Serial Killer Blacklist : Penjelasan Lengkap Kasus The Zodiac Killer

“I Like Killing People, Because its Fun.”

Pada bulan Juli 1969, sebuah surat diterima oleh Kantor Surat Kabar The San Francisco Examiner. Surat tersebut berisi kata-kata mengerikan yang ditulis dalam sebuah pesan berkode. Pengirim : Zodiac, seorang pembunuh berantai yang meneror California Utara pada akhir 1960-an dan awal 1970-an dengan kombinasi pembunuhan mengerikan dan surat-surat publik aneh yang penuh dengan ancaman, tuntutan gila, dan sandi-sandi misterius.

Orang ber alias Zodiac ini, terlah menghantui kehidupan para penegak hukum, pemecah kode profesional, dan kriminolog selama hampir lima dekade. Zodiac meng-klaim bahwa dia telah membunuh setidaknya 37 korban. Setelah mengejek polisi dan publik dengan surat-surat miliknya, dia pada akhirnya menghilalang di akhir 1970-an.

Apa yang akan anda baca dibawah ini, adalah linimasa kasus secara menyeluruh dari pembunuhan pertama sampai menghilangnya Zodiac.

Pembunuhan di Santa Barbara

Robert Domingos dan tunangannya Linda Edwards adalah alumni di Lompoc High School di Santa Barbara County di California Selatan. Pada hari Selasa di awal Juni 1963, pasangan itu memutuskan untuk berjemur di pantai dekat Taman Negara Bagian Gaviota.

Ketika kedua remaja itu tidak pulang ke rumah pada hari Rabu, ayah Robert pergi ke pantai dan harus menahan keterkejutan karena menemukan mayat mereka terbaring bersama di dalam sisa-sisa gubuk yang runtuh.

Mereka, diikat dengan tali (tampaknya mencoba melarikan diri), sebelum pada akhirnya ditembak dan dibunuh dengan senjata kaliber .22. Robert ditembak 11 kali dan Linda ditembak sembilan kali. Pembunuh itu kemudian menyeret mayat-mayat itu ke gubuk di mana dia mencoba membakar gubuk tersebut namun nampaknya gagal.

Penyelidik memiliki sedikit petunjuk tetapi, pada tahun 1972 (9 tahun setelah pembunuhan), departemen Sheriff Santa Barbara County mengumumkan kemungkinan kasus ini adalah karya Zodiac. Pembunuhan di pantai tersebut menggunakan amunisi Winchester Western Super X, amunisi yang sama yang kemudian akan digunakan oleh Zodiac selama pembunuhan tahun 1968 di Lake Herman Road.

Kasus Domingos/Edwards juga memiliki kemiripan dengan serangan Zodiac yang akan terjadi terhadap pasangan muda lainnya di Danau Berryessa pada tahun 1969.

Pembunuhan di Riverside, California (kemungkinan Zodiac)

Cheri Josephine Bates yang berusia delapan belas tahun tinggal bersama ayahnya Joseph dan merupakan mahasiswa di Riverside City College di Riverside, California.

Pada tanggal 30 Oktober 1966, dia meninggalkan catatan yang berbunyi, “Ayah, Aku  pergi ke perpustakaan RCC.” Keesokan paginya, Volkswagen Beetle-nya ditemukan ditinggalkan di tempat parkir perpustakaan, sementara mayatnya ditemukan tergeletak di antara dua rumah tak jauh dari perpustakan tersebut.

Dia telah ditikam beberapa kali dan tenggorokannya digorok. Polisi menemukan jam tangan Timex pria di TKP, jejak sepatu bot militer dan beberapa helai rambut berlumuran darah di tangan korban. Dompet Cheri Jo masih utuh, dan otopsi mengungkapkan tidak ada bukti kekerasan seksual.

Satu bulan setelah pembunuhan itu, surat kabar lokal dan departemen kepolisian menerima surat-surat yang diketik berjudul "Pengakuan" dari seseorang yang mengaku sebagai pembunuhnya. Penulis menulis, “Nona Bates bodoh. Dia pergi ke pembantaian seperti anak domba,” dan menambahkan, “Saya tidak sakit. Saya gila."

Pada bulan April 1967, surat kabar, polisi dan Joseph Bates menerima surat tulisan tangan yang hampir identik yang berbunyi, “Bates harus mati. Akan ada lebih banyak lagi.” Catatan itu ditandatangani dengan simbol yang menyerupai huruf "Z."

Pada tahun 1969, polisi Riverside menghubungi penyelidik di California Utara mengenai kesamaan antara kejahatan Zodiac dan pembunuhan Cheri Jo Bates. Sherwood Morrill, pemeriksa dokumen untuk Departemen Kehakiman California, saat itu menyimpulkan bahwa Zodiac bertanggung jawab atas catatan yang terkait dengan kasus ini.

Koneksi pembunuhan Riverside dengan Zodiac, kemudian diungkapkan kepada publik oleh Paul Avery, reporter The San Francisco Chronicle. Zodiac kemudian mengirim surat ke The Los Angeles Times yang membenarkan teori bahwa dia telah membunuh Cheri Jo Bates.

Zodiac menulis, "Aku harus memberi mereka pujian karena mereka (para polisi) berhasil menemukan karyaku di Riverside. tetapi yang itu hanyalah karya kecil, masih banyak lagi di luar sana."

Bertahun-tahun kemudian, polisi Riverside menolak teori Zodiac dan berfokus kepada motif yang lebih rasional bahwa Cheri Jo Bates dibunuh oleh mantan kekasih lamanya yang diputus hubungannya secara sepihak.

Pada akhir 1990-an, polisi memperoleh sampel DNA mantan kekasih Cheri Jo Bates untuk dibandingkan dengan DNA yang diambil dari rambut yang ditemukan di tangan korban pada 1966. DNA tersebut tidak cocok.

Pembunuhan di Benica

Lima hari menjelang Natal, siswa sekolah menengah Betty Lou Jensen dan David Faraday berangkat pada kencan resmi pertama mereka bersama-sama. Mereka berjanji kepada orang tua Betty Lou bahwa mereka akan pulang sebelum pukul 23:00.

Malam itu, pengendara yang lewat melihat sebuah mobil rambler yang diparkir di tempat jalur pacaran di sepanjang Lake Herman Road di Benicia, California.

Beberapa saat kemudian, pengemudi lain melihat dua mayat yang nampaknya tak bernyawa di sisi jalan. Polisi Benicia sekitar daerah langsung menuju tempat kejadian dan menemukan Betty Lou tewas, dengan lima luka tembak di punggungnya. David ditemukan terduduk di mobil Rambler dengan luka tembak di kepalanya, masih bernapas tetapi hampir mati.

Lubang peluru di atap mobil dan jendela belakang menunjukkan bahwa si pembunuh mungkin telah melepaskan tembakan peringatan untuk memaksa para korban keluar dari kendaraan.

Selongsong peluru yang ditemukan di TKP mengidentifikasi amunisi sebagai Winchester Western Super X berlapis tembaga. Bukti lain menunjukkan bahwa si pembunuh menggunakan kaliber .22, kemungkinan pistol semi-otomatis J.C. Higgins Model 80.

Penyelidik percaya bahwa kedua remaja itu kemungkinan adalah target acak yang dibunuh oleh orang asing untuk alasan yang tidak diketahui.

Pembunuhan di Vallejo

Darlene Ferrin yang berusia dua puluh dua tahun adalah seorang istri, ibu, dan waiters favorit pelanggan di restoran Vallejo.

Pada malam tanggal 4 Juli, dia menjemput temannya Michael Mageau dan memarkirkan mobil Corvairnya di tempat parkir Blue Rock Springs Park. Saat mereka ada disana, mereka melihat sebuah mobil datang dan ikut parkir sekitar tengah malam sebelum akhirnya pergi dan kembali lagi. Di tempat itu, hanya ada 2 mobil, milik Darlene yang mereka tumpangi dan milik orang asing itu.

Tanpa peringatan, Pengemudi asing itu keluar dari mobil, menyinari cahaya terang dan menembaki mobil Darlene dengan pistol 9mm. Michael tertembak di rahang, bahu dan kaki; Darlene dipukul beberapa kali.

Pada pukul 12:40, dalam sebuah telepon yang kemudian dilacak dan berasal dari telepon umum pompa bensin, seorang pria menelepon departemen kepolisian Vallejo dan mengaku bertanggung jawab atas penembakan serta pembunuhan di Lake Herman Road (kasus sebelumnya)

Menurut petugas operator polisi, penelepon berbicara dengan suara rendah dan monoton, mengatakan: “Aku ingin melaporkan pembunuhan. Jika kau pergi satu mil ke timur menuju Columbus Parkway, kau akan menemukan dua remaja berada di dalam mobil cokelat. Mereka ditembak dengan Luger 9 milimeter. Aku juga membunuh remaja ‘itu’ tahun lalu. Selamat tinggal"

Saat para korban ditemukan. Darlene meninggal saat tiba di rumah sakit, sementara Michael selamat. Penyidik ​​tidak dapat mengidentifikasi tersangka karena keterangan Michael tidak memberikan petunjuk.

Pasca kejadian ini, empat rentetan surat dikirim oleh orang misterius ke berbagai macam kantor surat kabar :

  • Surat kepada Vallejo Times-Herald, cap pos 31 Juli 1969. Penulis mengklaim bertanggung jawab atas dua penembakan (Kasus Vallejo dan Benica) dan memberikan rincian tentang para korban, senjata, jumlah tembakan dan merek amunisi.
  • Surat untuk The San Francisco Chronicle, cap pos 31 Juli 1969. Ini adalah surat yang berisi sebuah sandi-sandi misterius. Penulis menuntut penerbitan surat-surat dan sandi sebelum Jumat, 1 Agustus.
  • Surat kepada The San Francisco Examiner, cap pos 31 Juli 1969. Penulis mengancam akan membunuh lagi jika surat kabar tidak menerbitkan sandi yang sudah dia kirimkan, di dalam sandi yang dimaksud, setelah dipecahkan terdapat kata-kata, “Saya suka membunuh orang karena sangat menyenangkan.”
  • Surat tiga halaman yang diterima oleh penyidik kasus pada tanggal 4 Agustus 1969 Dikirim sebagai tanggapan kepada polisi yang meminta konfirmasi dan bukti untuk membuktikan penulis benar-benar melakukan pembunuhan, ini adalah penggunaan pertama nama "Zodiac."

Pembunuhan di Danau Berryessa

Pada hari Sabtu di akhir September, mahasiswa Bryan Hartnell dan Cecelia Shepard sedang bersantai di sepanjang tepi Danau Berryessa, sekitar 30 mil di utara Napa, California.

Di depan mereka, seorang pria muncul memegang pistol dan memakai jaket bertudung. Menjelaskan bahwa dia telah melarikan diri dari penjara dan membutuhkan uang dan mobil untuk melarikan diri ke Meksiko,

Pasangan itu tidak bisa merespon karena hal yang mereka tau selanjutnya, mereka langsung diserang dan diikat oleh orang asing itu. Dia mengikat pergelangan tangan mereka dengan tali jemuran plastik yang sudah dipotong sebelumnya. Tanpa peringatan, dia langsung menusukkan pisau besar ke punggung Bryan enam kali. Dia kemudian menikam Cecelia 10 kali saat dia mencoba meloloskan diri.

Pria itu kemudian berjalan ke mobil Bryan, dan menggunakan pena dan kertas untuk menuliskan sesuatu. "27 September 1969, Pukul 06:30, menggunakan pisau." Sebelum meninggalkan catatan tersebut dan pergi dari tempat itu.

Pada 19:40 hari yang sama, seorang pria menelepon departemen kepolisian Napa untuk melaporkan pembunuhan ganda. Penelepon menggambarkan ciri-ciri mobil Bryan, dan langsung mengarahkan polisi ke TKP. Dalam panggilan itu, sang pria menambahkan “Akulah pelakunya.”

Polisi melacak panggilan itu dan menemukan bahwa panggila itu dilakukan dari telepon umum di tempat cuci mobil di Napa. Cecelia meninggal dua hari kemudian, tetapi Bryan selamat.

Pembunuhan di San Fransisco

Paul Stine, seorang mahasiswa dan suami berusia 28 tahun, bekerja sebagai sopir taksi di San Francisco. Malam itu, Stine tengah mengantar penumpang menuju tujuan di komplek perumahan kelas atas di Presidio Heights.

Di persimpangan Washington dan Cherry Streets, penumpang itu menembak kepala Stine. Pria itu pergi tepat sebelum polisi tiba, tetapi siaran radio polisi secara keliru menggambarkan tersangka sebagai pria kulit hitam, dan petugas yang berpatroli membiarkan pergi seorang pria kulit putih yang mirip dengan deskripsi yang benar.

Sidik jari yang ditemukan di dalam mobil taksi diperkirakan mungkin milik si pembunuh, dan sketsa kemudian dibuat berdasarkan deskripsi yang diberikan oleh saksi mata.

Kasus ini dianggap sebagai perampokan rutin biasa sampai kantor The San Francisco Chronicle menerima amplop berisi surat dari The Zodiac. Surat itu dimulai dengan kalimat, "Aku lah yang membunuh si sopir taksi."

Amplop itu juga berisi robekan kemeja Paul Stine yang berlumuran darah (sengaja disobek saat pembunuhan terjadi). Zodiac membantah dia meninggalkan sidik jari dan mengklaim sketsa tersangka yang dibuat polisi tidak akurat karena dia memakai penyamaran.

Pasca kejadian itu, Rentetan Surat dari Zodiac pun kembali berdatangan :

  • Surat untuk The San Fransisco Chronicle, cap pos 13 Oktober 1969. Penulis mengejek polisi karena gagal menangkapnya dan mengancam akan menembak anak-anak di  sebuah bus sekolah. Amplop itu berisi robekan baju bernoda darah milik korban Paul Stine.
  • Surat untuk The San Fransisco Chronicle, cap pos 8 November 1969, berisi robekan lain dari kemeja Paul Stine, kartu ucapan lucu, dan sandi lain yang terdiri dari 340 simbol. Penulis menambahkan, “Des Juli Agustus Sept Okt = 7,” kemungkinan adalah total pembunuhan yang sudah dia lakukan di bulan-bulan tersebut. Pembunuhan yang tidak ditemukan mungkin juga dimaksud.
  • Surat tujuh halaman untuk The San Fransisco Chronicle, cap pos 9 November 1969. Pesan terpanjang dari Zodiac mengklaim bahwa polisi menghentikannya di dekat TKP tetapi membiarkannya pergi. Zodiac juga menyertakan resep bom dan diagram bahan peledak.
  • Surat yang ditujukan kepada pengacara terkenal Melvin Belli, cap pos 20 Desember 1969. Penulis takut dia akan membunuh lagi dan meminta Belli untuk menjadi mediator. Surat itu berakhir dengan kalimat, "Tolong bantu Aku, aku takut aku tidak akan mampu mengendalikan diriku lebih lama lagi."

Pembunuhan di Modesto Area (kemungkinan Zodiak)

Pada hari Minggu di akhir Maret, Kathleen Johns yang berusia 22 tahun membawa putrinya yang masih bayi ke dalam mobil station wagon dan meninggalkan San Bernardino, California untuk mengunjungi ibunya yang sakit di Petaluma. Kathleen kala itu tengah hamil tujuh bulan dan tengah mengandung anak dari mantan pacarnya.

Saat dia melakukan perjalanan di Highway 132 dekat Modesto, kendaraan lain tiba-tiba melaju di samping mobil station wagon milik Kathleen dan pengemudinya tampak memberi isyarat bahwa Kathleen harus menepi. Karena mengira orang itu butuh bantuan, Kathleen pun menepi.

Di sisi jalan, pengemudi menjelaskan bahwa roda belakang mobil station wagon Kathleen longgar dan terlihat akan lepas, dia kemudian menawarkan untuk mengencangkan murnya dengan cepat detik itu juga demi keselamatan Kathleen dan kandungannya, serta bayi yang dia bawa. Kathleen menyetujuinya.

Tentu saja roda yang tidak bermasalah itu nyatanya malah dengan sengaja dilonggarkan murnya oleh si orang tak dikenal ini. Kathleen tidak menyadari hal tersebut bahkan sampai dia kembali mengemudi di jalan raya.

Alhasil, ban Kathleen benar-benar lepas dan mobilnya terperosok ke pinggiran jalan dan menabrak pohon. Meskipun begitu, Kathleen dan anaknya tidak apa-apa.

Pria itu kembali menepi dan berpura-pura membantu mereka. Dia mengatakan bahwa masalah di ban Kathleen nampaknya lebih serius dari yang dia kira. Pria itu kemudian menawarkan untuk mengantar Kathleen ke pom bensin terdekat. Dengan ragu, Kathleen setuju. Mereka pun melanjutkan perjalanan menggunakan mobil si orang asing tersebut.

Dalam mobil orang asing ini, tidak ada percakapan apapun. Dan kesunyian itu malah memberikan waktu bagi Kathleen untuk melogikakan kecelakaan yang barusaja dialaminya. Setelah otaknya berkesimpulan kalau orang ini lah yang menyabotase bannya, raut wajah Kathleen langsung berubah. Yap, Kathleen pasti tidak akan diantar ke pom bensin.

Orang itu yang melihat raut wajah Kathleen berubah, langsung meruntuhkan setiap aktingnya. Dia kemudian mengatakan akan menyakiti bayi Kethleen apabila dia melakukan hal yang aneh-aneh.

Untungnya Kathleen adalah Ibu yang berani mengambil resiko. Dengan cepat, dia memeluk bayinya erat dan melompat keluar mobil yang tengah melaju itu. Mengabaikan memar dan goresan karena aspal, dia pun mencegat mobil lain dan meminta tolong.

Seorang pengemudi yang lewat dan berhenti lantas membawa Kathleen ke kantor polisi terdekat di mana dia melaporkan apa yang terjadi. Saat Kathleen disuruh untuk mendeskripsikan wajah pelakunya, Sketsanya sangat mirip dengan sketsa Zodiac yang digambar polisi.

Beberapa bulan kemudian, sebuah surat yang dikirim oleh Zodiac menyebutkan tentang "perjalanan yang agak menarik" dengan seorang wanita dan bayinya.

  • Surat untuk The San Fransisco Chronicle, cap pos 20 April 1970. Diantara surat itu, didalamnya termasuk: 13 simbol sandi dan diagram bom yang dirancang untuk membunuh anak-anak di bus sekolah. Zodiac membantah bertanggung jawab atas pemboman kantor polisi baru-baru ini yang menewaskan seorang petugas.
  • Surat untuk The San Fransisco Chronicle, cap pos 26 Juni 1970, berisi peta San Francisco Bay Area dengan lingkaran silang di puncak Gunung Diablo dan kode untuk menemukan bom Zodiac. Penulis mengklaim dia membunuh lagi.
  • Surat untuk The San Fransisco Chronicle, cap pos 24 Juli 1970. Zodiac mengklaim bahwa dia bertanggung jawab atas kegagalan penculikan ibu hamil Kathleen Johns pada 22 Maret
  • Surat lima halaman untuk The San Fransisco Chronicle, cap pos 26 Juli 1970. Zodiac menggambarkan penyiksaan terhadap korbannya. Surat itu juga menjelaskan bahwa sandi yang dia kirim bersamaan dengan peta Gunung Diablo lalu, berkaitan dengan sudut geometris yang dikenal sebagai "radian."

Pembunuhan Danau Tahoe (kemungkinan Zodiak)

Sebuah kartu pos yang dikaitkan dengan Zodiac menampilkan iklan untuk proyek kondominium di Lake Tahoe, Nevada. Dalam kartu pos tersebut, terdapat kalimat “Lewati area Danau Tahoe” dan “Carilah Korban ke 12.”

Beberapa menafsirkan pesan itu merupakan petunjuk dari hilangnya Donna Lass yang berusia 25 tahun, pada Mei 1970.

Donna bekerjadi Rumah Sakit Umum Letterman, yang terletak di pangkalan militer Presidio dekat daerah di mana Zodiac membunuh seorang sopir taksi. Kemudian, Donna pindah ke timur laut ke South Lake Tahoe dan mendapatkan pekerjaan sebagai perawat untuk Sahara Hotel and Casino.

Pada tanggal 6 September 1970, Donna menghilang beberapa saat setelah absen terakhir di buku catatan pekerjaannya pada pukul 1:50 pagi. Mobilnya kemudian ditemukan ditinggalkan di dekat apartemennya.

Menurut beberapa saksi, seorang pria tak dikenal menelepon boss Donna, mengklaim bahwa Donna harus meninggalkan kota karena keadaan darurat keluarga. Sedangkan, keluarga Donna mengatakan kepada pihak berwenang bahwa tidak ada keadaan darurat seperti itu, dan pria misterius itu tidak pernah diidentifikasi.

Penyelidik menduga Donna telah diculik dan dibunuh, tetapi tubuhnya tidak pernah ditemukan. Hilangnya dia tetap menjadi misteri. Kartu pos yang dijelaskan diatas, membuat nama Donna ditambahkan ke daftar panjang kemungkinan korban Zodiac.

Ada pula kartu-kartu lain yang ditemukan yang diduga memiliki hubungan dengan Zodiac

  • Sebuah Kartu Halloween dikirim ke reporter The San Fransisco Chronicle Paul Avery, cap pos 27 Oktober 1970. Penulis salah mengeja nama Avery sebagai "Averly," di dalam kartu tersebut terdapat tulisan "4-teen" yang ditafsirkan sebagai kemungkinan referensi ke korban ke-14 yang tidak dikenal.
  • Surat yang ditujukan kepada The Los Angeles Times, cap pos 13 Maret 1971. Di dalamnya, Zodiac mengatakan bahwa dia bertanggung jawab atas pembunuhan Cheri Jo Bates yang belum terpecahkan di dekat Riverside City College pada 30 Oktober 1966.
  • Kartu pos yang dikirim ke Reporter The San Fransisco Chronicle Paul Avery, cap pos 22 Maret 1971. Penulis sekali lagi salah mengeja nama Avery sebagai “Averly.” Ungkapan, "Carilah Korban ke 12," ditafsirkan sebagai referensi hilangnya Donna Lass di Lake Tahoe, Nevada.

Hilangnya The Zodiac Killer

Pasca rentetan surat dan rentetan pembunuhan yang tidak terpecahkan, polisi pun mulai kehilangan semangat. Namun entah karena kebetulan apa, disaat polisi benar-benar buntu, malah sosok Zodiac tidak terlihat selama beberapa saat.

Selama beberapa waktu, sosok Zodiac benar-benar hilang tak ada kabar. Bahkan pembunuhan baru pun tidak ditemukan. Hilangnya si Zodiac bahkan membuat para penegak Hukum mengira bahwa Zodiac mungkin mati karena dibunuh orang lain atau mati terkena penyakit entah apa..Pokoknya, dia mati.

Ketenangan itu berjalan hingga 2 tahun, sebelum akhirnya sebuah penemuan, mengarahkan polisi ke Albany, New York.

Sebelumnya, Kantor surat kabar Albany Times Union menerima sebuah amplop berstempel pos 1 Agustus 1973, di amplop itu, terdapat simbol si Zodiac di covernya. Alamat pengirim tidak diketahui.

Surat itu berbunyi, “KAU SALAH! AKU TIDAK MATI ATAU SEDANG KOMA DI RUMAH SAKIT! AKU MASIH HIDUP DAN SEHAT, DAN AKU AKAN MULAI MEMBUNUH LAGI. DI BAWAH INI ADALAH NAMA DAN LOKASI KORBAN-KORBANKU BERIKUTNYA

NAMUN SEBAIKNYA KALIAN BERGEGAS, KARENA AKU AKAN MEMBUNUH DIA PADA TANGGAL 10 AGUSTUS SEBELUM JAM 5:00 SORE, SAAT PERGANTIAN SHIFT. KUAKUI ALBANY ADALAH KOTA YANG MENYENANGKAN.”

Di bawah pesan, penulis menyertakan tiga simbol yang merupakan sebuah kode. Menurut laporan FBI, kode itu memiliki arti. “Albany Medical Center. Ini hanyalah permulaan."

Ada serangkaian kematian pada tanggal itu di Albany Medical Center, namun kematian tersebut adalah kematian alami orang-orang yang sakit. Para Polisi tidak percaya bahwa salah satu kematian orang-orang yang dirawat di rumah sakit pada hari itu, merupakan hasil pembunuhan Zodiac.

Pasca kejaian itu, Beberapa surat lain yang dianggap berkaitan dengan Zodiac muncul beberapa kali.

  • Surat Untuk The San Fransisco Chronicle, cap pos 29 Januari 1974. Penulis menyinggung kemungkinan bunuh diri. Dibawahny, ada sebuah catatan “Aku – 37, SFPD – 0” diiartikan sebagai ‘kotak skor’ yang menunjukkan 37 korban.
  • Kartu pos untuk The San Fransisco Chronicle, cap pos 14 Februari 1974. Penulis memberitahukan tentang SLA, atau Symbionese Liberation Army. Ia bilang bahwa nereka adalah komplotan gerilyawan yang bertanggung jawab atas penculikan pewaris surat kabar Patty Hearst. Pesan ini ditulis, tertanda, "seorang teman."
  • Surat untuk The San Fransisco Chronicle, cap pos 8 Juli 1974. Penulis mengeluh bahwa penulis artikel di Chronicle yang bernama “Count” Marco Spinelli menderita “gangguan psikologis serius” dan harus dikirim “kembali ke lubang neraka.” Surat ini ditandatangani, "Phantom Merah."

Itu adalah masa-masa terakhir sebelum sosok Zodiac ini tidak pernah terengar lagi kabarnya. Sampai saat ini, polisi belum mampu memecahkan kasus ini, dan identitas dari pelaku masih tidak diketahui.

Epilogue

Yah mungkin si Zodiac Pensiun kali yak? Setelah sekian tahun bermain-main dengan polisi, akhirnya sampai pada masa jenuh juga. Maksud admin, semisal kita main game apa gitu, lama-lama bosen juga kan. Apalagi kalau lawannya noob.

Bukan berarti merendahkan para polisi yang menangani kasusnya lho ya. Lagian kasus ini merupakan salah satu kasus paling legendaris  sepanjang sejarah. Admin yakin penanganan kejahatan pada masa itu lebih sulit dibanding masa sekarang. Terlebih jaman dahulu, tidak ada yang namanya jejak digital.

Zaman sekarang mah, ada orang ngehina siapa gitu.. di search sekali di google, lah lagsung ketemu wajahnya si bangst. Gak sampe 1 hari, eh tau tau langsung ketangkep polisi dimintai keterangan.

Apapun itu, Zodiac adalah sebuah kasus yang mengerikan sekaligus menarik untuk dibahas. Terlebih lagi, mendiskusikan teori-teori yang ada di dalam kasusnya.

Dahlah, bye.

(Sketsa The Zodiac Killer yang dirilis Polisi)

Baca Juga :

Serial Killer Blacklist : Kasus Pembunuhan Berantai Jack The Ripper

Kasus Inspektur Kesehatan, Perampokan yang berujung pembantaian

Kasus Tylenol, Racun Sianida yang dengan sengaja ditambakan di obat pereda sakit

Tag : Penjelasan Lengkap Zodiac Killer, Kasus Pembunuhan berantai Zodiac, Kisah Legenda Zodiac Killer, Kasus Zodiac

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

2 Responses to "Serial Killer Blacklist : Penjelasan Lengkap Kasus The Zodiac Killer"

  1. Kalo gue ga salah ini ada filmnya kan?
    Entahlah. Film misteri pembunuhan unsolved yg gue tau cuma Memories of Murder (Itupun aslinya solved 2019 kemarin).

    ReplyDelete
    Replies
    1. film zodiac ada gan, yang main Jake Gylenhaal sama Mark Ruffalo.

      Delete