Kisah Real Life Anabelle, Sejarah dan Teror yang Pernah Terjadi

Sejak pertama kali dianggap berhantu pada tahun 1970, boneka yang diduga jahat ini telah disalahkan karena berbagai macam kasus kesurupan, serangan fisik bahkan ‘percobaan pembunuhan’

Meskipun dia tidak memiliki bentuk yang sama seperti versi layar lebarnya, boneka Annabelle yang asli (yang berada Museum Ilmu Gaib Ed dan Lorraine Warren), memiliki kisah sama mengerikannya—atau, setidaknya itulah yang mereka katakan.

Kisah Anabelle Asli

Kisah awal teror Anabelle, dapat ditelusuri kembali ke tahun 1970, ketika Annabelle belum seterkenal sekarang. Cerita itu, pertama didengar oleh Ed dan Lorraine dari pengakuan dua wanita muda.

Dalam ceritanya, boneka Annabelle dahulunya adalah hadiah yang diberikan kepada seorang perawat muda bernama Donna (atau Deirdre, tergantung pada sumbernya). Boneka itu, diberikan oleh ibunya untuk ulang tahun Donna yang ke-28

Donna, yang tampaknya senang dengan hadiah itu, lantas membawan pulang boneka Anabelle ke apartemennya. Di apartemennya itu, dia tinggal bersama rekan perawatnya yang bernama Angie.

Pada awalnya, boneka itu adalah aksesori yang menggemaskan, duduk di sofa di ruang tamu dan menyambut pengunjung dengan wajahnya yang penuh warna. Tapi tak lama kemudian, kedua wanita itu mulai memperhatikan bahwa Annabelle tampak bergerak atas kemauannya sendiri.

Donna terbiasa mendudukkannya di sofa ruang tamu sebelum berangkat kerja hanya untuk pulang pada sore hari dan menemukannya berada di kamar tidur, dengan pintu tertutup—Padahal, dia dan Angie cenderung berangkat dan pulang bersamaan, meninggalkan apartemen dalam kondisi kosong.

Beberapa lama berlalu, Donna dan Angie kemudian mulai menemukan catatan yang tertinggal di seluruh apartemen yang bertuliskan "Tolong Aku." Menurut para wanita, catatan itu ditulis di atas kertas perkamen, yang bahkan tidak mereka simpan di rumah mereka.

Selanjutnya, pacar Angie, yang hanya dikenal sebagai Lou, pernah berada di apartemen pada suatu sore ketika Donna keluar. Dia mengaku mendengar gemerisik di kamar Donna seolah-olah seseorang telah menerobos masuk.

Setelah diperiksa, dia tidak menemukan tanda-tanda orang masuk secara paksa. Yang dia temukan, hanyalah boneka Annabelle terbaring dengan wajah telungkup ke lantai (versi lain dari cerita mengatakan bahwa Lou, diserang saat bangun dari tidur siang).

Lou kemudian merasakan rasa perih di tubuhnya, dan menemukan bekas cakar berdarah tergambar didadanya—semenjak saat itu, Donna, Angie dan Lou percaya bahwa boneka itu berhantu.

Upaya Komunikasi

Para wanita yang mengetahui kasus Lou, kemudian mengundang seorang ahli paranormal (medium) untuk mejadi perantara komunikasi,

Medium tersebut, kemudian melakukan ritual pemanggilan arwah dan memberi tahu para wanita bahwa boneka itu dihuni oleh arwah seorang anak berusia tujuh tahun bernama Annabelle Higgins—Jasadnya, katanya berada di komplek apartemen tersebut

Medium mengklaim bahwa roh itu baik hati dan hanya ingin dicintai dan diperhatikan. Kedua perawat muda itu dilaporkan merasa tidak enak hati dengan roh itu dan setuju untuk mengizinkannya tinggal permanen di boneka tersebut (Bakar aja lah cok, ngapain dah)

Meskipun mereka pada akhirnya setuju bahwa boneka itu harus disingkirkan (diberikan kepada orang yang lebih ‘ahli’) Akhirnya, dalam upaya untuk penyucian rumah mereka dari roh boneka Annabelle, Donna dan Angie memanggil seorang pastor yang dikenal sebagai Pastor Hegan.

Hegan sempat memeriksa apartemen milik Donna dan Angie sebelum pada akhirnya memutuskan untuk menghubungi Pastor Cooke, yang kemudian memberi tahu Ed dan Lorraine Warren.

(Ed dan Lorraine Warren, Asli VS Film)

Penyelidikan Ed dan Lorrain

Terlepas dari pernyataan medium pertama, yang mengatakan bahwa boneka Anabelle “Aman dan Baik Hati”, Ed dan Lorraine nampaknya memiliki kesan yang berbeda.

Ed dan Lorraine Warren khawatir, bahwa simpati yang diberikan oleh Donna dan Angie kepada boneka itu, nampaknya memberi ruang kepada Anabelle untuk dapat leluasa bergentayangan disekitar apartemen

Keluarga Warren percaya bahwa sebenarnya ada kekuatan iblis yang mencari inang manusia di dalam Annabelle, dan bukan jiwa yang baik hati.

Hal ini, didasari dari penelitian mereka yang menyebutkan bahwa. Roh seharusnya tidak bisa merasuki benda mati. Roh hanya bisa merasuki manusia. Dan dalam kasus aktivitas paranormal, butuh banyak tenaga unuk roh dapat menggerakan benda, meskipun hanya satu inchi.

Itulah kenapa sangat aneh melihat roh yang suka singgah di dalam satu boneka saja. Terlebih berpindah sendiri saat tidak ada yang melihat.

Kemudian, Warrens mencatat apa yang mereka yakini sebagai tanda kerasukan iblis, termasuk teleportasi (boneka bergerak sendiri), materialisasi (catatan kertas perkamen), dan "tanda binatang" (bekas cakaran di dada Lou).

Warrens kemudian memerintahkan eksorsisme ke apartemen (yang kemudian dilakukan oleh Pastor Cooke).

Dalam perasaan takut apabila boneka itu akan berulah dan menjadi lebih ekstrim, keluarga Warrens kemudian membawa Annabelle keluar dari apartemen dan memindahkannya ke tempat peristirahatan terakhirnya, yaitu di Museum Ilmu Gaib.

Pasca Dipindahkan

Setelah Annabelle dipindahkan dari apartemen Donna dan Angie, keluarga Warrens mendokumentasikan beberapa pengalaman paranormal lainnya yang melibatkan boneka itu—yang pertama, adalah kejadian yang terjadi hanya beberapa menit setelah mereka mengeluarkannya dari apartemen Donna dan Angie.

Pasca eksorsisme dan pembersihan , keluarga Warren mengikat Annabelle ke kursi belakang mobil mereka dan bersumpah untuk tidak pulang melalu rute jalan raya manapun—berjaga-jaga kalau semisal Anabelle memiliki semacam ‘trik’ yang dapat menyebabkan mereka kecelakaan.

Sayangnya, nampaknya Anabelle lebih kuat dari yang mereka duga.

Dalam perjalanan pulang, Lorraine mengklaim bahwa remnya sempat blong beberapa kali. Hal itu, hampir mengakibatkan kecelakaan yang nyaris menimbulkan malapetaka.

Lorraine mengklaim bahwa begitu Ed mengeluarkan Air Suci dari tasnya dan menyiram boneka itu dengannya, remnya pun tidak bermasalah lagi.

Setibanya di rumah, Ed dan Lorraine meletakkan boneka itu di ruang kerja Ed. Di sana, mereka melaporkan bahwa boneka itu melayang dan bergerak di sekitar rumah—Bahkan ketika ditempatkan di kantor terkunci di gedung luar, Warrens mengklaim bahwa Anabelle akan muncul dan ditemukan di dalam rumah.

Karena takut, akhirnya, Keluarga Warrens memutuskan untuk mengunci Annabelle untuk selamanya.

(Anabelle kini tersimpan di Museum Ilmu Ghaib Ed dan Lorraine Warren di Monroe, Conneticut)

Keluarga Warren menyimpan Anabelle di dalam kotak kaca dan kayu yang dibuat khusus, di kotak itu, tertulis Doa Bapa Kami dan Doa Saint Michael.

Selama sisa hidupnya, Ed secara berkala mendoakan kotak itu, dan memastikan bahwa roh jahat dari boneka itu, tetap terperangkap.

Sejak dikurung, boneka Annabelle tidak bergerak lagi meskipun diduga, arwahnya masih dapat menghantui siapa saja.

Anabelle In The Box

Pernah suatu ketika, seorang pendeta yang mengunjungi museum Warrens sempat mengejek boneka Annabelle dan membantah keberadaan entitas didalamnya.

Ed sempat memperingatkan sang pendeta untuk bersikap sopan dan tidak menantang. Namun, pendeta muda itu malah menertawakannya—Akibatnya, Dalam perjalanan pulang, pendeta itu terlibat dalam kecelakaan yang hampir merenggut nyawanya.

Dia bahkan mengaku telah melihat Annabelle dari kaca spionnya tepat sebelum kecelakaan itu.

Bertahun-tahun kemudian, pengunjung lain mengetuk kaca kotak boneka Annabelle dan menertawakan betapa bodohnya orang-orang yang mempercayainya. Dalam perjalanan pulang, dia dilaporkan kehilangan kendali atas sepeda motornya dan menabrak pohon. Dia terbunuh seketika dan pacarnya nyaris tidak selamat.

Dia mengklaim bahwa pada saat kecelakaan itu, pasangan itu menertawakan boneka Annabelle.

Selama bertahun-tahun, Warrens terus menceritakan kisah-kisah ini sebagai bukti kekuatan mengerikan boneka Annabelle, meskipun tidak satu pun dari kisah-kisah ini dapat diverifikasi.

Nama pendeta muda dan pengendara sepeda motor, tidak pernah diungkapkan. Baik Donna maupun Angie, dua perawat yang menjadi korban pertama Annabelle juga tidak pernah menceritakan kisah mereka selain kepada Ed dan Lorraine.

Yap, satu satunya sumber dari cerita Anabelle hanyalah dari pengakuan Ed dan Lorraine (jika kau tidak tau, keduanya sudah meninggal)

Buzfeed Unsolved Investigation

Salah satu serial ghost Hunt favorit Admin, Buzfeed Unsolved, pada tahun 2019 kemarin sempat mengunjungi boneka Anabelle di museumnya Ed dan Lorraine. Dan jika kau tau serialnya, kau pasti tau bahwa mulut ngawur Shane Madej akan melakukan segala cara untuk membuktikan bahwa keberadaan Hantu itu tidak nyata.

Yap, dalam investigasi mereka, Shane menantang Anabelle untuk membunuhnya. Hasilnya? Dia masih hidup sampai saat ini.

Sooo.. Apakah kasus kerasukan Anabelle Nyata? What do you think?

Baca Juga :

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

4 Responses to "Kisah Real Life Anabelle, Sejarah dan Teror yang Pernah Terjadi"

  1. Padahal lucu loh bonekanya.
    Dunia gaib itu ada. Tapi ya ga narsis hantunya yg muncul kalo dipanggil atau hal lain. Kemungkinan Warren ngarang ada. Kemungkinan Shane diganggu tapi dia ga ngomong didepan publik juga ada. Banyak kemungkinan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. what if.. bayangin aja nih.. (belum tentu bener)
      semisal kasus berhantu Anabelle dikarang murni ama Ed dan Warren gimana ? (mengingat sumber Anabelle, hanya berasal dari cerita mereka)
      trus, kecelakan yng terjadi ama pendeta dan pesepeda motor, adalah karena ED menyabotase kendaraan mereka dengan alasan, saat mereka menghina Anabelle, Ed gak sengaja denger (just to proof a point)..
      semisal kayak gitu gimana?

      Delete
    2. Masuk akal banget. Cuma butuh 1 cerita lagi soal keburukan pasangan Warren untuk menguatkan teori ini. Yg bikin teori ini kurang masuk akal (At least untuk saat ini) itu reputasi terkenal mereka sbg ahli demonologi dan beberapa penyelidikan mereka soal setan yg mungkin benar (Walaupun pasti susah dibuktikan kebenarannya. Kasus "Devil made me do it" Juga kalo ga salah yg nangani Pasangan Warren dan anehnya diujung kasus mereka kalo ga salah malah digugat korban yg mereka bela waktu persidangan).
      Kalo ada 1 aja cerita lain barangkali soal keburukan pasangan ini atau rekayasa mereka, teori admin makin kuat.

      Delete
    3. ye juga sih. kasus supranatural mereka terhitung banyak, jadi sulit mendebat salah satuya palsu,.

      Delete