Kasus Menghilangnya Lars Mittank dan rekaman CCTV Terakhirnya

Pada 8 Juli 2014, Lars Mittank yang berusia 28 tahun menghilang di sebuah lapangan dekat Bandara Varna di Bulgaria. Anehnya, beberapa momen terakhirnya sempat tertangkap dalam video.

Apa yang dimulai sebagai liburan Eropa Timur tanpa beban, pada akhirnya berakhir sebagai mimpi buruk. Lars Mittank, 28 tahun dari Berlin, Jerman, berangkat bersama teman-temannya untuk liburan ke Bulgaria pada tahun 2014. Sayangnya, karena sebuah kejadian, Lars Mittank menghilang tanpa jejak.

Bertahun-tahun kemudian, ia dijuluki "orang hilang paling terkenal di YouTube," setelah video keamanan bandara dari penampakan terakhirnya yang diketahui tersebar di internet. Terlepas dari video itu yang sudah ditonton jutaan orang, Lars Mittank tidak pernah terlihat lagi.

Apa yang sebenarnya terjadi?

Lars Joachim Mittank lahir pada 9 Februari 1986, di Berlin. Pada usia 28, ia bergabung dengan beberapa teman sekolahnya dalam perjalanan ke Varna, Bulgaria. Di sana, rombongan tinggal di resor Golden Sands di pantai Laut Hitam.

Pada satu titik selama perjalanan, Lars Mittank mendapati dirinya terlibat dalam perkelahian di bar dengan empat pria tentang klub sepak bola mana yang lebih baik: SV Werder Bremen atau Bayern Munchen. Mittank adalah pendukung Werder, sementara empat lainnya mendukung Bayern. Mittank meninggalkan bar sebelum teman-temannya, dan mereka diduga tidak melihatnya lagi sampai keesokan paginya.

Ketika Mittank akhirnya kembali resor Golden Sands, dia memberi tahu teman-temannya bahwa dia telah dipukuli—Kesaksian teman-teman yang berbeda-beda, membuat cerita yang keluar bervariasi

Beberapa mengatakan kepada pihak berwenang bahwa Mittank dipukuli oleh kelompok pria yang sama yang dia ajak berdebat di dalam bar, sementara yang lain mengklaim bahwa orang-orang itu telah menyewa preman lokal untuk melakukan pekerjaan itu untuk mereka.

Terlepas dari itu, Mittank keluar dari insiden itu dengan rahang yang terluka dan gendang telinga yang pecah. Dia akhirnya pergi menemui dokter setempat, yang meresepkannya 500 miligram antibiotik Cefprozil untuk mencegah lukanya terinfeksi. Dia juga disuruh menunda kepulangan dan pulang dengan jadwal yang berbeda dari teman-temannya (untuk perawatan lebih lanjut atas cideranya)

Beberapa Teman,sempat menawarkan untuk menunda kepulangan mereka demi menemani Mittank, tetapi dia mendesak mereka untuk tidak melakukannya. Pada akhirnya, Mittank menjadwalkan pulang dengan penerbangan selanjutnya.

Dia kemudian check in ke sebuah hotel di dekat bandara, di mana dia mulai menunjukkan perilaku aneh dan tidak menentu.

Perilaku Aneh Lars Mittank

Kamera hotel tempat dia menginap, menangkap Lars Mittank dalam video. Dia terlihat bersembunyi di dalam lift dan meninggalkan gedung pada tengah malam hanya untuk kembali beberapa jam kemudian. Dia lalu terlihat menelepon ibunya dan berbisik bahwa ada orang-orang mencoba merampok atau membunuhnya. Dia juga meminta Ibunya untuk memblokir kartu kreditnya.

Pada 8 Juli 2014, Mittank memasuki Bandara Varna. Dia sempat bertemu dengan dokter bandara untuk memeriksa luka-lukanya. Dokter memberi tahu Mittank bahwa dia bisa terbang, tetapi Mittank terlihat tidak tenang. Menurut dokter, Mittank tampak gugup dan bertanya tentang obat yang diminumnya.

Bandara sedang menjalani perbaikan, dan selama konsultasi Mittank, seorang pekerja konstruksi memasuki kantor, Petugas konstruksi itu bersaksi bahwa dia sempat mendengar Mittank berkata, “Aku tidak ingin mati di sini. Aku harus pergi dari sini,” sebelum bangkit untuk pergi.

Setelah menjatuhkan barang-barangnya di lantai, dia kemudian berlari keluar bandara sekencang mungkin. Di luar bandara, dia memanjat pagar, melompat turun dan terus berlari. Dia menghilang ke hutan terdekat dan tidak pernah terlihat lagi.

(Momen terakhir Lars Mittank yang terlihat lari keluar bandara dan meninggalkan setiap barang bawaannya) 

Apa Alasan Lars Mittank Menghilang?

Sebuah teori populer adalah bahwa Mittank sedang mencari alasan untuk melarikan diri dan memulai hidup baru. Sayangnya, hal tersebut dibantah oleh seorang konselor kesehatan mental.

Dr. Todd Grande meragukan hal ini. Pasalnya, Mittank nampak berhubungan baik dengan orang yang dicintainya. Teman-temannya menawarkan untuk menjadwal ulang penerbangan mereka sehingga dia tidak harus terbang kembali sendirian, dan Mittank, juga sering mengabari ibunya sepanjang perjalanan.

Fakta bahwa Mittank meninggalkan paspor, ponsel dan dompetnya di bandara, juga membuat Dr Todd Grande meragukan Mittank berniat melarikan diri dan memulai hidup baru.

Teori lain menyatakan bahwa Mittank terlibat dengan beberapa jenis usaha kriminal yang tidak diketahui oleh orang yang dicintainya maupun pihak berwenang—perdagangan narkoba, mungkin. (Teori ini dipercayai menjelaskan mengapa Mittank tidak pernah ditemukan. Meskipun, hanya ada sedikit bukti yang mendukungnya)

Namun kemungkinan lain adalah bahwa Mittank benar-benar terbunuh. Saat tinggal di Bulgaria, dia memberi tahu ibunya bahwa dia sedang diikuti. Banyak detektif menduga bahwa pria yang berkelahi dengannya di bar masih mengejarnya. Jika mereka mengejar, itu bisa menjelaskan mengapa Mittank melarikan diri. Itu juga bisa menjelaskan mengapa tidak ada yang pernah menemukan tubuhnya—mati gara-gara bola loh anjir.

Atau Ini Hanyalah Imajinasi Semata?

Teori keempat menyatakan bahwa Mittank mungkin berada di bawah pengaruh obat-obatan sekitar waktu dia menghilang. Banyak orang percaya Cefprozil atau antibiotik yang diresepkan kepada Mittank untuk mengobati gendang telinganya yang pecah, mungkin dikombinasikan dengan zat lain danmenyebabkan dia menderita halusinasi psikotik.

Memang terdengar aneh, namun itu bukan tidak mungkin. Pusing, gelisah dan hiperaktif terdaftar sebagai efek samping yang umum dari obat tertentu.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa psikosis akut bisa menjadi "potensi efek samping" dari beberapa antibiotik. Ini bisa menjelaskan bagaimana perilaku seseorang yang tidak memiliki riwayat penyakit mental bisa berubah secara tiba-tiba.

Jika Mittank menderita psikosis, Cefprozil yang diminumnya mungkin bukan penyebab langsungnya. Menganalisa kasusnya, Dr. Grande mengusulkan Mittank mungkin mengalami "psikosis pertama" atau "gejala awal skizofrenia." Ini, menurutnya, akan menjelaskan paranoia, delusi, dan kecemasannya. Hal Itu juga bisa menjelaskan perilaku anehnya yang tertangkap kamera.

Sementara Dr. Grande berpikir bahwa teori psikosis adalah yang paling meyakinkan, dia menekankan bahwa itu tidak menjelaskan mengapa Mittank melarikan diri atau mengapa tubuhnya tidak pernah ditemukan.

Penyelidikan Kasus Lars Mittank

Meskipun penyelidikan bertahun-tahun sudah dilakukan oleh Kepolisian Jerman, Mittank tetap hilang hingga hari ini. Sesekali, netizen iseng, detektif amatir, atau warga peduli yang menonton video Lars Mittank, mengklaim telah melihatnya di suatu tempat di dunia.

Pada tahun 2016, polisi di Porto Velho, Brasil, menjemput seorang pria tanpa identitas dan, tampaknya, tidak tahu siapa dia. Setelah gambar pria yang pulih di rumah sakit beredar di media sosial, detektif mencatat bahwa ia memiliki fitur yang mirip dengan Mittank—Pria itu kemudian diidentifikasi sebagai Anton Pilipa, dari Toronto. Dia telah menghilang selama lima tahun.

Pada 2019, seorang sopir truk mengaku telah memberi Mittank tumpangan keluar dari Dresden. Sopir menerima tumpangan saat ia berangkat ke Kota Brandenburg. Dalam perjalanan, sang sopir terus memperhatikan orang itu yang mirip dengan poster Lars Mittank—sayang sopir itu tidak sempat bertanya karena lelaki itu tidur disepanjang jalan dan keluar di pom bensin saat sang sopir pergi ke kamar kecil.

Disisi lain, Ibu Lars Mittank telah muncul di banyak acara televisi dan radio selama bertahun-tahun. Dia terus menceritakan kasus menghilangnya Lars Mittank Kepada Publik—Meskipun permohonannya untuk menemukan putranya telah ditayangkan di saluran Jerman dan Bulgaria, tetapi tidak pernah membuahkan hasil.

Tak gentar, dia terus memposting pesan di media sosial (Grup Facebook) yang beranggotakan 41.000 orang bernama Find Lars Mittank. Setiap informasi dari orang-orang, dia kumpulkan dan dia rangkai ibarat puzzle, berharap rangkaian itu dapat membuahkan  hasil yang masuk akal atas kasus hilangnya Mittank.

Baca Juga :

Tambahan : Teori admin, dokter bandara yang memberi obat ke Mittank, adalah pendukung Bayern Munchen. Yep.

(K O K.. D A R K.. J O K E.. S I H..)

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

2 Responses to "Kasus Menghilangnya Lars Mittank dan rekaman CCTV Terakhirnya"

  1. Untuk ukuran kasus orang hilang, ini ga misterius kaya kasus kasus lain yg ada disini.
    Tapi untuk ukuran "Sebab" Seandainya memang benar, mungkin ini kasus terkonyol yg aslinya ga perlu terjadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yep setuju. meskipun rekaman CCTV terakhirnya sempat menggemparkan internet, bisa jadi kasus ini hanyalah kasus yang penyelesaiannya simple. yang admin heran, gak ada catatan yang menjelaskan bahwa orang-orang yang sempat cekcok dengan Lars Mittank soal bola, diusut polisi.

      Delete