades,”

Menurut Admin sih, mungkin memang takdirnya Toynbee Tiles ini tidak bisa dipecahkan. Pesan yang terkandung di dalamnya, hanya bisa dimengerti oleh kalangan orang-orang yang ada di lingkar tertentu saja

Admin ambil contoh graffiti (atau lebih tepatnya coretan) anak SMA yang menulis “JENSOED” di properti publik. Orang-orang dikalangan luar mungkin tidak akan tau apa maksunya, namun untuk anak-anak SMA tertentu (yang ada di lingkaran yang sama) mungkin akan memahami tulisan itu sebagai signature SMA Jenderal Soedirman—yah, kurang lebih seperti itu

(Toynbee Tiles "House Of Hades")

Mengkesampingkan artinya, mari kita beralih kepada siapa kira-kira pembuatnya. Meski tidak ada petunjuk jelas yang bisa mengarahkan kepada pembuatnya secara langsung, setidaknya gambaran-gambaran tertentu bisa digunakan sebagai patokan untuk mengira-ngira seperti apakah sosok yang membuat Toynbee Tiles.

Mengasumsikan apabila pembuat ubin adalah orang yang sama, Jika dilihat dari ubin-ubin yang dipasang, bahan-bahan yang digunakan, cara pembuatannya, serta metode pemasangannya, dapat dilihat bahwa sosok dibalik ubin-ubin misterius ini jelas seorang seniman yang amat sabar dan perfeksionis.

Bagaimana tidak, untuk membuat satu ubin terpasang di jalanan pastinya membutuhkan usaha ekstra dan juga ketelitian yang super.

Selain itu, sang pembuat Toynbee Tiles ini harusnya adalah sosok ber-uang karena ia mampu membuat Toynbee Tiles dan meninggalkannya di beberapa tempat di Amerika bahkan diluar AS—Ber-uang dan nganggur kalau admin bisa bilang.

Kalau Prediksi admin (bisa benar, bisa salah) Toynbee Tiles yang ori mungkin hanya beberapa saja. Kemudian, pasca ceritanya viral, muncul impostor-impostor yang kemudian membuat Toynbee Tiles lain, merubah tulisannya dan menjadikan cerita-ceritanya lebih “melegenda”

Trus soal konten di dalamnya? Bisa saja itu hanyalah apresiasi si pembuat untuk film 2001: A Space Odyssey. Atau mungkin, memang hanya sekedar street-art saja—yang memang tergambar sebagai abstrak atau seni kontemporer.

Hanya saja, admin cukup berat untuk mempercayai bahwa Toynbee Tiles adalah semacam pesan rahasia yang terikat dengan konspirasi.

What Do You Think?

Catatan Admin : admin sebenarnya mau membahas lebih lanjut tapi, i dont know, apakah menurutmu admin harus menggali lebih dalam dari pembahasan Toynbee Tiles dan melakukan analisa lanjutan?

Baca Juga :

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

0 Response to "Misteri Toynbee Tiles : Kemunculan Ubin-Ubin Abstrak Aneh pada Beberapa Tempat Di Amerika Serikat"

Post a Comment