The Missoula Mauler, Pembunuh yang Meneror Rumah-Rumah di Montana

Dikenal sebagai "The Missoula Mauler," Wayne Nance menembak dan menikam korbannya, setelah memperkosa mereka. Antara 1974 dan 1986, ia menyerbu rumah-rumah di seberang Montana, menyelinap masuk dan membunuh penghuninya.

Pembunuhan Pertama Wayne Nance

Lahir pada 18 Oktober 1955, di Missoula, Montana, Wayne Nathan Nance dibesarkan di sebuah karavan mobil di luar kota. Dengan seorang ayah yang bekerja sebagai sopir truk dan seorang ibu yang bekerja sebagai pelayan resto. Nance dikenal berprestasi di sekolah.

Sementara motifnya masih belum jelas, Wayne Nance melakukan pembunuhan pertamanya pada usia 18 tahun. Pada 11 April 1974, dia menyerbu rumah Harvey Pounds saat pemilik rumah pergi ke gereja. Tragisnya, istrinya, Donna, sendirian di rumah.

Sebagai pengunjung tetap dan teman keluarga Pounds, Nance tahu bahwa Harvey memiliki Luger kaliber .22, yang disimpan di sebuah lemari.

Dia menyelinap ke kamar tidur dan mengambil pistol itu, lalu mengikat Donna dan memperkosanya di bawah todongan senjata. Kemudian dia membawanya ke ruang bawah tanah dan menembakkan lima peluru ke kepalanya.

Polisi yang datang ke TKP menemukan beberapa bukti (yang anehnya) mengarah ke Harvey Pounds, alias suami Donna. Harvey kemudian dicap sebagai tersangka dalam pembunuhan istrinya sendiri, dengan kecurigaan yang diperparah oleh fakta bahwa dia sedang berselingkuh.

Untung saja, bukti yang kurang untuk menyeret Harvey ke pengadilan, memaksa polisi untuk melepaskannya—Bersamaan dengan hal itu, Teror dari Missoula Mauler pun dimulai.

Pembunuhan Missoula Mauler berlanjut

Semenjak lolos dari pembunuhan pertamanya, Wayne Nance akan terus melakukan pembunuhan sampai beberapa tahun kedepan.

Sesosok mayat seorang gadis remaja yang diperkosa dan ditikam ditemukan di dekat Beavertail Hill State Park lima tahun kemudian.  Mayat tanpa nama itu sempat dijuluki "Betty Beavertail" sampai 1985—ketika dia pada akhirnya diidentifikasi sebagai gadis Seattle berusia 15 tahun, Devonna Nelson (yang diketahui kabur dari rumah)

Pada tahun 1984, Marcella Bachmann, yang juga dikenal dengan "Robin” ditemukan meninggal dan dibuang di hutan Missoula. Korban kali ini, tidak hanya meninggal karena 3 tembakan di kepala, tetapi dia telah membusuk selama 3 bulan lamanya. Korban ini dijuluki “Debbie Deer Creek” seblum diidentifikasi sebagai Marcella Bachmann pada tahun 2006.

Pada bulan September 1985, tubuh tak dikenal lainnya muncul. "Christy Crystal Creek" telah ditembak dua kali di kepala dan dibuang. Pada 12 Desember, Sang Pelaku, Wayne Nance nampaknya sudah kembali ke kegiatan invasi rumahnya.

Pembunuhan Paling Berdarah Wayne Nance

Mike dan Teresa Shook baru saja makan malam bersama ketiga anak mereka yang masih kecil ketika Nance menggedor pintu. Ini adalah penyerangan paling frontal yang pernah dilakukan Wayne Nance.

Mike ditikam sampai mati dengan pisau daging sesaat setelah dia membuka pintu, sementara istrinya, kemudian diseret ke kamar tidur dan diperkosa. Ketika Nance selesai, dia menikamnya sampai mati  dan membakar rumah untuk membunuh anak-anak mereka

Untung saja petugas datang dengan cepat dan berhasil menyelamatkan anak-anak Shook. Sayang bahwa orang tua mereka sudah meninggal.

Wayne Nance sendiri, bahkan setelah penyerangan brutal tersebut, masih belum diincar polisi. Nampaknya, petunjuk yang menghubugkan Wayne Nance dengan kasus-kasus pembunuhan yang terjadi, belum ditemukan.

Menikmati keberuntungannya yang masih tersisa, Nance segera mendapat pekerjaan di Conlin's Furniture, dan berniat bersembunyi di tempat terbuka. Selama beberapa waktu, dia menjalani kehidupan sebagai warga biasa.

Sayangnya, wajah yang rupawan, dengan kehidupan yang nyaman nampaknya sedikit mengganggu pikiran Nance. Dia takut tenggelam dalam “Kenormalan” jika dia tidak segera kembali ke “dunia gelap” miliknya.

Sayangnya untuk Wayne Nance, dia terpikat dengan Kris Wells—istri manajernya di tempat kerja

Akhir dari Pembunuhan Wayne Nance

Pada 3 September 1986, Suami Kris Wells, Doug Wells yang sedang ada dirumah menyadari seseorang bersembunyi di dalam semak-semak halaman rumahnya. Karena penasaran (takutnya maling) dia pun memeriksa keluar dan menemukan sosok pegawainya, Wayne Nance yang mendekat.

Ditanyai kenapa dia mengendap endap di dekat rumah bosnya malam-malam, Nance Hanya menjawab dengan menodongkan pistol ke kepala Doug—Nance tidak langsung membunuh Doug, namun menggunakannya sebagai sandera.

Saat mereka berdua masuk rumah, Kris Wells yang melihat suaminya ditodong senjata oleh salah satu pegawainya langsung kaget. Kris kemudian diperintahkan di bawah todongan senjata untuk mengikat suaminya. Kris hanya menuruti.

Wayne Nance kemudian mengikat Kris, dan menyeretnya ke kamar tidur sebelum membawa Doug pergi ke ruang bawah tanah. Di ruang bawah tanah itu, Wayne Nance langsung menikam Doug. Setelah menikam Doug di dada dengan pisau delapan inci dan mengira dia sudah mati, Nance kembali ke kamar tidur.

Ternyata, Tikaman Nance telah meleset sekitar satu inci dari hati Doug. Hampir mati, Doug secara ajaib membebaskan dirinya dan mengambil senapan Savage .250 miliknya.

Dipacu dengan adrenalin dan keinginan untuk menyelamatkan Istrinya, Doug langsung berlari ke lantai atas dan berniat menghadapi Nance. Nance yang tidak mengira bahwa Doug masih hidup pada akhirnya menerima satu tembakan dari samping, membuatnya terkapar seketika.

Dalam amarah yang memuncak, Doug kemudian memukuli wajah Wayne Nance menggunakan pistolnya. Meremukkan tengkorak sang Missoula Mauler sampai mati.

In The End

Masih dalam keadan trauma, Keluarga Wells kemudian menelfon polisi dan menjelaskan situasinya. Mayat Wayne Nance dievakuasi dari rumah keluarga Wells dengan keadaan kepala yang remuk.

Pada akhirnya, kematian Wayne Nance memungkinkan pihak berwenang untuk menghubungkannya dengan rangkaian pembunuhan yang sudah terjadi (atas tes DNA yang diambil dari sperma Wayne Nance)

Pada Mei 2021, tes DNA modern juga membantu mengidentifikasi "Christy Crystal Creek" sebagai Janet Lee Lucas yang berusia 23 tahun. Polisi memperkirakan, meskipun pembunuhan sudah terungkap, masih ada beberapa korban Missoula Mauler yang belum ditemukan.

Selebihnya, masih menjadi misteri

(Kris Wells, dan "The Man, The Myth, The Legend" Doug Wells)

Baca Juga :

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

3 Responses to "The Missoula Mauler, Pembunuh yang Meneror Rumah-Rumah di Montana"

  1. Waktu sampe di bagian penjahat itu mati gue bingung. Identifikasi dia sbg pembunuh berantai korban korban diatas tadi gimana? Masa wawancara sama mayat?
    Terusin baca ternyata tes DNA.
    Meanwhile di Indonesia, ntar Doug dituntut balik sama keluarga penjahat barangkali gara gara membunuh (Biasalah disini yg salah lebih galak. Hutang juga gitu).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kasus pemerkosaan, biasanya sampel spermanya memang disimpen ama polisi.. cara identifikasinya, kalau sperma yang ada di tkp cocok ama sperma tersangka.. auto ketangkep dah..

      Iye.. jujur, admin gak pernah lihat berita di indonesia ada pemecahan kasus lewat tes DNA..apa metodenya gak dipake ya? Padahal tes DNA efektif banget (harusnya)

      Delete
    2. SOP Isilop Indonesia kan "Kalau bisa dipersulit kenapa harus dipermudah"
      Daripada make tes DNA yg jelas jelas simpel dan akurat mending cari jalan susah aja.

      Delete