v Rosalia Lombardo, Mayat Cantik yang dikabarkan bisa Membuka Mata | UNSOLVED INDONESIA

Rosalia Lombardo, Mayat Cantik yang dikabarkan bisa Membuka Mata

Jika embalmer (orang yang mengawetkan mayat) di zaman dahulu memiliki kemampuan sehebat Alfredo Salafia, kita mungkin tidak akan kesulitan untuk merekonstruksi wajah para tokoh-tokoh terkenal dimasa lalu.

Dibalik “Keajaiban” Rosalia Lombardo

Di kedalaman Catacomb Sisilia yang tidak jelas lokasi tepatnya, ada seorang gadis muda yang dipajang di peti mati terbuka. Namanya adalah Rosalia Lombardo dan dia meninggal pada usia dua tahun, karena komplikasi dari pneumonia pada tahun 1920.

Ayahnya yang kala itu sangat sedih meminta bantuan seorang pembalsem untuk mengawetkan anaknya. Pembalsem, Alfredo Salafia, kemudian membuat mumi Rosalia Lombardo dengan sangat sempurna sehingga organ dalamnya masih utuh satu abad kemudian.

Memang, sulit untuk menatap tubuh mungil di peti mati kaca dan sepenuhnya sadar bahwa dia sudah benar-benar mati. Keadaan jantungnya yang sudah tidak berfungsi, memang sepenuhnya kontras dengan kulitnya yang masih mulus, serta rambut emasnya diikat rapi ke belakang dengan pita sutra besar.

Tentu saja, yang paling menakutkan (atau menakjubkan) dari semuanya adalah, iris biru kristal yang terlihat di bawah bulu mata pirangnya.

Rosalia Lombardo membuka mata?

Mayat Rosalia Lombardo adalah apa yang telah membuat Sisilia dikenal selama seratus tahun terakhir. Dia adalah salah satu dari 8.000 mumi di catacomb  bawah tanah biara Kapusin di Palermo, Sisilia.

Semenjak dahulu, ribuan pengunjung yang berduyun-duyun untuk melihat gadis berambut pirang itu, banyak yang melaporkan bahwa mereka melihat mata Rosalia Lombardo perlahan-lahan terbuka.

Faktanya, rentetan foto dari berbagai selang waktu dikumpulkan dan mengungkapkan Lombardo (katanya) memang perlahan membuka matanya dengan sepersekian inci—Tentu saja di era modern, hal ini mennggemparkan internet dengan kisah mumi yang bisa membuka matanya.

Sayang,  pada tahun 2009, antropolog biologi Italia Dario Piombino-Mascali menyanggah mitos seputar Rosalia Lombardo. Dia mengatakan :

“Itu adalah ilusi optik yang dihasilkan oleh cahaya yang menyaring melalui jendela samping, yang pada siang hari dapat berubah,” ungkapnya dalam sebuah pernyataan.

Piombino-Mascali membuat pernyataan ini setelah dia menyadari bahwa mumi telah dipindahkan oleh pekerja di museum, yang menyebabkan dia bergeser sedikit, memungkinkan orang-orang untuk melihat kelopak matanya lebih baik dari sebelumnya.

 "Mereka tidak sepenuhnya tertutup, dan memang tidak pernah," katanya. Jadi, ketika cahaya berubah dan mengenai matanya pada sudut yang berbeda, itu bisa tampak seolah-olah matanya terbuka.

Selanjutnya, sosok Piombino-Mascali juga berhasil menemukan formula yang sulit dipahami, yang mana digunakan oleh Alfredo Salafia dalam mengawetkan Lombardo

Metode Pengawetan Alfredo Salafia

Ketika Salafia meninggal pada tahun 1933, ia membawa formula rahasia ke liang lahat (tidak memberitahui metode pengawetan yang dia lakukan kepada siapapun)

Piombino-Mascali melacak kerabat yang masih hidup dari si pembalsem dan menemukan setumpuk surat-suratnya. Di antara dokumen-dokumen itu, ia menemukan memoar tulisan tangan di mana Salafia mencatat bahan kimia yang disuntikkannya ke tubuh Rosalia: formalin, garam Zinc, alkohol, asam salisilat, dan gliserin.

Formalin, yang sekarang banyak digunakan dalam pembalseman, adalah campuran formaldehida dan air yang menghilangkan bakteri (Salafia adalah salah satu yang pertama menggunakan bahan kimia ini untuk membalsem tubuh). Alkohol, bersama dengan iklim gersang di katakombe, mengeringkan tubuh Lombardo. Gliserin membuat tubuhnya tidak terlalu kering dan asam salisilat mencegah pertumbuhan jamur.

Tapi, yang terpenting dari itu semua adalah garam Zinc. Menurut Melissa Johnson Williams, direktur eksekutif American Society of Embalmers, garam Zinc yang digunakan Salafia merupakan elemen kunci dalam mempertahankan status pelestariannya yang luar biasa.

"Zinc memberinya kekakuan," kata Williams. "Kau bisa mengeluarkannya dari peti mati untuk menopangnya, dan dia akan berdiri sendiri." Prosedur pembalseman itu sendiri sangat sederhana, terdiri dari injeksi satu titik tanpa pengeringan atau perawatan rongga.

Selain itu, Rosalia Lombardo ditempatkan di kotak kaca tertutup. “Itu dirancang untuk memblokir bakteri atau jamur apa pun. Berkat film kaca khusus, itu juga melindungi tubuh dari efek cahaya, ”kata Piombino-Mascali.

In The End

Memang sih, banyak yang mengatakan bahwa keajaiban dari Rosalia Lombardo adalah dia yang membuka mata. Padahal, kejaiban yang sesungguhnya adalah keajaban yang diciptakan Alfredo Salafia dalam mengawetkan mayat tersebut

Hari ini, mayat Rosalia Lombardo masih “tertidur” nyenyak di bawah tanah biara Kapusin di Palermo. Meskipun dia tidak akan pernah lagi membuka mata, namun orang-orang yang mengunjunginya percaya bahwa dia akan selalu hidup di hati mereka semua.

Baca Juga :

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

0 Response to "Rosalia Lombardo, Mayat Cantik yang dikabarkan bisa Membuka Mata"

Post a Comment