Grandfather Paradox dan Penyelesaiannya | UNSOLVED INDONESIA
Beranda - Kasus - Geek - Riddle - Lost Notes - Horror Story - About Blog - Kontak Admin

Grandfather Paradox dan Penyelesaiannya


Paradox adalah sebuah pertanyan kontradiksi yang tidak memiliki jawaban. Karena dia tidak memiliki jawaban, maka disebut paradox. Disini, kita akan membahas satu dari sekian paradox yang terkenal, Yaitu Grandfather Paradox
Grandfather Paradox : Jika kau melakukan perjalanan waktu dan membunuh kakekmu sebelum ayah atau ibumu dilahirkan. apakah kamu akan menghilang secara otomatis?
Pada dasarnya, karena ayahmu dan ibumu tidak akan dilahirkan, maka kau juga tidak pernah dilahirkan. Jadi, semisal kau punya mesin waktu dan kembali ke masa lalu dan membunuh kakekmu, apakah kau akan menghilang saat itu juga atau tidak? Jawabannya Tidak diketahui. Itulah kenapa ini disebut Paradox.

Inilah yang dikenal dalam sains sebagai Grandfather Paradox. Disini, admin akan mencoba menjelaskan secara sederhana (dan mungkin tidak ilmiah, tapi hey, admin kan coba)

Grandfather Paradox menurut Fisika Kuantum

Ternyata sains modern menjelaskan bahwa setiap hal yang kita lihat dalam film “Back To The future” selain karya fiksi, tidak realistis menurut fisika kuantum. Pertama karena, di atas kertas, konsep perjalanan waktu di Back To The Future tidak mungkin terjadi di dunia nyata.

Kedua, jika semisal mungkin untuk melakukan perjalanan waktu, setiap perubahan yang dilakukan di masa lalu, akan merubah masa depan dalam realitas yang berbeda (sebut saja Timeline Alternatif). Itulah kenapa, menuruf fisika kuantum, jika kita kembali ke masa lalu dan membunuh kakek kita, kita tidak akan menghilang.

Kita akan menghilang di timeline masa depan kakek kita yang mati, namun kita akan tetap ada di timeline kita berasal. Untuk alasan yang sama, jika kita bepergian ke masa lalu untuk mencoba mencegah beberapa tragedi, tragedi hanya akan berubah di timeline itu,  bukan di masa lalu dan masa kini yang telah kita ketahui.

Namun tentu saja, untuk mendukung tentang penjelasan berdasar dari Fisika Kuantum, kita harus memiliki bukti keberadaan dunia paralel. Yang mana sampai sekarang belum pernah ditemukan (Jangankan dunia pararel, nyari Planet Alien aja gak ketemu-ketemu dari dulu)

Lantas gimana semisal Dunia Paralel itu tidak ada? Dan realitas hanya ada satu? Well, sebenarnya ada seseorang yang sangat terganggu dengan paradox ini bahkan sampai repot-repot membuat percobaan dengan program komputer

Penyelesaian Grandfather Paradox

Beberapa tahun lalu, Doron Friedman, seorang ilmuwan komputer di Interdisciplinary Center di Herzliya (Israel), menjadi berita utama.

Friedman mencetukan Grandfather Paradox yang disederhanakan, di mana penjelajah waktu (yap) kembali ke masa lalu, tetapi membunuh ayahnya sendiri, bukan kakeknya.

Pada dasarnya, Friedman membuat simulasi komputer (yang bentuknya gimana admin gak tau) yang mana menjelaskan pertanyan : jika si pengelana waktu kembali ke masa lalu dan membunuh ayahnya sebelum ayahnya itu menikah, apakah ada kemungkinan si pengelana waktu dilahirkan?

Algoritma simulasi tersebut menganalisis ribuan skenario yang mungjkin terjadi untuk menemukan skenario yang konsisten secara logis. Dan memilih dimana tindakan si pengelana yang membunuh ayahnya tidak akan menghapusnya dari keberadaan.  Hasilnya? ia menemukan beberapa solusi yang bisa terjadi menurut simulasi komputer tersebut, meskipun Friedman hanya menjelaskan dua di antaranya:

Solusi Pertama, Sang Penjelajah waktu menjadi kakeknya sendiri

Program Friedman mengatakan bahwa penjelajah waktu itu menjadi kakeknya sendiri. Setelah kembali ke masa lalu dan membunuh ayahnya yang masih kecil, si penjelajah waktu harus menikah di masa itu dan memiliki seorang anak yang kemudian akan menjadi ayahnya. Namun ada kondisi lain, Yaitu anak si penjelajah waktu itu harus dijodohkan dengan Ibu si penjelajah waktu sehingga dia bisa melahirkan dirinya di masa depan.

Anjrit repot banget.

Solusi Kedua, Sang Ayah dari si Penjelajah waktu haruslah seorang Penjelajah Waktu juga

Solusi kedua dari komputer adalah yang paling menarik. Masalahnya  solusi ini hanya berfungsi jika ayah si penjelajah waktu juga memiliki kemampuan untuk menjelajahi waktu.

Program itu memberi tahu Friedman bahwa sang ayah bisa melakukan perjalanan ke masa depan, tepatnya melakukan perjalanan satu tahun, membuat istrinya hamil, dan kembali ke masa lalu ketika putranya datang dan membunuhnya. Dan boom, paradoksnya menghilang.
.

Namun tentu, kita tau dunia ini penuh dengan plot twist. Bisa jadi, penjelasan dari komputer mungkin bisa juga berbeda dari kenyatan yang terjadi.

Admin akan mengulangi permasalahan dari Grandfather Paradox dan meninggalkannya kepada para pembaca yang mau menjelaskannya dengan teori konspirasi di otak masing-masing,

Grandfather Paradox : Jika kau melakukan perjalanan waktu dan membunuh kakekmu sebelum ayah atau ibumu dilahirkan. apakah kamu akan menghilang secara otomatis?

Selebihnya, masih menjadi misteri

Baca Juga :
Yth Pembaca,
Mohon untuk tidak meng-copas artikel di blog ini sembarangan. Buatnya susah gan. Kalau mengutip boleh, tapi mohon sertakan sumber. Terima kasih.

0 Response to "Grandfather Paradox dan Penyelesaiannya"

Post a Comment