Kasus Penampakan Jejak Kaki Iblis di Devon, Inggris.

 

Pada tanggal 8 Februari 1855, penduduk daerah Devon di Inggris terbangun oleh pemandangan salju yang baru turun. Tapi bukan curah hujan salju lah yang mengejutkan penduduk, melainkan rentetan jejak kaki yang terbentang sejauh 100 mil.

Jejak itu tertinggal disetiap sudut pemukiman, sampai ke pintu dan melintasi atap, melalui tumpukan jerami dan lebih dari 14 kaki ke dinding; jejak itu bahkan dapat ditemukan sampai ke seberang sungai Exe.

Jejak tersebut (secara penggambaran) mirip seperti jejak tapal kuda yang terbalik. Diperkirakan jejak itu dibuat oleh sesuatu yang berkaki dua dan memiliki kuku yang terbelah. Kukunya, menurut cerita, menembus salju dan hampir sampai ke tanah di bawahnya.

Orang-orang ketakutan, terutama dengan jejak yang tampaknya berhenti tepat di ambang pintu rumah mereka. Banyak yang menolak meninggalkan rumah mereka, yakin bahwa sosok Iblish la yang berkeliaran di Devon, dan tengah mencari sesuatu.

Jejak kaki tetap tidak dapat dijelaskan hingga hari ini, tetapi kepala yang lebih dingin telah menawarkan penjelasan yang lebih masuk akal. Berikut beberapa teorinya:

Kata Pastor, Itu adalah Jejak Kangguru

Sebuah Teori dikemukakan oleh seorang pendeta yang bernama R.M Musgrave. Teori ini dilontarkan untuk membantah dugaan bahwa jejak kaki tersebut berasal dari sosok iblis, mengingat Musgrave adalah seorang pendeta.

Dalam teorinya, dia mengungkapkan bahwa ada dua ekor kangguru yang terlepas dan berhasil melarikan diri. Kangguru-kangguru ini adalah milik bangsawan bernama Fische yang tinggal di Sidmouth. Fische kebetulan memiliki sebuah kebun binatang pribadi.

Pendeta R.M Musgrave pun segera mengirimkan sebuah surat kepada koran Illustrated London News untuk memberitahukan perihal teorinya ini.

Meskipun, menurut admin, sangat aneh rasanya sosok pendeta mencoba membantah keberadaan iblis. Bukannya akan lebih memperkuat kepercayaan jemaatnya kepada tuhan apabila sang pendeta bilang “Yap, bisa saja itu memang iblis, itulah kenapa kita harus rajin ke gereja dan mempererat hubungan kita dengan Kristus.”

Pada akhirnya, teori pendeta itu di debunked oleh penduduk Devon karena sebuah logika yang sederhana. Saat kangguru ‘lepas’ itu dicari, penduduk tidak menemukannya.

Bad Move Pastor... Bad Move..

Richard Owen Bilang, Itu Jejak Kaki Badger

Badger adalah sejenis hewan pengerat yang menyerupai luwak. Sir Richard Owen, yang sempat ambil bagian dalam memecahkan kasus ini, mengatakan bahwa itu adalah hewan tersebut.

Teori itu sebenarnya memecahkan masalah kenapa jejak kaki bisa ditemukan di atap-atap warga. Namun karena ada perbedaan dari segi bentuk jejak kaki, teori ini diragukan kebenarannya.

Adapun pernah dilakukan perbandingan antara jejak tersebut dengan jenis-jenis hewan pengerat maupun mamalia lain, sayangnya uji coba perbandingan tersebut tidak menghasilkan jawaban yang pasti karena selalu terkendala dengan perbedaan bentuk jejak kaki yang cukup signifikan.

Dengan habisnya ide untuk menjelaskan secara rasional, misteri itu pun ditinggalkan dan dibarkan tetap tak terpecahkan. (Sebenarnya, ada beberapa teori lain, namun teori-teori yang muncul setelahnya, akan selalu terlalu lemah atau sukar dipercaya untuk menjelaskan fenomena tersebut)

Itu Terjadi Lagi di 2009

Berpuluh-puluh tahun berlalu, tepatnya pada tahun 2009, sebuah fenomena yang sama terjadi lagi. Jejak kaki misterius itu, lagi-lagi terlihat di Devon, Inggris.

Seorang wanita Bernama Jill Wade, yang juga tinggal di Devon (namun sebelah Utara), melaporkan bahwa dia menemukan jejak kaki aneh serupa di kebunnya. Hal ini tentu saja langsung memaksa orang-orang untuk menghubungkan fenomena di kebun Jill dengan kejadian pada tahun 1855

Jejak itu, memiliki panjang 5 inci, dibuat oleh sepasang kuku (kuku binatang maksudnya), dan oleh sesuatu yang memiliki langkah antara 11 sampai 17 inci.

Ahli biologi lokal, Graham Inglis mengutarakan pendapatnya tentang jejak kaki yang ditemukan pada tahun 2009 dan mengatakan bahwa. “Jejak kaki itu aneh, tapi itu bukan jejak iblis—aku tidak percaya satan datang secara pribadi ke Devon,. Jika kau tanya aku, Aku menebak, jejak itu milik kelinci.”

In The End..

Sampai sekarang, penjelasan atas fenomena itu belum ditemukan. Terlebih lagi dibuktikan secara ilmiah. Masih banyak yang percaya kalau jejak itu adalah jejak iblis, meskipun begitu, banyak juga yang percaya bahwa itu adalah jejak hewan pengerat atau semacamnya.

Jika kau ingin tau, Ilustrasi jejaknya terlihat seperti ini. Jejak itu sudah dikonfirmasi bukan milik kuda karena jejak itu digambarkan sebagai jejak bipedal, alias milik makhluk yang berjalan dengan 2 kaki (hewan pengerat tertentu mendapat pengecualian karena mereka ada yang bergerak dengan melompat) :

Ah, mungkin saja, penjelasannya cukup sederhana dan lebih masuk akal : Itu semua hanyalah prank yang dilakukan oleh anak-anak iseng. Who Knows?

what do you think?

Baca Juga :

Tag : Misteri jejak iblis, kasus penemuan jejak misterius, jejak iblis di devon, kasus tak terpecahkan, penampakan jejak iblis

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

1 Response to "Kasus Penampakan Jejak Kaki Iblis di Devon, Inggris."

  1. Kebangetan kalo prank anak anak. Biasanya mereka ga bakal mikir sejauh itu sih (Biasanya loh ya)

    ReplyDelete