The League Of Monsters : Penampakan Mothman di West Virginia

Pada 12 November 1966, di Clendenin, Virginia Barat, sekelompok penggali kubur yang bekerja di sebuah kuburan melihat sesuatu yang aneh. Mereka menghentikan pekerjaan mereka sesaat ketika mereka menyadari sesuatu yang besar melayang di atas kepala mereka.

Itu adalah sosok besar yang bergerak cepat dari pohon ke pohon. Penggali kubur kemudian menggambarkan sosok ini sebagai "manusia coklat."

Ini adalah penampakan pertama yang dilaporkan dari apa yang akan dikenal sebagai Mothman (atau manusia ngengat), makhluk misterius yang kemudian akan menjadi berita menggemparkan di seluruh kota karena datangnya laporan kasus secara terus menerus.

“Hey! Aku melihatnya tadi malam! Dia besar, Hitam dan bersayap!”

The Legend Of The Mothman Of Point Pleasant

Hanya tiga hari setelah laporan awal para penggali kubur, di dekat Point Pleasant, Virginia Barat, sepasang kekasih mengaku melihat makhluk bersayap setinggi sekitar enam atau tujuh kaki berdiri di depan mobil mereka saat mereka parkir.

Saksi mata Roger Scarberry dan Steve Mallett mengatakan kepada surat kabar lokal, The Point Pleasant Register, bahwa makhluk buas itu itu memiliki mata merah tajam, lebar sayap 10 kaki, dan keinginan yang jelas untuk menghindari lampu mobil yang terang.

Menurut para saksi, mereka melihat makhluk ini mampu terbang dengan kecepatan luar biasa—mungkin secepat 100 mil per jam. Mereka juga mengatakan bahwa makhluk buas itu sanagat lambat saat bergerak di tanah. Para saksi itu bahkan mengaku mobil mereka sempat dikejar oleh makhluk terbang itu sebelum pada akhirnya mereka berhasil lolos.

Tentu saja The Poin Pleasant Register awalnya tidak mudah percaya begitu saja dengan cerita itu, mengingat bisa saja hal tersebut adalah bualan belaka. Namun Scarberry bersikeras bahwa penampakan itu bukanlah isapan jempol dari imajinasinya.

Dia meyakinkan surat kabar itu, "Jika Aku yang melihatnya sendiri, Aku tidak akan mengatakan apa-apa, tetapi ada empat dari kami yang melihatnya." Dia menyinggung beberapa laporan kasus sebelum dia tentang kemunculan Mothman. Yangmana memang sudah menjadi perbincangan hangat di kota baru-baru itu.

Lebih Banyak Penampakan Mothman Terjadi

Awalnya, wartawan skeptis. Mereka menggambarkan penampakan Mothman sebagai sebuah cerita seram dikalangan masyarakat saja. Tapi karena semakin banyak penampakan dilaporkan di daerah Point Pleasant selama tahun-tahun berikutnya, legenda Mothman mulai terbentuk.

The Gettysburg Times melaporkan delapan penampakan tambahan dalam rentang waktu tiga hari setelah klaim pertama. Ini termasuk dua petugas pemadam kebakaran, yang mengatakan mereka melihat "burung yang sangat besar dengan mata merah bulat."

Newell Partridge, seorang warga asli Virginia Barat, mengklaim bahwa ia melihat tampilan statis di layar televisinya pada suatu malam, diikuti oleh suara misterius di luar rumahnya. Dia pun mencoba mengecek keluar rumah untuk melihat apa yang terjadi. (kasus ini juga menilbulkan kepercayaan kalau Mothman memiliki frekwensi suara tertentu yang dapat mengacaukan gelombang statis)

Menyorotkan senter ke arah suara itu, Partridge konon menyaksikan dua mata merah yang menyerupai reflektor sepeda melihat ke arahnya.

Seorang warga bernama Partridge juga mengaku bahwa dia menengar anjingnya menggonggong keras diluar rumah pada suatu malam, sebelum akhirnya menghilang.. Sampai hari ini, beberapa masih percaya bahwa binatang buas yang menakutkan itu telah mengambil anjing Partridge,

Penjelasan Sederhana Untuk Mitos Mothman?

Robert L. Smith, seorang profesor biologi satwa liar di West Virginia University, menolak anggapan bahwa monster terbang tersebut benar-benar ada. Sebagai gantinya, dia menghubungkan penampakan itu dengan bangau bukit pasir, yangmana memiliki tinggi hampir setinggi manusia rata-rata dan memiliki daging merah cerah di sekitar matanya.

Penjelasan ini menarik, terutama mengingat sejumlah laporan awal yang menggambarkan bahwa Mothman itu terlihat "Memiliki sayap seperti burung.”

Beberapa orang juga berhipotesis bahwa makhluk itu sebenarnya adalah hewan yang bermutasi karena paparan radiasi tertentu. Mempertimbangkan bahwa di daerah West Virginia (tempat seringnya terlihat kemunculan Mothman) adalah daerah TNT—nama yang diberikan penduduk setempat untuk serangkaian bunker yang pernah digunakan untuk membuat amunisi selama Perang Dunia II.

Ada anggapan bahwa bunker-bunker ini telah membocorkan bahan-bahan beracun ke dalam habitat hewan disekitar, yang mungkin mempengaruhi hewan-hewan tersebut secara genetik.

Teori lain ada yang menjelaskan bahwa Mothman diciptakan oleh orang iseng yang menggunakan bunker-bunker di West Virginia untuk bersembunyi. Sebuah kostum sengaja dibuat untuk menakut-nakuti warga saja. (Namun teori ini dibantah oleh warga West Virginia sendiri karena penampakan Mothman terus terjadi bahkan sampai berbulan-bulan lamanya. Kalau orang iseng, iseng nya kelewatan nge prank sampe berbulan-bulan njir).

Dan kemudian ada penjelasan paranormal, kumpulan teori rumit yang menyatukan alien, UFO, dan prakognisi. Teori-teori ini menggambarkan Mothman sebagai pertanda malapetaka atau, lebih mengerikan, penyebab malapetaka.

Percaya atau tidak. Malapetaka benar-benar terjadi setelahnya.

Runtuhnya Silver Bridge

Pada tanggal 15 Desember 1967, lebih dari setahun setelah penampakan Mothman pertama Sebuah jembatan yang menghubungkan Point Pleasant, Virginia Barat, ke Gallipolis, Ohio anjlok. Menjatuhkan segenap mobil dan pejalan kaki yang ada di atasnya jatuh. Mengakibatkan 46 orang tewas.

Setelah penampakan Mothman, runtuhnya jembatan adalah hal mengerikan dan aneh yang dialami Point Pleasant dalam waktu satu tahun. Jadi tidak butuh waktu lama bagi beberapa orang untuk menghubungkan keduanya.

Pada tahun 1975, penulis John Keel menggabungkan penampakan Mothman dan bencana runtuhnya jembatan menjadi satu, saat dia membuat bukunya The Mothman Prophecies. Dia juga memasukkan aktivitas UFO dan menegaskan teorinya yang mengatakan bahwa Mothman adalah sosok dari dimensi lain.

Tak selang beberapa lama, dan kota itu segera menjadi ikon di antara ahli teori konspirasi, ahli ufologi, dan penggemar paranormal.

(Catatan : Sebenarnya runtuhnya jembatan Silver Bridge ada penjelasan tekhnisnya. Beberapa sumber yang admin baca, mengatakan kalau kecelakaan itu terjadi akibat kesalahan engineering.dan Overload sehingga mengakibatkan struktur bangunan itu roboh. Jadi kemungkinan Bahwa itu salah si Mothman adalah... well Maybe  yep.. just Maybe)

Festival Mothman Di Point Pleasant

Cerita Mothman dikalangan masyarakat nyatanya membuat West Virginia menjadi tempat yang cukup terkenal. Memanfaatkan hal tersebut, pemerintah setempat pada akhirnya membuka Point Pleasant menjadi destinasi wisata paranormal.

Penduduk setempat bahkan menggelar festival Mothman tahunan di Point Pleasant sebagai upaya menarik wisatawan. Dengan kata lain, cuan brooo.

Ketenaran Point Pleasant sebagai rumah dari Mothman yang melegenda tidak berkurang dalam beberapa dekade terakhir. Pada tahun 2002, sebuah film berdasarkan buku John Keel menghidupkan kembali minat pada Mothman.

Dalam film Mothman Prophecies, Richard Gere berperan sebagai reporter yang istrinya tampaknya telah melihat Mothman secara langsung sesaat sebelum kematiannya. Dia kemudian menemukan dirinya secara misterius di Point Pleasant beberapa tahun kemudian tanpa tahu bagaimana dia sampai di sana.

Saat beberapa penduduk setempat mengalami firasat tentang bencana yang akan datang, ada pembicaraan tentang kunjungan dari sosok misterius bernama Mothman. Film tersebut mempopulerkan citra Mothman sebagai pertanda malapetaka.

Mothman di era Modern

Adapun penampakan Mothman di masa kini sebagian besar telah menurun sejak akhir 1960-an. Tapi seringkali, beberapa cerita sempat muncul.

Pada tahun 2016, seorang pria yang baru saja pindah ke Point Pleasant melihat makhluk misterius melompat dari pohon ke pohon. Dia mengklaim kepada wartawan lokal bahwa dia tidak mengetahui legenda lokal tentang Mothman—sampai dia diduga melihat makhluk itu sendiri.

Terlepas dari penampakan ini nyata atau tidak, Mothman masih dapat dilihat di Point Pleasant hari ini dalam bentuk museum sejarah, dan juga dalam bentuk patung berlapis krom setinggi 12 kaki, lengkap dengan sayap baja besar dan batu rubi untuk mata merahnya.

Sampai hari ini, festival memperingati keberadaan Mothman juga masih berlangsung setiap tahun—perayaan menyenangkan yang menarik penduduk lokal dan turis. Digelar setiap bulan September, perayaan ini merayakan salah satu legenda lokal paling aneh di Amerika yang masih membuat orang menggaruk-garuk kepala hingga hari ini

Pertanyaan tentu saja akan terus diajukan.

Apakah Sosok Mothman itu nyata?

Baca Juga :

Pastor Riesinger dan pengusiran setan Anna Ecklund

Kisah dari Rumah No.50, Berkley Square, London

Kebenaran dibalik Russian Sleep Experiment

Tag : Mitos Mothman, Kasus Mothman, Kisah nyata Mothman, Legenda Mothman

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

1 Response to "The League Of Monsters : Penampakan Mothman di West Virginia"