Pastor Riesinger dan Kasus Pengusiran Setan Anna Ecklund

Ini adalah kisah eksorsisme abad ke-20, yang telah mengilhami banyak film film horor. Kasus Anna Ecklund merupakan kasus yang dianggap sebagai salah satu eksorsisme paling terkenal di  Amerika Serikat. Bahkan saking terkenalnya, kisahnya menginspirasi film Horor yang berjudul “The Exorcism Of Anna Ecklund” yang rilis pada tahun 2016.

Kisah dari Eksorsisme yang terjadi pada Anna Ecklund pertama kali didokumentasikan dalam sebuah buku yang berjudul: Begone Satan! yang Ditulis pada tahun 1930-an oleh seorang bernama Carl Vogl, yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Celestine Kapsner pada tahun 1973.

Tatkala cetakan Inggris dari cerita tersebut keluar, cerita Eksorsisme tersebut langsung mendapat perhatian luas oleh masyarakat Amerika Serikat.

Anna Sebagai Seorang Anak

Menariknya, Anna Ecklund sepertinya bukan nama asli dari tokoh yang dibahas. Emma Schmidt adalah dugaan nama asli Anna. Nama samaran diyakini digunakan untuk melindungi identitas tokoh asli pasca pengusiran setan pertama.

Sedikit yang diketahui secara pasti tentang kehidupan awal Anna Ecklund. Ia lahir pada tahun 1882 di Marathon, Wisconhin, Amerika Serikat. Ibunya diyakini telah meninggal pada tahun 1890, meninggalkannya dengan ayah yang kasar dan alkoholik. Meskipun begitu, Anna adalah seorang yang religius dan rajin pergi ke gereja secara teratur. (Sebelum pada akhirnya pada umur 14 tahun mulai berhenti berangkat ke gereja)

Berhentinya Anna berangkat ke gereja bukan tanpa alasan. Pasalnya dia mengaku bahwa tatkala dia memasuki gereja, dia mulai merasakan perasaan perasaan marah yang tidak dia ketahui kenapa. Mendengarkan khutbah gereja akan membuat dia memikirkan hal-hal yang sadis dan tidak manusiawi. Otaknya terus berpemikiran negatif dan selalu muncul hasrat untuk merusak hal hal yang berbau religius.

Mendengar permasalahan ini, seorang didatangkan untuk berkonsultasi dengan Anna. Pastor Theophilus Riesinger. Berharap bahwa pemikiran-pemikiran tersebut hanyalah bentuk dari batin Labil Anna sebagai seorang remaja.

Theophilus Riesinger

Theophilus Riesinger sendiri lahir di Jerman pada tahun 1868. Pada usia dua puluh, ia bergabung dengan Caphucins, sebuah Organisasi Perkumpulan Pendeta Fransiskan yang didirikan pada abad ke-16. Capuchins memiliki paham yang cukup fanatik terhadap organisasi mereka sendiri, yang mana meyakini bahwa seorang pendeta harus miskin dan hanya bergantung kepada Doa.

Theophilus Riesinger bermigrasi ke Amerika Serikat dan mendapatkan pelatihan Alkitab di New York , sebelum pindah ke Wisconsin pada tahun 1912.

Tahun 1912 itulah dia bertemu Anna. Dan tidak lama setelah melakukan sesi konsultasi dengan Anna. Pastor Riesinger langsung melakukan upacara eksorsisme pertamanya.

Upaya pengusiran setan tersebut terbilang Sukses, karena tidak lama setelah Itu. Anna akhirnya mampu kembali ke dirinya yang lama dan tidak ada masalah lagi untuk pergi ke gereja.

Semenjak saat itu pula, reputasi Pastor Riesinger menanjak. Keberhasilannya menyembuhkan Anna merupakan berita besar. Semenjak saat itu, dia berhasil melakukan 19 upacara pengusiran setan kepada bermacam-macam golongan tanpa kegagalan satupun. Dan dalam waktu singkat, dia sudah dikenal sebagai sosok Pastor yang sangat piawai dalam mengusir setan.

Namun tatkala karirnya sebagai Pastor itu terbilang ada di puncak, dia hampir tidak menyangka bahwa dia kemudian akan bertemu Kembali dengan Anna disuatu kesempatan yang tidak terduga.

Tenang sebelum badai

Setelah eksorsisme pertama, Anna mengalami sedikit kedamaian. Sayangnya, itu tidak bertahan lama. Anna menjadi yakin bahwa masalahnya berasal dari siksaan yang dia alami dari ayah dan bibinya yang kejam, Mina.

Entah dari mana, Anna sangat yakin bahwa bibinya Mina adalah seorang penyihir. Dia mengaku bahwa dia pernah beberapa kali memergoki Bibinya itu menaruh serbuk entah apa yang ditaburkan ke makanan Anna. Anna yakin kalau itu adalah ramuan sihir yang membuat dirinya berpikiran jauh dari Kekristenan.

Dia kembali berpikiran tidak baik dan diselingi dengan mimpi buruk. Mimpi-mimpi yang selalu menghantui dan menakutinya setiap malam.

Eksorsisme Kedua

Pastor Riesinger sedang berkhotbah di Earling IOWA, ketika dia dipanggil untuk kembali menangani Anna yang ‘kerasukan’. Kali ini, dia membawa teman lama bernama Pendeta Joseph Steiger, dan meminta izin untuk melakukan eksorsisme di tempat itu (Anna akan dibawa ke Earling)

Earling memiliki beberapa tempat strategis. Ada gereja Katolik dan asrama di mana Anna bisa tinggal selama masa-masa eksorsisme. Ada jalur kereta yang cukup ramai disana, meskipun begitu Earling termasuk kota yang tidak besar sehingga eksorsisme bisa dilakukan dengan rahasia.

Singkat cerita, Anna tiba di Earling pada 18 Agustus 1928. Dia kemudian melaporkan bahwa pada saat kedatangannya, dia mengalami perasaan marah yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ketika dia tiba di asrama, dia ingin menyerang para biarawati karena dia tahu bahwa makanan yang diberikan kepadanya telah diberkati.

Anna menolak semua makanan dan minuman dari asrama. Bahkan Perilaku anehnya mulai terlihat semakin tidak biasa. Ada saat dimana dia dipergoki tengah menatap beberapa biarawati dari kejauhan sembari menggeram seperti kucing.

Tatkala Riesinger tiba di stasiun kereta api dan bertemu dengan Steiger. Merekapun langsung bergegas menuju asrama tempat Anna menginap. Dalam perjalanan menggunakan mobil, rem mereka sempat blong dan mereka hampir saja kecelakaan.

Dalam keadan itu, Steiger sempat berucap “Aku tidak marah tentang itu semua. Aku malah akan terkejut jika semuanya berjalan lancar. Kesulitan akan muncul; dan mereka pasti muncul. Iblis akan mencoba yang terbaik untuk menggagalkan rencana kita”.

Sesi Pengusiran setan

Anna dibelenggu dengan diikat ke ranjang besi dan dipegang oleh beberapa biarawati terkuat di asrama. Saat Riesinger mulai melakukan ritualnya, mata Anna terpejam dan dia tampak seperti dibius. Tapi kemudian dia terperanjat dan bangun. Dia sepenuhnya mengalahkan kekuatan para biarawati yang memblenggunya. Dia mencoba menyerang Riesinger sebelum akhirnya dibelenggu kembali. Anna berteriak kesetanan.

Dia mulai berteriak ketika diperintahkan oleh pendeta untuk berhenti, dia menjawab dalam berbagai bahasa. Dia berbicara dalam bahasa Inggris, Jerman dan Latin, mengaku sebagai beberapa entitas termasuk Beelzebub,Judas, Ayah serta bibinya sendiri, Mina.

Eksorsisme berlangsung hingga 23 Desember dan berlangsung selama tiga sesi berbeda. Anna mengalami gejala yang mengerikan, memuntahkan cairan perut bersamaan dengan benda benda yang sangat mustahil dikonsumsi manusia. Terkadang saat sedang dibacakan ayat-ayat kitab. Tubuhnya melengkung secara aneh dan mengabaikan keberadaan sendi dan tulangnya sendiri.

Bahkan Steiger semakin khawatir akan hal ini, dan menyarankan agar pengusiran setan dipindahkan ke gereja. Namun hal itu tidak jadi.

Puncaknya adalah pada pukul 9 malam tanggal 23 Desember. Anna tertawa gila dan kejang tiada henti, meracaukan sebuah kalimat yang merupakan ejekan-ejekan kepada ketuhanan kristus.

Perlu waktu setidaknya beberapa jam, sampai Riesinger menyelesaikan upacara pengusiran setannya dan berhasil mengusir entitas yang ada di dalam tubuh Anna (atau setidaknya itulah yang diakui Anna saat bilang bahwa tubuhnya sudah lebih ringan)

Last..

Eksorsisme ini dimaksudkan untuk tetap menjadi sebuah rahasia, tetapi Carl Vogl mengklaim bahwa dia berhasil mengumpulkan laporan saksi mata dari eksorsisme tersebut. Tidak lama kemudian, dia pun menerbitkan bukunya yang berjudul Begone Satan!

Hal Ini tentu saja langsung menarik perhatian media. Termasuk majalah Time.

Hingga saat ini, kebenaran dari cerita tersebut masih diperdebatkan. Saksi mata mengklaim bahwa itu benar sementara yang lain bersikeras bahwa Anna adalah korban penyakit mental. Apa pun kebenarannya, kisah Anna memang cukup mengerikan apabila itu diceritakan, terlepas itu asli ataupun palsu.

Baca Juga :

Membahas Ouija Board dan Teror yang dibawanya

Gloomy Sunday, Lagu Terkutuk penyebab bunuh diri

Old Hag Syndrome, Kasus Ketindihan Nenek tua

Kisah Thomas Busby dan Kursi Terkutuk

 

Tag : Pengusiran setan paling mengerikan, Kasus supranatural, Eksorsisme paling mengerikan

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

1 Response to "Pastor Riesinger dan Kasus Pengusiran Setan Anna Ecklund"

  1. Seram.
    Kalo diliat sekilas kaya penyakit mental (Paranoid berlebih) tapi kalo emang gitu kayanya ga mungkin begitu reaksinya pas diexorcise (Bener ga sih tulisannya?)

    ReplyDelete