v Josh Maddux Hilang pada 2008. Tujuh Tahun Kemudian Dia Ditemukan Menjadi Mayat di dalam Cerobong Asap. | UNSOLVED INDONESIA

Josh Maddux Hilang pada 2008. Tujuh Tahun Kemudian Dia Ditemukan Menjadi Mayat di dalam Cerobong Asap.

(Joshua Maddux dan kakak perempuannya, Ruth)

Pada 8 Mei 2008, Joshua “Josh” Maddux yang berusia 18 tahun diketahui meninggalkan rumahnya untuk berjalan-jalan. Dia adalah seorang pecinta alam, jadi ini bukan hal yang aneh.

Sayang, itu adalah perjalanan satu arah karena Josh, tidak pernah terlihat lagi.

Well, setidaknya sampai tujuh tahun kemudian dimana pada Agustus 2015, kurang dari satu mil jauhnya dari rumah Josh, pengembang properti, Chuck Murphy diketahui menghancurkan sebuah kabin kayu tua untuk membebaskan lahan bagi 32 rumah keluarga baru.

Kabin itu sudah tidak digunakan selama bertahun-tahun dan bagian dalamnya lembab dan kotor. Pekerjaan untuk menghancurkan cerobong asap di dalam kabin dimulai dan yang mengejutkan tim pembongkaran, berada di dalam tembok adalah sesosok mayat, yang kemudian dikonfirmasi sebagai Josh.

Penemuan tubuh setengah telanjang itu, kemudian membongkar sebuah kasus misteri yang baru.

Kasus Josh Maddux

Joshua Maddux lahir pada 9 Maret 1990, dan tinggal di Woodland Park, sebuah kota berpenduduk sekitar delapan ribu orang, di Pike National Forest, Teller County, Colorado. Orang tuanya bercerai dan Josh tinggal bersama ayahnya Mike dan dua saudara perempuan Kate dan Ruth.

Dia adalah lelaki ceria, menyukai musik, dan lebih sering menghabiskan banyak waktu luangnya untuk menulis musik atau bermain gitar. Di sekolah, dia dikenal sebagai siswa yang cerdas dan tampaknya sangat disukai.

Dua tahun sebelum hilangnya Josh, tepatnya pada 1 Juni 2006, seminggu sebelum kelulusan SMA-nya, kakak laki-lakinya, Zachary yang berusia 18 tahun kala itu, bunuh diri setelah menderita depresi berat. Mike Maddux berkata, “Aku menguburkan kakak laki-lakinya dua tahun sebelumnya dan itu sangat sulit bagi Josh. Ketika saudaranya meninggal, itu mendorongnya kedalam keputus-asaan. Itu adalah kejutan besar bagi keluarga dan kejutan besar bagi Josh. Dia sangat memikirkan kakak laki-lakinya.”

Meskipun demikian, Josh dilaporkan berhasil melewati masa kesedihan atas kehilangan kakaknya itu dengan baik.

Pada tanggal 8 Mei 2008, Josh meninggalkan rumah, memberi tahu saudara perempuannya, Kate bahwa dia akan jalan-jalan. Dia memang sering pergi hiking sendirian, jadi ketika dia pamit untuk pergi, Kate tidak terlalu memikirkannya.

Namun, ketika dia gagal kembali malam itu, keluarga menjadi khawatir. Pada 13 Mei, 5 hari setelah dia menghilang, ayahnya, Mike, menelepon polisi untuk melaporkan Josh hilang.

Mike berkata, “Aku bangun pada suatu pagi dan Josh ada di sana, lalu dia tidak pernah pulang. Keesokan harinya dia masih belum pulang. Aku menelepon teman-temannya, tidak ada yang melihatnya. Tidak ada yang tahu di mana dia berada.”

Hilangnya Josh

Pihak berwenang, teman, dan keluarga, kemudian bersama-sama menjelajahi lingkungan dan area terdekat di mana Josh mungkin hilang. Setelah berbulan-bulan mencari, tidak ada yang ditemukan dan harapan memudar.

Polisi tidak punya alasan untuk mencurigai adanya kecurangan, dan langsung mendaftarkan kasus ini sebagai orang hilang. Selama tujuh tahun lamanya, baik polisi maupun keluarga benar-benar tidak bisa mengetahui apa yang terjadi kepada Josh.

Hingga kemudian...

Pada tahun 2015, Chuck Murphy, seorang kontraktor dari Colorado Springs, sedang melakukan proyek penghancuran kabin, di Meadowlark Lane. Chuck awalnya membeli kabin pada 1950-an. Kabin itu, dulunya adalah properti di dalam sebuah komplek komersial yang bernama Homestead of Thunderhead Ranch di Woodland Park.

Karena kabin sudah tidak digunakan selama satu dekade dan telah rusak, Chuck membuat keputusan untuk menghancurkan kabin dan membuka jalan bagi pengembangan properti lain di tanah tersebut.

pada Agustus 2015, pekerjaan pembongkaran pun dimulai. Kakak Chuck pernah tinggal di kabin sampai tahun 2005, tetapi sejak pindah, kabin itu menjadi fasilitas penyimpanan dan jarang dikunjungi.

Hewan telah menjadi masalah dan ada bau busuk yang mencolok ketika Chuck datang ke kabin pada 7 Agustus.

Saat para pekerja membongkar cerobong asap, salah satu dari dua di kabin, menggunakan ekskavator, dan mencapai bagian dalam, Chuck membuat penemuan mengerikan dari tubuh seorang pria muda, dalam posisi terbalik dengan kaki di atas kepalanya.

Dia lalu menelepon polisi yang datang dengan Pemeriksa Wilayah yang kemudian, dengan bantuan catatan gigi, secara positif mengidentifikasi mayat itu sebagai pria yang hilang, Joshua Maddux.

Pasca Mayat Ditemukan

Tentu saja, penemuan itu langsung dilaporkan kepada keluarga Maddux yang kemudian, sangat terkejut mendengar kabar tersebut. Jika diingat dalam masa pencarian tujuh tahun lalu, kabin itu memang terletak hanya dua blok dari rumah keluarga Maddux, namun karena itu adalah properti pribadi, tempat itu tidak diperiksa.

Kala itu, tim pencari juga tidak menemukan tanda-tanda kehidupan dan tidak ada alasan untuk memeriksa cerobong asap di sana. Chuck Murphy, pemilik kabin sendiri jarang mengunjunginya, namun, pada saat dia harus check-in, dia sendiri tidak melihat ada yang aneh dengan kabin itu.

Karena kabin itu sendiri berdiri di tengah di sebidang tanah yang luas, dikelilingi oleh pohon pinus yang tinggi, sekitar 50 kaki dari jalan. Polisi menjelaska bahwa tanpa rumah yang berdekatan, jika Josh berteriak minta tolong, tidak akan ada yang bisa mendengarnya.

Otopsi Mayat Josh

Pasca mayat ditemukan, otopsi pun dilakukan, dan dalam otopsi itu, petugas tidak menemukan bukti obat apa pun di jenazah Josh.

Pada tanggal 28 September 2015, petugas menetapkan kematian Josh sebagai “kematian yang tidak disengaja”. Dia berspekulasi bahwa Josh telah naik ke cerobong asap dan terjebak di tembok. Petugas itu juga menyatakan bahwa posisi Josh di cerobong asap, mendukung teori tersebut.

Menambahkan, petugas menyimpulkan penyebab kematian yang paling mungkin adalah hipotermia, karena suhu di sekitar waktu dia menghilang antara 8 dan 10 Mei 2008, adalah sekitar -6.7°C.

Sayang pernyataan itu nampaknya dibantah oleh Chuck selaku pemilik kabin. Pasalnya, Josh tidak mungkin jatuh dari atas cerobong dan masuk ke dalam karena di atas cerobong kabin, terdapat jaring kawat yang menutupi lubangnya. Itu adalah jaring yang berguna untuk mencegah hewan liar jatuh ke dalam cerobong..

Mengakui bantahan Chuck, petugas nampaknya menarik kembali perkataannya dan memulai investigasi lanjutan. Setelah dipikir, memang aneh karena rupanya, lubang perapian di dalam rumah  (yang terhubung dengan cerobong) diketahui ditemukan dalam kondisi ditutup papan (yang berasal dari dapur). Hal tersebut tentu tidak bisa terjadi apabila Josh meninggal secara “tidak sengaja”

Tambahan lain, adalah posisi Josh yang ditemukan dengan kondisi kepala dibawah. Untuk masuk ke posisi seperti itu, Josh harus jatuh kepala terlebih dahulu dari atas, dan mengingat jaring kawat yang ada di atas seperti kata Chuck, semisal Josh masuk seperti itu dari bawah, pasti tidak mungkin dia lakukan sendiri (maksudnya, ada kemungkinan dia ‘diposisikan’ seperti itu oleh orang lain)

Yang lebih aneh lagi adalah ketika tubuh Josh ditemukan, dia hanya mengenakan kemeja tipis dan pakaiannya benar-benar ditemukan di dalam kabin, terlipat di samping perapian.

Penyidik, sempat berkomentar tentang bukti ini, “Yang ini benar-benar membebani otak kami. Kami menemukan pakaiannya di luar tungku. Dia hanya mengenakan kaus termal. Kami tidak tahu mengapa dia menanggalkan pakaiannya, melepas sepatu dan kaus kakinya, dan mengapa dia pergi ke luar, naik ke atap dan turun ke cerobong asap. Ini semua tidak masuk akal.”

Pasca bukti-bukti itu, laporan otopsi yang direvisi mengatakan bahwa penyebab kematian adalah kematian karena kecelakaan, pembunuhan, atau penyebab yang belum ditentukan.

Beberapa hari kemudian, mereka kembali kepada kesimpulan awal, “Kami telah menemukan penjelasan yang paling masuk akal dan itu akan tetap menjadi kecelakaan. Dia memang turun dari cerobong asap, itulah kesimpulan kami.”

(Statement diatas, dikeluarkan pasca penyidik memeriksa kabin dan bagian atap kabin, tidak ditemukan jaring kawat)

Chuck Murphy, bagaimanapun, tetap bersikeras kalau ujung cerobong asap di puncak, memang memiliki jaring kawat baja sebagai penutup (dan menganggap teori jatuh dari atas itu tidak masuk akal). Dia bahkan berani bersumpah kalau di hari pembongkaran, dia dan tim pembongkar sudah melepas jaring kawat baja tersebut karena—normalnya—struktur besi seperti itu akan dicopot terlebih dahulu sebelum kabin dibongkar dengan excavator.

(Kabin milik Chuck Murphy yang menjadi pusat kasus)

Teori tentang kematian Josh

Pasca statement tentang kematian Josh dirilis, polisi diketahui menerima beberapa tip anonim yang nampaknya menjelaskan bahwa apa yang terjadi kepada Josh, adalah pembunuhan.

Tip anonim tersebut, menyeret seseorang bernama Andy Newman yang memiliki sejarah panjang dengan kejahatan dan kekerasan. Laporan saksi, mengatakan bahwa Josh sempat terakhir terlihat dengan Andy.

Sayang laporan tersebut tidak bisa dikonfirmasi karena secara tekhnis, kasus Joshua Maddux sudah bertahan selama 7 tahun dan bukti-bukti yang menjelaskan bahwa laporan itu benar, sudah mustahil untuk dilacak.

Pada 2015, sebuah postingan di Reddit, sempat mengegerkan netizen karena user tersebut menjelaskan : “Aku satu SMP dengan hippy norak kurus bernama Andy yang bermain gitar di sebuah band. Aku tidak pernah berteman baik dengannya atau apa pun, tetapi sekitar setahun setelah aku lulus, salah satu teman baikku, Josh, mulai bergaul dengannya dan kemudian menghilang.

Aku mengetahui bahwa Andy pernah pergi ke New Mexico dan menikam seorang pria cacat sampai mati. Tidak hanya itu, dia juga mengaku telah membunuh seorang wanita di Taos dan memasukkan tubuhnya ke dalam tong.”

Berhubungan dengan itu, polisi di Taos, New Mexico memang diketahui pernah menangani kasus tentang seorang perempuan yang dimasukkan ke dalam tong. Namun, mereka memiliki tersangka lain yang sudah ditahan (dan itu bukan Andy)

Dan karena tentang membunuh si pria cacat tidak bisa dikonfirmasi, petugas pun pada akhirnya mencoret nama Andy Newman dari penyelidikan. Kesimpulan final polisi yaitu, kematian Josh tetap merupakan kecelakaan.

(Tambahan : Jadi rupanya, menurut sumber lain yang admin baca, ada beberapa laporan di kepolisian dimana pasca Josh menghilang, segelintir orang sempat melaporkan Andy Newman karena dia membual tentang “memasukkan Josh ke dalam lubang”)

(Andrew "Andy" Newman)

In The End

Yah, polisi sudah menyimpulkan bahwa itu kecelakaan. Dimana Josh, mungkin menaiki atap dan masuk ke cerobong asap dari atap dengan kepala duluan. Tapi yah, namanya polisi, pasti mereka selalu benar kan?

Mari lupakan saja fakta bahwa pakaian Josh sudah dilipat rapi di dekat perapian. Ataupun fakta bahwa pemilik kabin, Chuck Murphy menegaskan bahwa bagian atas kabin memiliki jaring kawat untuk mencegah sesuatu jatuh dari atas.

Admin yakin, soal papan yang menutupi lubang perapian dari dalam, pasti disebabkan oleh hantu. Yap, satu-satunya penjelasan bahwa papan yang harusnya bagian dari dapur itu bisa menutupi perapian, sudah pasti karena hantu.

Hah, sebuah teori yang menyatakan bahwa Joshua Maddux dibunuh oleh Andy Newman? Pfft.. sebaiknya coret saja dari penyelidikan dan tidak usah diungkit lagi. Toh, laporan saksi itu tidak berguna.

Baca Juga :

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

2 Responses to "Josh Maddux Hilang pada 2008. Tujuh Tahun Kemudian Dia Ditemukan Menjadi Mayat di dalam Cerobong Asap."

  1. Unspoken talesnya update dong. Aku suka dengan ceritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. sabar ya gan, ntar kalau udah ada ide, admin lanjut

      Delete