League Of Monsters : Pengakuan Para Penjelajah tentang Keberadaan Putri Duyung

Sesuatu yang aneh sempat menggemparkan sebuah kota di tepi laut daerah Kiryat Yam,  pada tahun 2009. Ini dimulai dengan satu orang, tetapi segera lusinan orang lain melaporkan melihat pemandangan menakjubkan yang sama yaitu: putri duyung bermain-main di ombak dekat pantai.

Penampakan putri duyung ini kemudian menjadi perbincangan khalayak ramai. Dan seiring berjalannya waktu, laporan dari para saksi mata pun terus berdatangan. Hal ini sangat heboh sampai pemerintah setempat menggelar sayembara : apabila ada yang berhasil memotret putri duyung tersebut dan terbukti asli, maka orang tersebut akan diberikan uang 1 juta dolar.

A Mermaid tale...

Cerita tentang putri duyung telah ada sejak dahulu kala. Ceritanya muncul dari sirene Homer hingga Little Mermaid karya Hans Christian Andersen,

Putri duyung biasanya digambarkan sebagai makhluk setengah wanita setengah ikan. Habitat mereka ada di laut dan terkadang diibaratkan sebagai seorang wanita yang berparas cantik.

Putri duyung juga sering disebut di dalam cerita rakyat masyarakat di daerah-daerah tertentu. Hal tersebut kemudian dipopulerkan dengan perkembangan budaya dan cerita putri duyung menjadi lebih terkenal karena mendapat adaptasi di film-film.

Meskipun begitu, setiap cerita tersebut memiliki kesamaan : yaitu dianggap sebagai fiksi atau merupakan bualan belaka. Yep, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukan keberadaan putri duyung.

Itulah kenapa, tampak membingungkan tatkala pemerintah di suatu daerah tertentu bahkan repot-repot mengelar sayembara untuk membuktikan keberadaan sosok mitos tersebut.

Namun terlepas dari itu semua, sebenarnya ada sebuah cerita yang cukup aneh tentang putri duyung. Dimana sejumlah penjelajah paling legendaris dalam sejarah, pernah  mencatat penampakan putri duyung dalam perjalanan mereka.

Pertemuan para penjelajah dengan Putri Duyung.

Henry Hudson terkenal sebagai orang Eropa pertama yang berlayar menyusuri sungai dan menjelajahi teluk yang sekarang menyandang namanya. (Sungai Hudson di New York dan teluk Hudson di Kanada)

Pada tahun 1608, Hudson mencatat dalam buku catatannya bahwa pada sebuah pelayaran, beberapa krunya pernah melihat putri duyung berenang di dekat sisi kapal mereka.

Para pelaut tersebut mengklaim bahwa mereka melihat dengan jelas penampakan putri duyung tersebut. Bahkan, mereka menggambarkan bahwa fisiknya dari pusar ke atas "punggung dan payudaranya seperti wanita" tetapi ketika dia menyelam di bawah air “Ada ekornya, yang mana seperti ekor lumba-lumba."

Pada Tahun yang berbeda, cerita juga datang dari pelayaran yang dipimpin oleh  Kapten John Smith (sosok yang ditemui Pocahontas), ketika dia berlayar dari sebuah pulau di Hindia Barat. Dia mengaku melihat seorang wanita yang tengah berenang.

Awalnya, John Smith mengira kalau itu wanita biasa. Namun hal aneh mulai menarik perhatiannya. Dia menggambarkan kalau wanita itu memiliki rambut berwarna hijau yang unik. Semakin lama dia memperhatikan, dia kemudian menyadari bahwa wanita itu memiliki setengah badan yang mirip seperti ikan.

Bahkan, dari semuanya. Sosok penjelajah paling terkenal di dunia Juga punya cerita tentang pertemuannya dengan putri duyung.

Pada 9 Januari 1493, Christopher Columbus mengaku bahwa dia juga melihat penampakan tiga sosok wanita yang berenang di laut, tatkala Coloumbus berlayar di dekat republik Dominika.

Penggambaran yang dia sampaikan tentang sosok-sosok tersebut, hampir mirip seperti yang diceritakan oleh Kapten John Smith dan Kapten Henry Hudson.

Apakah Mereka benar-benar melihat Putri duyung?

Secara tekhnis. Jika menyebut tentang penemuan putri duyung, sudah pasti yang pertama menemukannya haruslah para penjelajah. Secara, mereka adalah orang-orang yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di laut. Dan jika putri duyung memang hidup di laut, pastinya dalam beberapa kesempatan, para penjelajah itu akan melihat mereka.

Pertanyaannya adalah, apakah kisah mereka bisa dipercaya? Well..

Sebenarnya, kisah Smith mungkin hanyalah fiksi. Referensi paling awal yang dapat dilacak tentang cerita pertemuan kapten Smith dengan putri duyung berambut hijau adalah artikel surat kabar tahun 1849, yang ditulis oleh Alexander Dumas.

Alexander Dumas adalah Penulis cerita fiksi The Three Musketeers. Diyakini cerita putri duyung yang ditulis Dumas adalah sebuah cerita ‘yang ditambah-tambahi’ agar dapat mempopulerkan ceritanya sendiri.

Disisi lain, para sejarahwan juga menjelaskan tentang kasus Coloumbus dan Hudson. Penampakan putri duyung yang dilihat Hudson dan Columbus mungkin hanyalah manate. Atau seekor mamalia laut yang masih satu kerabat dengan dugong,

Para sejarahwan bahkan menambahkan bahwa. Segala hal tentang duyung yang dilihat para pelaut, kemungkinan besar adalah bentuk imajinasi saja. Pelayaran yang dilakukan dalam penjelajahan terkadang berbulan-bulan, dan tentu saja hal tersebut sangat melelahkan. Dikarenakan setressnya pikiran para pelaut, mereka salah mengira kalau manate adalah putri duyung.

Kebenaran tentang Putri Duyung

Hmm, Admin tadi sempat menyebutkan kalau ada suatu pemerintah daerah tertentu yang mengadakan sayembara fotografi kan? Dimana mereka akan memberikan uang satu juta dollar kepada siapa saja yang berhasil memotret penampakan putri duyung.

Ternyata, hal tersebut hanyalah upaya pemerintah setempat untuk meningkatkan daya tarik pariwisata. Bahkan kabarnya, mereka cukup percaya diri bahwa tidak akan ada yang bisa mendapatkan foto tersebut sehingga uang hadiahnya pun belum disiapkan sama sekali. (dih..)

Hmm..

Jadi, Apakah Putri Duyung itu ada? Well..., t-tentu saja ada. Sangat ada, sangat sekali ada. Tidak ada keraguan apapun  ¬)   yeps..

Baca Juga :

League Of Monsters : Kasus Misterius Penampakan El-Chupacabra

Kuchisake Onna, Mau dianggap Cantik Tapi Maksa

Membahas Doppelgenger, Kembaran yang (katanya) jahat

Tag : Misteri Putri Duyung, Penampakan putri duyung asli, legenda putri duyung, kisah menakutkan putri duyung

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

1 Response to "League Of Monsters : Pengakuan Para Penjelajah tentang Keberadaan Putri Duyung"

  1. Creepy anjer gambar putri duyungnya.
    Btw, Gue tau Alexander Dumas itu dari Shawshank Redemption pas Heywood salah ngeja Dumas jadi "Dumb Ass".Asli ngakak.
    Bisa dibikin ada kok putri duyung. Operasi bedah aja siapa kek gitu (Referensi dari Human Centipede).

    ReplyDelete