v Dazzle Camouflage : Jika Tak Bisa Membuat Kapal Tersembunyi, Buat saja Sangat Mencolok agar Musuh Bingung | UNSOLVED INDONESIA

Dazzle Camouflage : Jika Tak Bisa Membuat Kapal Tersembunyi, Buat saja Sangat Mencolok agar Musuh Bingung

Menghindari musuh di medan perang merupakan strategi yang sangat penting. Selama Perang Dunia I, Jerman akan menyerang dengan kapal selam, yang bisa bergerak di dalam laut

Kapal-kapal sekutu, yang hanya bisa mengapung di permukaan air menjadi sasaran empuk mereka. Bahkan upaya mengecat kapal dengan kamuflase pun, tidak bisa dibilang efektif karena kapal tidak bisa sepenuhnya “menyatu” dengan laut menggunakan kamuflase.

Itulah kenapa, pernah diciptakan sebuah strategi dengan logika yang aneh : Jika Kau tidak Bisa Membuat Kapal Tersembunyi, Buat saja Musuh Bingung.

Logika itu, melahirkan strategi Dazzle Camouflage, yang pada dasarnya adalah mewarnai kapal dengan warna yang sangat mencolok, dan membuat musuh sulit memahami bahwa itu adalah kapal tempur.

Dazzle Camouflage

Perang Dunia I bukanlah era peluru kendali yang dapat mengenai sasaran bergerak dengan presisi. Pertempuran laut, keseluruhannya lebih tentang ketajaman visual dan menembak pada titik yang diperkirakan di kejauhan.

Kapal selam U-Boat yang dikendarai oleh Jerman, mampu bergerak di bawah permukaan air dan diketahui akan selalu muncul pada jarak tembak dari kapal-kapal pasukan sekutu.

Dalam detik krusial itu, sesuatu harus dilakukan, dengan cepat, untuk menyelamatkan kapal perang sekutu agar tidak ditembak terlebih dahulu. Normalnya, kamuflase adalah cara untuk menyembunyikan keberadaan antara suatu objek dan sekitarnya. Ibarat bunglon yang menghijau di dedaunan hijau.

Sayangnya, pemahaman ini tidak berlaku untuk kapal yang mengambang atas laut dan dibawah langit yang bergerak. Awan terbentuk dan menghilang dan ombak pun tidak bisa diam. Terlebih, asap dari cerobong kapal meninggalkan jejak yang sulit disembunyikan.

Lantas, apa yang bisa menjadi alternatif untuk menyembunyikan keberadaan Kapal? (perlu dicatat bahwa pada masa itu, juga belum ada tekhnologi stealth yang bisa menyembunyikan kendaraan militer dari radar)

Solusi out-of-the-box, datang dari pelukis Inggris bernama Norman Wilkinson. Pandangannya tentang masalah itu sederhana. Mengingat bahwa menyembunyikan kapal tidak mungkin dilakukan, mengapa tidak membuatnya lebih mencolok saja?

Idenya adalah mengecat badan kapal dengan berbagai bentuk dan desain dalam warna-warna cerah. Hal tersebut, harapannya adalah agar dapat mengejutkan dan membingungkan musuh.

Meskipun hanya sekejap, namun di dalam pertempuran dimana 1 detik sangat berarti, musuh yang bingung berarti kesempatan untuk menyerang. Dan musuh yang ragu-ragu untuk menyerang duluan, maka sudah dipastikan kalah dalam pertarungan mental dan momentum.

(Perbedaan Penglihatan dari teleskop kapal selam antara Kapal yang dicat dengan Dazzle Camouflage dan Kapal yang dicat abu-abu)

Dazzle Camouflage dalam Pertempuran

Ide yang berani, dan sangat aneh itu, awalnya dipakai dan nampaknya cukup berhasil mengecoh jarak dan pemahaman sudut pandang dari pasukan musuh yang melihat dari jauh.

Semenjak saat itu, diketahui lebih dari 1200 kapal, kemudian dicat dengan Dazzle Camouflage Pada era Perang Dunia I. Ini termasuk kapal penumpang dan kapal dagang juga. Kapal saudara Titanic yang terkenal di dunia, RMS Olympic, juga dicat menggunakan Dazzle Camouflage pada masa itu.

Itu adalah ide gila karena pada dasarnya, alih-alih menyembunyikan kapal, Dazzle Camouflage lebih ke memperlihatkan kapal secara terbuka, seolah-olah mengatakan: ini aku, pukul aku.

Disisi lain, dari sudut pandang musuh, Dazzle Camouflage memang cukup menantang kepekaan dari seorang komandan angkatan laut.  Melihat motif yang terlalu “distractinng” itu, membuat mereka keliru dalam menilai jarak kapal, dan tembakan senjata/meriam mereka menjadi melenceng dari sasaran

Selama beberapa waktu, Dazzle Camouflage menjadi strategi yang cukup efektif untuk mengacaukan serangan Kapal Selam U-Boat Jerman kepada kapal Sekutu.

Yap,, hanya beberapa waktu saja...

Kelemahan Dazzle Camouflage

Pasca Tekhnologi torpedo Jerman mulai mengalami perkembangan, kapal-kapal yang dicat menggunakan Dazzle Camouflage dikabarkan malah menjadi sasaran empuk.

Sebuah kapal surat bernama RMS Leinster, yang dicat menggunakan Dazzle Camouflage, ditabrak dan dihancurkan oleh sebuah torpedo U-Boat begitu saja. Selain karena teknologi torpedo Jerman kala itu sedikit mengalami kemajuan dibanding yang lain, para personil Angkatan Laut Jerman perlahan tapi pasti juga dikatakan mulai terbiasa dengan obyek-obyek Dazzle Camouflage.

Kala Dazzle Camouflage dirasa sudah tidak efektif lagi untuk “melindungi” kapal, prakteknya pun sepenuhnya ditinggalkan.

(HMS Argus, 1918)

Psikologi dibalik Dazzle Camouflage

Dazzle Camouflage, sebenarnya adalah bagian dari tatanan alam. Zebra adalah contohnya. Kawanan Zebra, dari kejauhan, tampak sebagai pola garis-garis hitam dan putih daripada sekelompok hewan yang berkumpul bersama.

Kita sebagai manusia mungkin dapat memahami bentuk dari kelompok hewan ini dari jarak jauh. Tetapi pemangsa liar, mungkin hanya melihat gelombang garis putih dan hitam secara umum saja—bisa dibilang bahwa, apabila Zebra berkelompok itu juga termasuk upaya pertahanan diri untuk menjauhkan musuh.

Terlepas dari dihentikannya Dazzle Camouflage sebagai upaya kamuflase, namun penggunaannya masih tetap dilakukan bahkan hingga saat ini (digunakan untuk mewarnai benda atau tempat tertentu)

Mitch Cope, salah satu pendiri Design 99 di Detroit, Michigan, telah mengamati bahwa bangunan dengan pola desain Dazzle Camouflage rupanya lebih aman dari vandalisme dibandingkan dengan yang tidak memiliki desain seperti itu.

Dengan premis ini, studio Design 99 diketahui sering membuat desain warna abstrak pada rumah yang ditinggalkan, dan mengklaim bahwa hal tersebut bertindak sebagai pencegah bagi para pengacau dan pencuri.

Hmm..

Baca Juga :

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

0 Response to "Dazzle Camouflage : Jika Tak Bisa Membuat Kapal Tersembunyi, Buat saja Sangat Mencolok agar Musuh Bingung"

Post a Comment