13 Rekomendasi Film Horor Found Footage Part 1 | UNSOLVED INDONESIA
Beranda - Kasus - Geek - Riddle - Lost Notes - Horror Story - About Blog - Kontak Admin

13 Rekomendasi Film Horor Found Footage Part 1


Banyak yang bilang, kalau found footage film adalah jenis film yang menjunjung tinggi realisme. Padahal sebenarnya,  found footage hanyalah cara produser fim low bugdet mengangkat judul film ‘murah’ mereka dengan harapan bisa meraup untung lebih banyak di layar lebal.

Itulah kenapa, Genre footage adalah sebuah taruhan antara Go Big or Go Home. Anggaran rendah pada dasarnya berarti kita (sebagai penonton) tidak akan mendapatkan banyak momen sinematik dengan efek yang wah dan wow. Bahkan, terkadang penempatan kamera dalam mengambil gambar akan menampilkan getaran layar yang bisa membuat penonton merasaa mual.

Meskipun begitu, found footage cenderung menampilkan produk yang jujur ​​dari pembuat film tanpa gangguan oleh mandat studio, dan lebih sedikit uang sama dengan lebih banyak kreativitas. Admin sendiri, menyukai Found Footage sebagai aliran film yang unik dan satisfying. Terlebih lagi, beberapa diantara film-film tersebut, secara alur memang benar-benar bagus.

Berikut adalah 13 Rekomendasi Film Horor Found Footage yang sudah admin Rangkum untuk pembaca Sekalian

1. Paranormal Activity (2009)

Paranormal Activity menceritakan tentang pasangan Katie dan Micah. Pasca pindah ke rumah di pinggiran kota, Katie (Katie Featherston) dan Micah (Micah Sloat) mendapat gangguan oleh apa yang tampak seperti kehadiran supernatural. Berharap untuk menangkap bukti itu di film, mereka memasang kamera video di rumah. Sayangnya, apa yang mereka dapat adalah sebuah teror yang tidak bisa mereka bayangkan.

Awalnya, film ini sebenarnya dimaksudkan sebagai film tunggal saja. Namun karena kesuksesannya yang melebihi ekspektasi, Franchise nya berkembang hingga melahirkan Paranormal Activity 2, Paranormal Activity 3, Paranormal Activity 4, Paranormal Activity 5 : The Mark Ones, Paranormal Activity 6 : The Ghost Dimension, dan kabarnya, Paranormal Activity 7 Sedang digarap.

2. [REC] 1 dan 2 (2007 & 2009)

Film REC menceritakan Pembawa acara TV larut malam bernama Angela Vidal dan Kameramennya yang tengah meliput dinas pemadam kebakaran setempat. Tatkala panggilan darurat terjadi, mereka ikut dalam misi penyelamatan untuk datang ke sebuah gedung apartemen. Berharap mendapat berita yang bagus, sayangnya yang mereka dapat adalah kondisi tidak wajar dimana polisi mengatakan bahwa seorang wanita tua terinfeksi virus dan tempat tersebut harus dikarantina. Semenjak detik itu juga, peliputan malam berubah menjadi mimpi buruk.

Admin sangat menyukai Film REC, Terutama REC1 Dan REC2, pasalnya kejadian yang dikisahkan masih saling berhubungan. Well.. sebenarnya franchise REC ini masih berlanjut ke REC3 dan REC4, namun cerita yang disajikan di dua film tersebut merupakan hal yang sepenuhnya berbeda. Jika belum menonton, admin merekomendasikan nonton REC1 dan REC2 saja, untuk REC3 dan REC4.. meh.. Tidak ditonton pun tak apa... Tapi semisal memang ingin tau REC3 dan REC4, go for it..

3. The Visit (2015)

The Visit menceritakan tentang kakak Beradik, Becca dan Tyler yang dikirim berlibur oleh ibunya dan disuruh untuk mengunjungi kakek-nenek mereka di pertanian terpencil di Pennsylvania selama seminggu.

Becca dan Tyler belum pernah bertemu kakek dan nenek mereka dan ibu mereka pikir, berkunjung adalah hal yang bagus untuk memperkenalkan mereka berdua kepada sang kakek dan nenek. Sayangnya, kunjungan mereka berdua terasa mulai tidak wajar saat mengetahui kakek dan nenek mereka terlibat dalam sesuatu yang.. err.. umm.. Tonton sendiri deh.

The visit masuk dalam daftar film horor yang admin sukai secara pribadi. Karena segala sesuatunya terasa sangat creepy dan aneh. Terlebih lagi.. unsur found footage, semakin mengaduk emosi dan menambah Horor yang disajikan.

4. Trollhunter / Trolljegren (2010)

Trollhunter menceritakan tentang perjalanan para mahasiswa yang ingin menyelidiki laporan tentang perburuan Ilegal. Dalam perjalanan mereka itu, mereka bertemu Hans, sosok yang mengaku bekerja membunuh Troll untuk pemerintah Norwegia. Para mahasiswswa yang tidak percaya pun, awalnya mencoba menguak kebohongan Hans dengan membawa kamera dan mendokumentasikannya. Yaps,, mereka menganggap semuanya adalah sebuah permainan dan tipuan, itu sampai mereka benar-benar melihat sosok Troll raksasa yang dimaksud.

Film found footage  yang satu ini memang tidak berbahasa inggris. Pasalnya ini adalah film asal Norwegia. Pula, film ini memang mengangkat legenda Norwegia tentang sosok “Troll” yang merupakan sosok raksasa yang hidup di hutan maupun gunung.

Namun jujur, untuk seukuran film found footage CGI nya mantap broo.

5. As Above So Below (2014)

Arkeolog Scarlett Marlowe (Perdita Weeks) telah mengabdikan seluruh hidupnya untuk mencari dan mencoba menemukan salah satu harta terbesar dalam sejarah: Batu Bertuah Flamel. Menurut legenda, artefak tersebut dapat memberikan kehidupan abadi dan mengubah logam apa pun menjadi emas. Ketika dia mengetahui bahwa batu itu tersembunyi di bawah tanah di Catacombs of Paris, dia mengumpulkan kru untuk memandu dan mendokumentasikan misi bersejarahnya. Saat mereka mulai turun, yang menunggu mereka di dalam adalah mimpi buruk yang tidak terbayangkan.

Film found footage ini mengambil latar di Paris Catacombs, yaitu sebuah kuburan bawah tanah yang menyimpan setidaknya 6 juta kerangka tulang warga paris zaman dahulu. Merupakan tempat yang disebut “The Land Of The Dead” atau Tanah kematian.

Cara mudah menjelaskan film ini adalah; Pencarian Harta karun berubah petaka. Penasaran? Silahkan di tonton.

6. Blair Witch Projet (1999)

Film found footage yang satu ini menceritakan kisah tiga siswa jurusan perfilman (Heather Donahue, Joshua Leonard, Michael C. Williams) yang melakukan perjalanan ke kota kecil untuk mengumpulkan rekaman dokumenter tentang sosok yang disebut Penyihir Blair (The Blair Witch), seorang pembunuh lokal legendaris.

Selama beberapa hari, para siswa mewawancarai warga kota dan mengumpulkan petunjuk untuk mendukung kebenaran cerita tersebut. Namun proyek tersebut berubah menjadi menakutkan ketika para siswa tersesat di hutan dan mulai mendengar suara-suara yang mengerikan.

Banyak yang bilang kalau film ini adalah pionir dari genre-genre found footage yang datang di tahun-tahun berikutnya. Itulah kenapa film ini cukup terkenal di kalangan penikmat Horor.

Jika belum nonton, silahkan ditonton. Jika sudah, mungkin admin akan merekomendasikan Sequel dari Blair Witch Project yaitu : Book Of Shadow: Blair Witch 2 (2000) kemudian Blair Witch (2016)

7. The Taking Of Deborah Logan (2014)

Film ini menceritakan tentang seorang mahasiswa kedokteran bernama Miya, beserta para crew filmnya yang mendokumentasikan seorang wanita tua (Deborah Logan) yang mengidap penyakit Alzheimer’s. Kedatangan Miya di rumah wanita tua tersebut disambut oleh anaknya Sarah.

Awalnya, mereka melakukan dokumentasi tersebut demi alasan penelitian medis semata, namun siapa sangka, seiring berjalannya waktu, penyakit yang diderita oleh Deborah Logan diketahui merupakan sesuatu yang lebih dari sekedar Alzheimer’s.

Jika kalian tidak tau, Penyakit Alzheimer’s adalah penyakit otak yang mengakibatkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan bicara, serta perubahan perilaku secara bertahap. Kondisi ini banyak ditemukan pada orang-orang di atas 65 tahun.

Kisah ini akan berkisar kepada wanita tua bernama Deborah Logan dan segala keanehannya. Tonton sendiri.

8. Cloverfield (2008)

Tatkala sekelompok warga New York tengah mengadakan pesta perpisahan untuk seorang teman lama, mereka tidak tahu bahwa mereka akan segera menghadapi malam paling menakutkan sepanjang hidup mereka. Makhluk raksasa mengerikan turun ke atas kota, membawa kehancuran dan kematian. Dengan menggunakan kamera video genggam, rekaman perjuangan untuk bertahan hidup tatkala New York runtuh pun dipertontonkan.

Cloverfield adalah film found footage yang termasuk High Budget. Dan merupakan proyek dari studio besar. Jadi, sudah bisa dipastian bahwa Visual Effect yang akan ditampilkan juga merupakan kualitas tinggi.

Semenjak ditayagkan pada tahun 2008, dengan banyak feedback positif dari para menonton, dunia Cloverfield juga berkembang dengan lahirnya film Kedua dan ketiganya. 10 Cloverfield Lane dan Cloverfield Paradox.

Namun jangan mengharapkan style yang sama untuk kedua film lanjutannya,  pasalnya film 10 Cloverfield Lane dan Cloverfield Paradox bukan termasuk film found footage. Meskipun begitu, ceritanya tetap seru kok dalam membangun koneksi diantara franchise ini.

9. The Pyramid (2014)

Film found footage The Pyramid meneritakan tentang seorang Reporter wanita (Christa-Marie Nicola) yang meliput pasangan Ayah-Anak arkeolog, Miles (Denis O'Hare) dan Nora Holden (Ashley Hinshaw). Dalam liputan tersebut, diceritakan bahwa penggalian arkeoligis di tanah Mesir barusaja menemukan piramida berstruktur unik yang telah terkubur di bawah gurun selama 5.000 tahun.

Terlepas dari setiap pertanda buruk yang terjadi selama penggalian, para Arkeolog tersebut tetap ingin memeriksa bagian dalam piramida demi tujuan akademis. Hal yang menanti mereka di dalam situs kuno tersebut adalah... hmm.. tonton sendiri.

Jika ada unsur yang admin sukai tentang film, salah satunya pasti unsur arkeologis. Mencoba meneliti sejarah yang tidak dipahami dan menemukan hal yang lebih tidak dipahami lagi. Selebihnya, silahkan tonton sendiri The Pyramid.

10. Willow Creek (2013)

Willow Creek menceritakan sepasang kekasih bernama Jim dan Kelly, yang melakukan perjalanan camping ke kawasan hutan bernama Willow Creek untuk menyusuri jejak dari legenda Lokal; Big foot.  Menggunakan sebuah kamera genggam, setiap perjalanan mereka didokumentasikan.

Yah begitulah.

Premis dari cerita ini simple, ada sepasang kekasih, ke hutan, nyari Bigfoot. Namun Film yang satu ini berbeda dari film Trollhunter, meskipun sama-sama menceritakan folklore atau legenda setempat.

Perbedaannya mungkin film ini tidak se ‘meriah’ trollhunter dalam menampilkan sosok Legenda Lokal yang dimaksud. Meskipun begitu, suasana yang dibangun dalam mendukung alur cerita sangat mirip dengan The Blair Witch Project. Secara settingnya sama-sama di hutan.

Untuk lebih detailnya, silahkan cek sendiri filmnya.

11. The Borderlands (2013)

Setelah laporan adanya fenomena aneh yang terjadi di sebuah gereja di  pedesaan Inggris, sekelompok tim dikirim oleh Vatikan untuk melihat apakah fenomena yang dimaksud merupakan fenomena yang berhubungan dengan ‘Supranatural’

Tim yang pada awalnya skeptis dan ragu, segera mengetahui bahwa mereka mungkin telah menemukan sesuatu hal yang jauh lebih gelap dan lebih kuat daripada yang mereka bayangkan.

Film dari inggris ini tayang pada tahun 2013, dan ditayangkan di America pada tahun 2015 dengan Judul The Final Prayer. Ini adalah film found footage yang menurut admin ‘Lumayan’ bagus dari segi konsep dan alur.

Selebihnya, silahkan tonton dan nilai sendiri.

12. Gonjiam : Haunted Asylum (2018)

Film found footage  Gonjiam : Haunted Asylum adalah film horor dari Korea Selatan. Menceritakan tentang sekelompok kru film web Series yang mengunjungi Sebuah rumah sakit jiwa terbengkalai. Dalam kunjungan mereka itu, mereka melakukan Live streaming agar dapat disiarkan langsung kepada para subscriber mereka.

Yes, Secara tekhnis film ini adalah sebuah penggambaran istilah ‘melakukan apapun demi konten’

Dengan tujuan mendapatkan 1 juta penonton, eksplorasi mereka yang awalnya dikonsepkan mirip Ewing HD, berubah menjadi mirip The Conjuring tatkala mereka mendapatkan kejadian-kejadian tidak wajar tatkala mereka berada di dalam.

Yah.. Kurang lebih seperti itu premisnya. Kalau penasaran silahkan tonton sendiri. Fyi, Gonjiam adalah tempat sungguhan btw, dan memang benar-benar sebuah rumah sakit jiwa terbengkalai yang terletak di Gyonggi, Korea Selatan.

13. Noroi : The Curse (2005)

Rekomendasi film Horor found footage yang terakhir di daftar ini adalah Favorit Admin.  Horornya dapet, unsur found footage nya juga dapet. Film garapan jepang ini berhasil dinobatkan sebagai salah satu film horor jepang paling mengerikan yang pernah dibuat.

Film ini bercerita tentang Seorang jurnalis paranormal terkemuka yang bernama Kobayashi. Dia menghilang tak lama setelah menyelesaikan film dokumenternya. Setiap hal yang terjadi kepada jurnalis paranormal tersebut, semua tertuang ke dalam film dokumeternya yang terakhir berjudul ‘Noroi’ (Kalau bahasa indonesia artinya adalah Kutukan)

Di dalam film ini, kita akan diajak untuk menapak jejak Kobayashi dari awal perjalannya atas apa yang dia selidiki di dokumenter Noroi nya. Namun sebelum menonton yang ini, dikarenakan film ini memang ngerinya diluar batas normal, kalau gak siap mental mending jangan ditonton. Takutnya nanti kebawa mimpi.. Hiiy..

Demikianlah 13 rekomendasi film horor found footage yang bisa admin berikan, admin akan mengupload part 2 setelah ini, jadi kalau mau cekidot, silahkan ditunggu linknya.

Bagi pembaca sekalian yang sangat pro rating saat nonton film, sebenarnya rating itu relatif, Terkadang Rating suatu film bisa tinggi di IMDB namun bisa juga rendah di rottentomatoes, begitu juga sebaliknya. Bahkan kalau ditarik luas, banyak media rating film yang menilai film dengan suka-suka.

Itulah kenapa, kalau admin pribadi, rating tidak bisa dijadikan sebagai patokan apakah film itu bagus atau jelek. Patokan utama adalah premis, apakah dilihat dari sinopsisnya merupakan hal yang bisa kita nikmati atau tidak.

Well, apapun itu, terimakasih sudah berkunjung dan membaca 13 Rekomendasi film horor found footage, kita berjumpa di artikel-artikel selanjutnya.

13 Rekomendasi film Horor Found Footage Part 2 (Masih Proses gan)

Baca Juga :

8 Film Horor adaptasi Novel Stephen King

7 Rekomendasi Film Horor

Kasus-Kasus Unik dan Aneh

Yth Pembaca,
Mohon untuk tidak meng-copas artikel di blog ini sembarangan. Buatnya susah gan. Kalau mengutip boleh, tapi mohon sertakan sumber. Terima kasih.

0 Response to "13 Rekomendasi Film Horor Found Footage Part 1"

Post a Comment