Rencana Nazi membangun Tank Terbesar Yang Pernah ada

Pada Perang Dunia II, Hitler pernah mendorong penciptaan salah satu senjata paling kuat, paling berat dan paling tidak praktis sepanjang masa. Itu, adalah tank yang dinamai Landkruzer P. 1000 Ratte.

Mother Of All Tank

Landkreuzer P. 1000 Ratte direncanakan akan menjadi tank terbesar dan terberat yang pernah dibuat. Mengalahkan Panzerkampfwagen VIII "Maus", Dengan berat 1.000 ton, lima kali lebih berat dari tank terberat yang pernah ada kala itu, dan berukuran panjang 115 kaki, Ratte adalah bukti dari kata “lebay”

Tank raksasa itu akan memiliki meriam kapal perang kembar yang tertempel pada kubah berputar yang dipasang di atasnya. Meriam itu, direncanakan akan menembakkan peluru berkaliber 280mm ke musuh Jerman

Tidak hanya senjata berkaliber besar, Tank itu juga akan dilengkapi dengan senjata tambahan seperti rudal Anti-Aircraft dan Senapan mesin.

Untuk pengoprasiannya, diperkirakan bahwa tank ini harus diawaki oleh setidaknya 40 orang. Di dalam tank, juga akan terdapat garasi yang cukup besar untuk menyimpan skuadron sepeda motor pengintai.

Dengan lapisan armor seberat 300 ton yang melapisi seluruh tank, serta lapisan baja keras setebal 10 inci, tank Ratte digadang tahan terhadap semua serangan darat.

(Ini adalah foto Tank  Maus serta beberapa tentara yang menaikinya. Panzerkampfwagen VIII "Maus" adalah tank terbesar yang pernah digunakan dalam perang dunia kedua)

Ide Gila Siapa Ini?

Raksasa absurd ini dirancang oleh Edward Grotte, direktur perusahaan baja dan amunisi Jerman Krupp selama Perang Dunia II. Krupp adalah pihak yang merancang tank Tiger, tank ampuh Nazi yang sering digunakan dalam berbagai pertempuran selama Perang Dunia II.

Ratte adalah satu dari sekian "Wunderwaffe" yang diusulkan dari rezim Nazi. Wunderwaffe, secara harfiah berarti "Senjata Ajaib," adalah sebutan yang diberikan kepada banyak senjata super yang coba dikembangkan Nazi selama perang (jika kau penasaran, Meriam Schwerer Gustav juga termasuk dalam kategori Wunderwaffe ini)

Meskipun disebut senjata ajaib, kebanyakan dari senjata-senjata ini biasanya selalu gagal di lapangan karena ketidak efisienan yang menyertainya—pada senjata-senjata tertentu, bahkan ada yang lebih aneh dibanding fiksi dari segi bentuk dan pengembangan

Untuk kasus tank raksasa Landkruzer P. 1000 Ratte, prosesnya hanya sampai kepada pengembangan sebelum akhirnya dihapus dari daftar “Wunderwaffe” Nazi. Tentu saja alasan utamanya adalah karena tidak praktis.

Bobotnya yang sangat besar artinya bahwa tank itu tidak bisa melewati jembatan atau jalan. Ukurannya yang besar, juga berarti tidak bisa melewati terowongan atau diangkut dengan kereta api.

Selain itu, (lagi-lagi) karena bobot dan ukurannya yang sangat besar, membuatnya tidak dapat melakukan perjalanan lebih dari 25 mil per jam, menjadikannya sasaran empuk bagi pesawat dan artileri musuh.

Meskipun begitu, Adolf Hitler sendiri nampaknya sangat terpukau dengan segala macam senjata yang berukuran besar. Tentu saja karena hal itu menakutkan dan memberikan fear effect kepada barisan musuh. Tidak heran bahwa Adolf Hitler sangat ingin senjata ini menjadi kenyataan.

Heinz Guderian, seorang jenderal Jerman dan pemimpin divisi tank Reich Ketiga, menulis dalam otobiografinya bahwa, "Fantasi Hitler membawanya ke alam raksasa." (pfft)

Dia menulis bahwa "Para insinyur diperintahkan untuk merancang dan menyelesaikan tank monster seberat 1.000 ton tersebut."

Sayang sekali, setelah satu tahun dalam masa pengembangan, proyek kesayangan Hitler ini akhirnya dicoret dan disingkirkan oleh Albert Speer, Menteri Persenjataan dan Produksi Perang Hitler, yang dengan tepat menyadari bahwa tidak ada kegunaan praktis untuk tank raksasa itu.

Dan karena pembatalan proyek tersebut, Tank Landkruzer P. 1000 Ratte, gagal menjadi pemegang rekor tank terbesar yang pernah ada.

(Perbandingan skala antara Panzerkampfwagen VIII "Maus"dengan Landkruzer P. 1000 "Ratte" yang gagal dibuat. Yap, memang kelihatannya lebay dan Overkill menurut admin)

Baca Juga :

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

4 Responses to "Rencana Nazi membangun Tank Terbesar Yang Pernah ada"

  1. Padahal menurut gue senjata paling menakutkan itu semakin kecil, ringkas, tak terdeteksi dan mematikan. Contoh paling gampang ya racun. Manusia kan cenderung takut dgn sesuatu yg tak terlihat dan tak bisa dipahami. Cmiiw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. admin yakin Nazi zaman dahulu juga gencar mengembangkan senjata biologis. Namun karena mereka kalah perang duluan, senjata biologis mereka mungkin belum bisa mencapai level yang dapat menyebabkan zombie apocalypse.

      Delete
  2. Keren blognya. Mampir2 ya min ke https://rumahmisteri.com
    Aku juga baru merintis blog misteri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. weh,, rumahmisteri.com , gw sekali duakali mampir ke blog situ tauk. kemarin baca yang tentang "panduan keamanan lift" keren banget itu.
      besok gw coba tinggalin komen disana yak.

      Delete