Misteri Kapal SS. Ourang Medan, Cerita Pelaut yang Penuh dengan Missing Link | UNSOLVED INDONESIA
Beranda - Kasus - Geek - Riddle - Lost Notes - Horror Story - About Blog - Kontak Admin

Misteri Kapal SS. Ourang Medan, Cerita Pelaut yang Penuh dengan Missing Link



Cerita SS. Ourang Medan :

Februari 1948, itulah tanggalnya. Dimana Kapal Baltimore dan Kapal Silver star yang kala itu tengah mengapung di sekitaran Selat Malaka menerima sinyal SOS dari kapal Ourang Medan. Dalam sinyal SOS yang singkat tersebut, pesan yang disampaikan samar, namun maknanya jelas.


"Para perwira sudah mati, mayat kapten ada di ruang kendali. Awak kapal yang lain juga sepertinya sudah tewas."

Silver Star, yang mendapat lokasi pasti datangnya sinyal tersebut langsung saja mengarahkan kemudi untuk membantu kapal yang sedang dalam kesulitan itu. Mereka sempat beberapa kali mendapat sinyal Morse dari kapal yang sama, yang mana langsung membuat mereka untuk semakin bergegas menuju lokasi.

Beberapa jam perjalanan mereka, Sinyal SOS itu berhenti. Bahkan saat kapten Silver Star sudah bisa melihat samar-samar kapal Ourang Medan dari ujung teropongnya, kapal tersebut tidak merespon saat coba dihubungi kembali.

Karena merasa janggal, Kapten Silver Star pun segera mengirimkan Tim penyelidik untuk menyelidiki kapal tersebut.

Betapa kagetnya Tim penyelidik yang dikirim saat mereka melihat mayat-mayat bergelimpungan diatas dek. Dengan kondisi wajah pucat dan mata terbuka.

Mengabaikan hal tersebut karena benar-benar ingin mencari tau, tim penyeldik pun menyusuri bagian-bagian kapal, mencoba sebisa mungkin mencari korban selamat agar bisa menjelaskan apa yang terjadi. Saat mereka memeriksa ruang kendali, disitulah horror yang terjadi semakin tidak masuk akal. Pasalnya kapten dan seluruh perwira sudah menjadi bangkai di ruang tertutup Itu. Nampaknya sang kapten mencoba mengumpulkan seluruh perwira dan hendak mendiskusikan sesuatu sebelum mereka semua mati ditempat. Wajah ketakutan jelas terpampang di garis kepala mayat-mayat tersebut.

Ya, semua penghuni kapal tersebut meninggal tak terkecuali, termasuk operator radio yang ditemukan terkulai lemas di dekat peralatannya. Bahkan sosok anjing pun juga ditemukan mati di bawah dek. Benar-benar habis tanpa sisa.

Tim penyelidik yang masih penasaran. Mencoba mencari tau bekas-bekas kejadian ataupun sesuatu yang mungkin bisa mereka jadikan petunjuk. Namun sayangnya nihil.Tidak terlihat adanya kerusakan di mesin, dek maupun dimana saja yang dapat mengidikasikan terjadinya kekerasan.

Benar-benar aneh!

Yang paling aneh adalah. Belum selesai mereka memeriksa, tiba-tiba muncul kobaran api dari kargo yang ada di atas kapal. Api itu menjalar cepat menuju bagian lain kapal. Memaksa seluruh tim penuelidik untuk menyemalatkan diri dan mengayuh kapal yang mereka tunggangi untuk naik ke Ourang Medan Sejauh mungkin.

Yang mereka tau selanjutnya, kapal Ourang Medan meledak dengan suara keras dan karam ke dasar laut. Menenggelamkan segenap misteri yang belum berhasil mereka ungkap.


Tragedi SS Ourang Medan pertama kali diceritakan kepada publik lewat Proceedings of the Merchant Marine Council yang diterbitkan oleh US National Coast Guard tahun 1953.

Namun yang mengganjal dari kisah ini adalah, tidak pernah ditemukan bukti-bukti pendukung yang menjelaskan bahwa kapal ini benar-benar ada.

(Koran Pemberitaan Belanda tentang Ourang Medan)


Banyak spekulasi-spekulasi yang mencoba menjelaskan tentang apa yang terjadi kepada awak kapal SS Ourang medan. Yang paling terkenal adalah sebelum karam, dek kapal tersebut mengalami penimbunan massive gas beracun yang mana membuat seluruh kru keracunan dan mengalami mass hysteria—Namun teori ini tetap tidak masuk akal apabila mempertimbangkan tim penyelamat dari Silver Strr juga harus naik ke dek dan harusnya jika gas beracun itu ada, maka mereka pasti akan kena juga. Bahkan apabila gas beracun yang tersebar berskala kecil, tentu saja tidak mungkin bisa menghabisi sekaligus seluruh kru awak kapal dalam waktu kurang lebih satu hari. Harusnya ada beberapa awak pintar yang berhasil menurunkan sekoci semisal gas beracun menyebar dalam skala kecil.

Ada juga teori lain yang menyebutkan bahwa ada penyusup yang menyabotase kapal. Hal itu menjelaskan kenapa Kapten dan perwira berkumpul di ruang kendali. Hal tersebut juga ‘katanya’ menjelaskan kebakaran yang terjadi pada kargo, sengaja disulut untuk mmengusir tim penyelamat. Namun, mempertimbangkan kapal SS Ourang medan karam setelahnya, bukankah itu artinya upaya bunuh diri?

Beberapa orang lain juga menyangkut pautkan cerita ini dengan Supranatural bahkan Alien. Ada juga yang menganggap bahwa cerita SS Ourang Medan hanyalah khayalan yang sengaja dibuat-buat oleh para pelaut sebagai dongeng palsu yang bisa mereka ceritakan kepada siapa saja.

Bagaimana menurut anda?


Yth Pembaca,
Mohon untuk tidak meng-copas artikel di blog ini sembarangan. Buatnya susah gan. Kalau mengutip boleh, tapi mohon sertakan sumber. Terima kasih.

0 Response to "Misteri Kapal SS. Ourang Medan, Cerita Pelaut yang Penuh dengan Missing Link"

Post a Comment