Old Hag Syndrome, Kasus Ketindihan Nenek Tua | UNSOLVED INDONESIA
Beranda - Kasus - Geek - Riddle - Lost Notes - Horror Story - About Blog - Kontak Admin

Old Hag Syndrome, Kasus Ketindihan Nenek Tua


Bayangkan dimalam hari kau bangun dengan keadaan tidak bisa bergerak. Tubuhmu kaku, namun kau tau kalau dirimu sedang bangun. Menyadari apa yang terjadi, kau menyadari sosok nenek tua sedang menduduki badanmu dan menatapmu tajam dengan senyuman aneh menampakkan gigi-giginya.

Old Hag Syndrome adalah sebuah fenomena di mana kau ketindihan dan kau akan melihat sosok nenek tua mendudukimu.  Bagi dunia medis, fenomena ini dikenal sebagai kelumpuhan tidur yang dikombinasikan dengan halusinasi hypnopompic.

Namun, mereka yang mengalami sindrom tersebut tidak mudah diyakinkan bahwa apa yang mereka lihat, dengar, dan rasakan tidak nyata. Dan bagaimana kita bisa menjelaskan ketika dua orang atau lebih mengalami fenomena yang sama persis? Maksudku,  Jika itu halusinasi, kenapa halusinsinya harus nenek tua?

Cerita tentang Old Hag Syndrome

Nama fenomena tersebut berasal dari kepercayaan takhayul bahwa seorang penyihir (perempuan tua) tengah menduduki dada para korban, membuat mereka tidak bisa bergerak. Meskipun (seperti yang admin jelaskan diatas) secara medis sudah ada penjelasan, sifat fenomena yang membingungkan dan seringkali sangat menakutkan ini membuat banyak orang percaya bahwa ada kekuatan gaib yang terjadi.

Pengalaman itu begitu menakutkan karena para korban, walaupun lumpuh, tampaknya sepenuhnya dapat menggunakan indera mereka. Bahkan, fenomena ini dimulai dengan bau-bau aneh, suara langkah kaki yang mendekat, penampakan bayangan aneh (yang matanya bercahaya), hingga para korban merasakan ada sesuatu yang menekan di dada mereka, membuat pernapasan menjadi sulit. Semua indra tubuh memberi tahu para korban bahwa sesuatu yang nyata tengah menduduki tubuh mereka dan menatap mereka tajam.

Memang syndrome aneh seperti itu nyata?

Jawabannya adalah iya. Kalau di Indonesia sih, mungkin phobia dengan nenek tua tidak terlalu populer. Pasalnya setan-setan yang kita kenal cuman berlingkar kepada hantu permen sugus, Mbak K, 2yul, dll,

Namun di Eropa dan Amerika, nenek tua identik dengan cerita-cerita tentang penyihir yang memiliki sosok mengerikan. Tak ayal sosok nenek tua pun terkadang menjadi hal yang sangat ampuh untuk menakut-nakuti anak kecil. Semakin lama, pemahaman bahwa nenek tua itu menyeramkan akan terpatri kepada diri anak hingga dia menjadi dewasa.

Catatan Admin

Jujur, admin belum pernah mengalami fenomena ketindihan dan ke temu nenek-nenek. Itulah kenapa admin kurang paham bagimana sindrome ini tiba-tiba muncul.

Tapi yang pasti, terkadang sesuatu yang kita alami atau ketahui, apabila membekas, biasanya akan terbawa mimpi. Admin akan tinggalkan sebuah foto. Bayangkan saja sesuatu seperti ini nanti malam akan menghampiri kalian, semisal kalian ingin merasakan old hag syndrome.

Jika berhasil, berarti anda beruntung. Jika tidak, well.. mungkin pengalaman orang-orang yang mengalami old hag syndrome hanyalah bunga tidur yang tidak menyenangkan.

Cilukbaaa!!

Baca Juga :
Yth Pembaca,
Mohon untuk tidak meng-copas artikel di blog ini sembarangan. Buatnya susah gan. Kalau mengutip boleh, tapi mohon sertakan sumber. Terima kasih.

2 Responses to "Old Hag Syndrome, Kasus Ketindihan Nenek Tua"

  1. fenomena ketindahan memang ada kak tapi ga ada nenek nenek nya kalo pengalaman aku wkkwkw
    penjelasan medis nya sih otak kita telat merespon bangun jadi saraf di tubuh kita jadi lumpuh tapi mata kita terbuka.
    kejadiannya memang seperti lumpuh dan tidak bisa berbicara..
    butuh waktu 1-2 menit untuk bisa bergerak kala itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaps, fenomena ketindihan memang secara medis bisa dijelaskan dan admin setuju saat ada yang bilang kalau tindihan memang gak ada hubungannya dengan supranatural sama sekali.
      Namun "Old Hag Syndrome ini." memang menjadi fenomena nyata yang cukup populer di barat (nmenurut refrensi admin sih). mungkin ada penjelasan medis kenapa ketindihan mereka selalu berhalusinasi nenek tua. Namun tentu saja, nampaknya bagi logika orang indonesia kurang masuk akal -_-

      Delete