Acrophobia, dan Enam Alasan Kenapa Orang Takut Ketinggian

Well Damn. Acrophobia artinya adalah sebuah perasaan takut yang datang saat berada di tempat tinggi. Ciri-Ciri pengidap Acrophobia, biasanya kalau berada di tempat tinggi kaki akan gemetaran dan tuhan serasa dekat.

Bukan apa-apa, gravitasi adalah salah satu musuh manusia (terlebih bagi mereka yang tidak memiliki parasut) di ketinggian. Memang kodratnya manusia tidak bisa terbang---Tanpa bantuan pesawat, kita hanyalah sosok lemah yang tidak dapat melawan gaya gravitasi.

Gejala yang dirasakan oleh pengidap Acrophobia biasanya terbilang umum layaknya phobia lainnya. Mual, pusing, gemetar, dan berdiri kadang tidak stabil kalau melihat kebawah dari ketinggian tertentu.

Admin sendiri, Jujur sedikit ter-trigger dengan ketinggian. Alasannya, adalah.. well, sebenarnya ada enam (sory, karena satu dan lain hal, nama dari orang-orang dibawah, tidak bisa admin sebutkan)

(Pada tahun 2019, Perempuan ini berniat merayakan berakhirnya lockdown dengan mendaki bebatuan setinggi 100 kaki di Turki. Mengajak temannya untuk mengambil fotonya yang sedang berpose, selfie tersebut berubah status menjadi barang bukti kepolisian—temannya yang foto, langsung menjerit kesetanan pas tau ‘itu’ terjadi.)


(Gadis ini mengambil foto terakhirnya sebelum pada akhirnya jatuh dari ketinggian. Tanah yang hendak menyambut kedatangannya, sayangnya harus didahului oleh kabel listrik—you know lah apa yang terjadi selanjutnya. Volt nya tinggi btw)


(Remaja Rusia berusia 17 tahun. Dilaporkan jatuh dari gedung dan resmi menyandang gelar almarhum. Tragedi yang terjadi akibat aksi ekstrim ini—bahkan membuat Russia harus mengeluarkan “panduan selfie aman” demi mengedukasi remaja-remaja russia agar tidak melakukan hal yang sama)


(Gadis ini, dijuluki “Daredevil” karena aksi-aksi yang dia lakukan serupa dengan foto diatas. Dia juga meninggal dalam suatu kecelakaan yang menyangkut jatuh dari ketinggian)


(Pasangan india ini, meninggal jatuh dari tebing saat liburannya ke. Amerika Mereka Jatuh dari ketinggian 800 kaki dari California Yosermite National Park. Diketahui kecelakaan ini terjadi, karena, mereka berfoto-foto terlalu dekat dengan tepi tebing—whyy?!)


(Yang terakhir adalah foto dari sepasang suami istri yang berlibur ke Cabo Da Roca, Portugal. Mereka juga meninggal karena jatuh. Yang disturbing dari foto ini adalah, fakta bahwa yang ngambil gambar adalah kedua anak mereka—mereka melihat kedua ortu mereka jatuh.)


See? Tau kan alasan kenapa banyak yang takut ketinggian. Gravitasi itu menyeramkan

Baca Juga :

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

2 Responses to "Acrophobia, dan Enam Alasan Kenapa Orang Takut Ketinggian"

  1. Gravitasi itu menyeramkan. Tapi yg lebih menyeramkan itu kebodohan manusia sendiri yg dalam beberapa kasus karena kebelet viral, kadang nalar dan logikanya ga dipake.
    Kalo kasus kasus ini mungkin bukan soal kebelet viral sih ya? Lebih ke menguji adrenalin dan nyali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beberapa influencer (terutama tiktok/instagram) zaman skrg memang kadang ada yang bikin konetn-konten yang menantang nyawa.. namun, menyangkut ketinggian : kayaknya, kalau semisal orang yang udah tau resikonya ttp aja ngelakuin panjat-memanjat.. kalau meninggal ya gak bisa protes.
      ..
      disisi lain, orang yang meninggal "secara tidak sengaja" dari ketinggian.. mungkin memang sudah kodratnya ditakdirkan begitu.

      Delete