Kasus John Titor, Penjelajah Waktu yang Datang Dari Tahun 2036

Yes, i Know, John Titor adalah kisah yang outdated, kadaluarsa, basi. Etc. Maafkan admin yang membahas John Titor di tahun 2021—Jika kalian pernah tau kasusnya dan membaca postingan ini di tahun 2021 atau lebih, anggap saja ini sebagai “kunjungan kembali”

Penjelajah Waktu John Titor

Pada tahun 1998, pembawa acara radio dari acara fiksi ilmiah populer mendapat faks dari seorang tentara Amerika, yang mengaku memiliki pengetahuan rinci tentang Time Travel.

Pada bulan November 2000, tentara Amerika yang sama masuk ke sebuah forum. Namanya adalah John Titor, dan seperti semua member lain di forum, dia memposting beberapa pesan, dan terlibat dalam percakapan di berbagai topik tentang mesin waktu.

Tidak seperti komentar lain, bagaimanapun, dia membeberkan hal yang lebih rinci tentang time travel. Dia bahkan berani mengklaim bahwa terdapat enam komponen yang dibutukan untuk merakit mesin waktu—Dia tahu komponen apa itu, jelasnya, karena dia mengaku datang dari tahun 2036.

Menurut postingan John Titor, dia adalah seorang tentara militer Amerika yang bekerja untuk pemerintah sebagai bagian dari departemen pengembangan mesin waktu. Dalam postingannyanya, ia merinci sejauh mana proyek itu sudah berkembang.

Dia mengklaim bahwa dia telah dipilih untuk proyek tersebut karena ayahnya pernah bekerja di proyek yang sama. Ayahnya telah bekerja untuk IBM pada 1970-an dan telah bekerja menciptakan IBM 5100, sebuah model komputer yang paling awal.

Titor mengatakan bahwa pada tahun 2036, ia telah dipilih untuk melakukan perjalanan kembali ke tahun 1975, demi mendapatkan IBM 5100, yang akan membantu para ilmuwan masa depan dalam memecahkan kode program komputer.

(IBM 5100)

Alasannya untuk mengunjungi tahun 2000 adalah, selain mencari foto dan berbicara dengan beberapa anggota keluarga, dia juga ingin memberikan peringatan.

Dalam postingan yang sama, dia kemudian membeberkan gambaran dari masa depan yang tidak pasti bagi Amerika. Beberapa detail  juga dijelaskan secara rinci.

Prediksi John Titor

John Titor mengatakan akan ada Perang Saudara kedua di Amerika Serikat, yang akan mengakibatkan pecahnya negara menjadi lima daerah otonom.

Washington D.C. dan Jacksonville, Florida akan menjadi sasaran dan berakhir dihabisi oleh musuh, meninggalkan Omaha, Nebraska sebagai ibu kota AS yang baru. Perang saudara akan berlangsung lama, dimulai pada tahun 2004 dan berakhir pada tahun 2015. Pasca kejadian itu, Perang Dunia III akan dimulai di tahun yang sama. John Titor menggambarkan PDIII sebagai perang yang singkat namun intens, yang akan menyebabkan kehancuran lingkungan dan infrastruktur global.

Dia juga memperingatkan orang-orang tentang ancaman penyakit Creutzfeldt-Jakob, penyakit prion yang fatal, tidak dapat disembuhkan, yang menyebabkan degenerasi sistem saraf yang cepat, dan ditularkan melalui produk daging sapi.

Selain prediksi tentang masa depan, John Titor juga menjelaskan tentang konsep Paralel Universe yang menyangkut perjalanan waktu.

Dia membenarkan teori Model Fisika Kuantum Everet Wheeler atau juga dikenal sebagai “Many World Theory”. John Titor mengatakan, teori itu benar dan bahwasannya alam semesta memang terdiri dari banyak sekali garis waktu yang tidak mempengaruhi satu sama lain, Kecuali ada sebuah kekuatan yang merusaknya.

Intinya dia bilang, dunia paralel itu ada dan dunia itu berjalan dengan waktu mereka sendiri-sendiri, sampai masa depan mereka berubah apabila ada campur tangan exsternal seperti penjelajahan waktu.

(Semisal admin kembali ke masa lalu, realitas akan memiliki cabang apabila admin membunuh Hitler. Ada realita dimana Hitler tidak mati, dan ada Realita dimana Hitler mati. Masa Depan admin tidak berubah, namun masa depan dari masa lalu yang admin kunjungi, akan menuju ke realita yang berbeda)

Skeptisme Tentang John Titor

Tentu saja, pasca berbagai macam analisa, kisah John Titor mulai dipertanyakan. Hal ini dimulai ketika, terungkap bahwa tidak ada catatan tentang siapa pun yang bernama John Titor, ataupun keluarga Titor yang hidup di tahun 2000.

Dalam satu tahun atau lebih, menjadi jelas bahwa prediksinya pun salah.  Tidak ada perang saudara, dan tidak ada kerusuhan selama pemilihan presiden 2004 – Bush memenangkan pemilihan kembali dan meskipun itu adalah perlombaan yang ketat, hampir tidak ada “ kerusuhan massal” yang telah diprediksi oleh Titor.

Orang-orang di forum juga mulai menunjukkan kesamaan dalam prediksinya dengan film perjalanan waktu populer saat itu. Misalnya, dalam satu posting ia menyebutkan bahwa mesin waktu yang dia miliki tertanam di dalam Chevrolet Corvette 1967. Hal ini mirip dengan film Back To The Future dimana mesin waktu yang digunakan di film itu adalah sebuah mobil.

Teorinya yang lain tentang krisis komputer di masa depan, memiliki kemiripan yang mencolok dengan krisi Y2K yang terjadi sebelum Tahun Baru kala itu.

Menanggapi tuduhan ini, Titor mengklaim bahwa dia memang mencoba membuat garis waktu di mana perang saudara kedua dan Perang Dunia III tidak pernah terjadi. Dia kemudian menjelaskan tentang “Butterfly Effect” yang terjadi karena dia membeberkan masa depan kepada orang-orang di tahun 2000.

Postingannya ke sebuah forum tetang masa depan, memicu sebuah kejadian berantai yang berakhir dengan perubahan masa depan di garis waktu ini.

Alih-alih marah karena dituduh penipu, John Titor mengaku bahwa dia bersyukur perang saudara kedua dan perang dunia ketiga tidak terjadi. Itu tandanya, niatnya untuk menghentikan konflik tersebut berhasil.

In The End

Selama bertahun-tahun, Sosok John Titor memang sempat diburu. Penyidik yang melakukan investigasi tentang sosok ini ingin menangkap dan belajar lebih banyak tentang kebenaran dibalik kasusnya.

Terlepas dari banyak orang yang menganggap bahwa John Titor adalah seorang penipu, namun teorinya tentang “Butterfly Effect” dikatakan sangat mungkin. Mengingat betapa gemparnya internet kala itu tentang cerita-cerita dari John Titor.

Bisa jadi, hanya dari sebuah postingan tentang masa depan, garis waktu sepenuhnya berubah dan hal tersebut berhasil menyelamatkan kita dari perang dunia ketiga. Who Knows?

Semenjak Postingan Terakhirnya, sosok John Titor sudah tidak pernah terlihat lagi. Bahkan sampai sekarang pun, kasusnya masih tidak dapat dipahami dengan logika.

Baca Juga :

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

2 Responses to "Kasus John Titor, Penjelajah Waktu yang Datang Dari Tahun 2036"

  1. Iyalah. Orang balik ke masa lalu kalo kentut ga pada tempatnya juga bisa jadi Butterfly Effect. Gimana kalo beberin hal hal kaya gini?
    Dulu baca soal Dunia Kuantum di MBP dan time travel ini emang menarik banget. Teori udah banyak sampe mesin mesin waktu imajiner pun udah dipikirkan.
    Secara fisika mungkin emang bisa tapi entah kenapa gue lebih suka manusia ga begitu arogan untuk mengutak atik aliran waktu. Semua kegagalan kita di masa lalu dan semua kemungkinan yg terjadi di masa depan itu bagian dari hidup. Kalo kita gagal di masa lalu dan berusaha mengubah dgn kembali kesana malah lucu sebenarnya (Sok banget anjer gue bahasanya).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps.. walaupun sebenarnya teori alternatif timeline ini menarik.. semisal kita kembali ke masa lalu, dan mampu membuat cabang realita yang baru. hal tersebut membuka kemungkingan adanya dunia paralel yang tak terebatas

      Delete