Perjalanan Antariksa Voyager dan Pencarian Peradaban Alien | UNSOLVED INDONESIA
Beranda - Kasus - Geek - Riddle - Lost Notes - Horror Story - About Blog - Kontak Admin

Perjalanan Antariksa Voyager dan Pencarian Peradaban Alien


Tahun 90 an, muncul ide dari para ilmuan untuk membangun sebuah kapal antariksa Nirawak dan mengirimnya ke angkasa jauh. Pembangunan kapal itu bertujuan untuk mencari informasi tentang potensi kehidupan diluar sana dan mencoba menjawab pertanyaan paling sederhana dari umat manusia : “Di antariksa yang luas ini, apa kita cuman sendiri?”



Perjalanan Voyager Bersaudara

Dipelopori oleh NASA, mereka mengirim 2 pesawat antariksa bernama Voyager 1 dan Voyager 2. Pesawat itu diluncurkan pada tahun 1977 dan terus bergerak pasti menjauhi bumi semenjak saat itu.

Dengan rentang 3 minggu saja untuk peluncuran masing-masing, mereka memang sengaja diarahkan ke arah yang berlawanan dalam perjalanan ‘satu arah’ ini. Misi mereka adalah mengumpulkan data-data antariksa dan mengirimkannya ke bumi dengan menggunakan sinyal sampai mereka kehabisan daya dan mati terombang-ambing di angkasa lepas. Yah ini memang misi satu arah. Namun karena pesawat antariksa itu adalah kapal Nirawak (tanpa kru), maka para ilmuan juga sudah memperhitungkan hal tersebut.


#Log Perjalanan Voyager 1#

5 september 1977, Voyager 1 diluncurkan. Tak lama setelah diluncurkan Voyager 1 berhasil memberikan gambar resolusi tinggi atas bulan untuk pertama kalinya.

Januari 1979, Voyager melewati Jupter dan berada 349.000 kilometer saja dari pusatnya. Voyager juga berhasil mengamati aktivitas gunung berapi di bulan Jupiter.

November 1980, Voyager melewati Saturnus. Kapal nirawak itu sempat mendekati Saturnus untuk melakukan pengamatan dan mendapatkan fakta bahwa cincin Saturnus Titan ternyata memiliki atmosfer sendiri.

Tahun 1990, Kamera dari Voyager 1 akhirnya dimatikan untuk menghemat daya. Gambar terakhir yang diambil oleh Voyager 1 adalah gambar pale blue dot. Pale blue dot adalah gambar bumi yang hanya seukuran 0,12 piksel karena diambil dari jarak 6 Miliar kilometer.

Perjalanan Voyager 1 terus berlanjut sampai melewati batas tata surya.

Sebelum keluar dari garis tata surya, Voyager 1 sempat melewati daerah Heliopause yang ada diantara Heliospere dan Interstellar. Voyager masih memberikan transmisi ke bumi dan menditeksi di area tersebut memiliki kekuatan plasma elektron lebih kuat 40x dibanding di daerah Heliospere. Voyager 1 meninggalkan batas tata surya pada 25 Agustus 2012.

Sampai saat ini, Voyager 1 masih melakukan perjalanan di ruang hampa sembari menunggu tenaganya habis. Diperkirakan, tenaga viyager akan hambis disekitaran tahun 2020-2025.

Meskipun begitu, meski tenaganya habis, Voyager 1 tetap bisa melanjutkan perjalanan tanpa daya dengan mengapung secara alami di antariksa. Perjalanan itu akan terus berlanjut sampai ke tengah galaksi Bima Sakti. Sampai (mungkin) akan ditemukan oleh sebuah exoplanet berpenghuni.

#Log perjalanan Voyager 2#

Berbeda dengan Voyager 1, Voyager 2 memiliki perjalanan yang lebih lambat. Selain karena diluncurkan beda tanggal, rute berbeda yang diambil juga memberikan faktor tersendiri.

Namun beruntung bagi Voyager 2. Pasalnya atas keterlambatannya itu, Voyager 2 malah berhasil mengunjungi sekaligus Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus (Keempat planet tersebut secara perhitungan berada di garis lintas Voyager 2, yang mana Uranus dan Neptunus tidak dilewati oleh Voyager 1).

Perjalanan Voyager 2 hampir sama dengan Vouager 1 namun lebih lambat saja.

Pesan Umat Manusia kepada Alien

Untuk mengantisipasi sebuah pertemuan dengan peradaban lain yang ada di luar tata surya kita, Voyager 1 dan Voyager 2 diberikan sebuah barang penting berupa piringan emas yang berisi informasi-informasi dari bumi. Informasi-informasi tersebut disusun sedemikian rupa dengan harapan dapat dipahami oleh apa atau siapapun yang kemungkinan ada di luar sana.


Berikut daftar informasi yang di ‘angkut’ oleh Voyager bersaudara dalam piringan emas tersebut
  • 116 foto dalam bentuk analog, yang menampilkan data-data sains, Anatomi manusia dan kehidupannya.
  • Ucapan salam yang terdiri dari 55 bahasa yang ada di Bumi
  • Kompilasi sampel bunyi yang ada di Bumi (dibagi dalam 21 bagian).
  • 90 menit musik dari berbagai etnis di dunia(terdiri atas 27 sampel musik).
  • Yang terakhir adalah pesan darI Presiden Jimmy Carter (Presiden AS saat itu). Pesan tersebut kurang lebih adalah :

Yah, harapannya sih. Siapapun yang akan mendapat pesan berbahasa inggris itu, adalah sebuah peradaban yang baik hati dan benar-benar ingin menjadi ‘sahabat’ dengan bumi. Bukannya yang err..


Intinya, sampai detik ini, Perjalanan Voyager 1 dan Voyager 2 masih berlanjut.

Baca Juga :


Yth Pembaca,
Mohon untuk tidak meng-copas artikel di blog ini sembarangan. Buatnya susah gan. Kalau mengutip boleh, tapi mohon sertakan sumber. Terima kasih.

0 Response to "Perjalanan Antariksa Voyager dan Pencarian Peradaban Alien"

Post a Comment