Teror Sosok Spring-Heeled Jack Pada Tahun 1837-1904

(Image : @Springheelsaga / Twitter)

Di abad pertengahan, ada sosok misterius yang sempat dikabarkan meneror jalanan London. Sosok misterius itu dijuluki Spring-Heeled Jack. (atau Jack si tumit pegas)

Siapa itu Spring-Heeled Jack

Spring-Heeled Jack adalah penyerang tak dikenal yang mulai meneror London pada tahun 1837.

Dalam penampakan pertama yang tercatat, seorang pelayan bernama Mary Stevens melaporkan berjalan ke Lavender Hill ketika sesosok melompat ke arahnya, meraihnya dan mencakarnya dengan cakarnya. Jeritannya menarik perhatian orang yang lewat, yang mencari penyerang tetapi tidak pernah dapat menemukannya.

Setelah akun pertama ini, beberapa wanita muda lainnya melaporkan penampakan serupa di seluruh pinggiran kota London. Menurut laporan awal, penyerang digambarkan sebagai sosok yang berubah bentuk, berpenampilan hantu, dan dengan sarung tangan berbentuk cakar.

Desas-desus tentang sosok aneh ini beredar di sekitar London selama sekitar satu tahun dengan pers memberinya julukan Spring-Heeled Jack. Cerita itu tidak dianggap lebih dari gosip atau cerita hantu yang dilebih-lebihkan sampai pertemuan di tahun berikutnya.

Teror dari Spring-Heeled Jack

Pada bulan Februari 1838, seorang wanita muda bernama Jane Alsop mengklaim bahwa seorang pria yang mengenakan jubah membunyikan bel pintunya di larut malam.

Dia kemudian melepas jubahnya untuk mengungkapkan pakaian ketat yang aneh. Orang itu kemudian melemparkan semacam serbuk ke wajah Jane, membuatnya sulit melihat.

Saat Jane membuka mata, dia menyadari kalau seluruh pakaiannya sudah terpotong-potong.  Jane sempat menggambarkan kalau orang itu memiliki cakar yang tajam (yang nampaknya adalah modifikasi untuk memotong-motong kain)

Untungnya, saudara perempuan Jane Alsop dapat menakuti penyerang, membuatnya melarikan diri dari tempat kejadian.

Hanya beberapa hari kemudian, hal serupa dilaporkan oleh seorang wanita berusia 18 tahun bernama Lucy Scales. Dia sedang berjalan-jalan dengan saudara perempuannya di Limehouse ketika sesosok orang melompat ke arahnya dari sebuah gang dan meniupkan serbuk ke wajahnya, membuatnya histeris.

Sekali lagi, sosok tersebut menghilang sebelum ditemukan.

(Sebenarnya beberapa informasi ada yang mengatakan kalau yang dilempar itu api dan bukannya serbuk. Mungkin yang dimaksud kayak api pesulap gitu kali ya? Tau kan yang biasa dipake Uya Kuya buat hipnotis? Hah tau deh)

The Teror Continue..

Mengikuti kisah Jane Alsop dan Lucy Scales, penampakan Spring-Heeled Jack dilaporkan di seluruh Inggris, bahkan katanya sempat terlihat sampai ke beberapa daerah di Skotlandia.

Korbannya paling sering digambarkan sebagai wanita muda dan mereka semua menggambarkan kisah serupa tentang seorang pria misterius, kurus dengan pakaian ketat, mata merah, dan tangan cakar.

Saat desas-desus menyebar, kisah Spring-Heeled Jack mulai mendapat sorotan tersendiri. Banyak drama, novel, dan lukisan dan buku-buku yang ditulis tentang dirinya di sepanjang abad tersebut. Membuat status Spring-Heeled Jack menjadi cukup kuat di kalangan urban legend.

Seiring berjalannya waktu, laporan penampakan Spring-Heeled Jack tumbuh dan berubah menjadi lebih aneh, mungkin karena cerita-ceritanya tercampur dengan fiksi dan hoax. Bahkan ada yang mengatakan kalau Spring-Heeled Jack dapat melompat dan terbang dari gedung ke gedung.

Namun, ketika cerita tersebut ditambah-tambahi, penampakannya menjadi kurang menakutkan. Pada pergantian abad, kemunculannya dianggap kurang layak sebagai teror dan lebih sebagai tokoh cerita rakyat. Penampakan terakhir Spring-Heeled Jack dilaporkan di Liverpool pada tahun 1904.

In The End...

Masih belum jelas apa niat asli dari Spring-Heeled Jack dalam meneror warga kala itu. Pada akhirnya, legenda Spring-Heeled Jack kini terkubur dalam, dibawah teror dari sosok yang lebih menakutkan : Jack The Ripper.

Baca Juga :

Tag : Biografi Spring-heeled Jack, kasus Spring-heeled Jack, kasus penampakan Spring-heeled Jack, kisah Spring-heeled Jack, siapa itu Spring-heeled Jack,

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

0 Response to "Teror Sosok Spring-Heeled Jack Pada Tahun 1837-1904"

Post a Comment