Membahas Doppelganger, Kembaran yang (katanya) Jahat | UNSOLVED INDONESIA
Beranda - Kasus - Geek - Riddle - Lost Notes - Horror Story - About Blog - Kontak Admin

Membahas Doppelganger, Kembaran yang (katanya) Jahat


Diambil dari Bahasa Jerman yang berarti 'Double-walker', legenda doppelgänger yang berusia berabad-abad dikisahkan sebagai sosok kembaran jahat yang menyeramkan seperti yang digambarkan dalam fiksi atau film horor.

Mengingat bahwa doppelgänger adalah duplikat dari orang yang nyata dan hidup, ini bisa menjadi kesimpulan yang mudah untuk diterima. Kisah-kisah tentang kemunculan doppelgänger secara tiba-tiba biasanya diceritakan dari pandangan sekilas dari sudut mata, ke jalan sepi, hingga refleksi ganda di cermin.

Banyak kisah lain menceritakan bahwa doppelgänger tidak pernah benar-benar bertemu satu sama lain, tetapi biasanya diceritkan oleh pihak ketiga yang dekat dengan si ‘manusia’ yang punya doppelgänger

“Eh, kemarin gw lihat elu di  Mall, Lagi pilih-pilih baju.”

“Ah mana ada, gw kemarin di rumah seharian main game.”

Kisah Terkenal pertemuan dengan  doppelganger

Seiring berlalunya waktu, dari zaman ke zaman akan selalu aja ada kisah yang bersangkutan dengan Doppelgenger. Kisah itu pun bervariasi, berikut adalah beberapa diantaranya :

Emillie Sagee

Salah satu laporan menarik tentang doppelganger yang pertama berasal dari penulis Amerika Robert Dale Owen, yang menceritakan kisah seorang wanita Prancis berusia 32 tahun bernama Emilie Sagée. Dia adalah seorang guru di Pensionat von Neuwelcke, sebuah sekolah khusus wanita di dekat Wolmar di tempat yang sekarang adalah negara Latvia.

Suatu hari pada tahun 1845, ketika Sagée sedang menulis di papan tulis, doppelgangernya tiba-tiba muncul di sampingnya. Si doppelganger dengan tepat menyalin setiap gerakan guru itu ketika ia menulis di papan tulis. Meskipun dia hanya meniru gerakannya saja, karena si doppelganger tidak memegang kapur. (Kalau dibayangin kayak kembaran yang ada di film Annilhilation, entah kenapa serem njir)

Selama tahun-tahun berikutnya, doppelganger Sagee sering terlihat beberapa kali. Contoh paling mencengangkan dari kisah terjadi di hadapan banyak siswa (42 siswa) pada musim panas tahun 1846. Ketika mereka duduk di kelas, mereka bisa melihat Sagée di taman sekolah sedang mengumpulkan bunga. Guru laki-laki yang mengajar kala itu tidak memperhatikan, namun tatkla dia pergi keluar kelas untuk ke toilet, tiba-tiba Sagee masuk ke dalam ruangan. Seisi kelas langsung kaget. Pasalnya Sagee masih terlihat dari jendela sedang mengumpulkan bunga di taman.

John Donne

Seorang penyair Inggris abad ke-16, John Donne pernah mengklaim bahwa dia telah dikunjungi oleh doppelganger istrinya ketika ia berada di Paris. Dia menampakkan diri padanya menggendong bayi yang baru lahir. Istri Donne sedang hamil pada saat itu, tetapi penampakan itu menandakan kesedihan yang luar biasa.

Singkat cerita, Donne pun pulang tatkala hari dimana istrinya itu hendak melahirkan. Betapa terkejutnya dia tatkala dia mendengar bahwa persalinan itu membawa kematian kepada bayinya. Yah, Anak Donne meninggal.

Kisah ini muncul dalam biografi Donne yang diterbitkan pada 1675, lebih dari 40 tahun setelah Donne meninggal

TwinStrangers.com

Oke, memang sih cerita diatas adalah hal yang kemungkinan paling seram yang bisa diceritakan tentang doppelganger (Mengabaikan cerita yang sifatnya fiksi loh ya). Segala hal yang mengatakan bahwa doppelganger itu jahat, memang hanya berkisar di ranah fantasy saja. Sejauh yang admin coba cari, tidak ada sebuah kasus tercatat dimana seseorang meninggal gara-gara doppelganger.

Bahkan dalam kasus asli. Banyak sekali doppelganger yang memang tidak berhubungan dengan supranatural ataupun fenomena tak bisa dijelaskan. Kebanyakan dari doppelganger adalah sosok yang memiliki kesamaan wajah, postur tubuh dan kepribadian sama persis namun lahir di negara dan budaya yang berbeda.

Sama seperti cerita yang datang dari gadis bernama Niamh yang bertemu dengan kembarannya bernama Luisa. Alih-alih bertemu karena fenomena supranatural, mereka dipertemukan di twinstrangers.com, sebuah web yang memang bertujuan untuk mencari kembaran dirimu di seluruh dunia.

(Niamh dan Luisa, jangan tanya Niamh yang mana dan Luisa yang mana)

Hasilnya, gak ada yang jahat diantara mereka. Malah, mereka memiliki banyak kesamaan dan kesukaan.

Ya, i know. Untuk orang yang suka dengan misteri seperti admin, kenyataan tentang doppelganger juga sangat mengecewakan.

Tapi tentu saja, bisa jadi ada juga kan kasus dimana kembaran “jahat” muncul secara supranatural? Bisa jadi dia adalah manifestasi kejahatan yang menggumpal dalam diri manusia dan membentuk sebuah kehidupan.

Kebenarannya, tentu saja tidak ada yang tau. Kecuali, bagi orang-orang yang pernah bertemu doppelganger mereka.


Baca Juga :
Yth Pembaca,
Mohon untuk tidak meng-copas artikel di blog ini sembarangan. Buatnya susah gan. Kalau mengutip boleh, tapi mohon sertakan sumber. Terima kasih.

0 Response to "Membahas Doppelganger, Kembaran yang (katanya) Jahat"

Post a Comment