Planet Lucy, Berlian terbesar yang pernah ada | UNSOLVED INDONESIA
Beranda - Kasus - Geek - Riddle - Lost Notes - Horror Story - About Blog - Kontak Admin

Planet Lucy, Berlian terbesar yang pernah ada


Yap, ada planet yang terbuat dari berlian. Terlepas di bumi harga berlian sangat mahal, namun berlian terbesar yang pernah ada harus terletak di galaksi yang sangat jauh, malangnya kita.

Lucy si ‘Planet dwarf putih’ adalah berlian terbesar yang pernah ditemukan. Serpihan karbon yang mengkristal itu berbobot setidaknya 5 juta triliun pound. Jika dibandingkan dengan emas paling murni yaitu 24 karat, Lucy bernilai 10 Miliar Triliun-triliun karat (gimana dah tu). Lucy, yang bernama resmi BMP-37093, ditemukan pada tahun 2004. Para astronom menjuluki planet berlian itu berdasar lagu The Beatles, “Lucy in the Sky With Diamonds”



Proses Pengidentifikasian Lucy.

Lucy memiliki Atmosfer Hidrogen dan massa/berat yang luar biasa tinggi sekitar 1,1 kali lipat massa Matahari. Lucy berjarak 50 tahun cahaya dari Bumi, di konstelasi Centaurus. Lucy digambarkan bergetar/ mengeluarkan denyutan/ dentuman. Denyutan/ dentuman tersebut menampilkan warna-warna yang bervariasi di permukaan planetnya (setidaknya, apabila diamati dari teleskop luar angkasa)

Lucy adalah planet yang memiliki denyutan paling masif yang dikenal sejauh ini. Meskipun dalam catatan resmi Lucy ditemukan pada tahun 2004, tetapi bertahun-tahun sebelumnya, para ilmuwan sudah melihat gambaran samar tentang sebuah bintang berwarna yang tidak banyak diketahui spesifikasinya,

Pada tahun 1992, pertama kali diketahui bahwa Lucy berdenyut akibat suhu intinya turun di bawah 12.000 Fahrenheit. Pada 1995, para ilmuwan memutuskan untuk melakukan penelitian kepada Lucy untuk melihat struktur pembentuknya. Penelitian itu menggambarkan tentang teori kristalisasi yang terjadi di Lucy yang memberikan kesimpulan bahwa Lucy sepenuhnya berstruktur berlian.

Lucy memang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang dan untuk mengamatinya harus menggunakan teleskop, terlepas dari strukturnya adalah berlian yang berkilau. Posisi paling efektif untuk mengamati Lucy adalah dari Belahan Bumi bagian Selatan selama periode Maret-Juni.

Sebenarnya, meskipun disebut planet, Spesifikasi Lucy pada dasarnya lebih mendekati matahari. Meskipun begitu, perbandingannya lebih rendah dibanding matahari di sistem tata surya kita.

Spesifikasi dan perbandingan Lucy

Berikut adalah perbandingan Matahari dan Bumi kita apabila disejajarkan dengan Lucy :
  • Matahari memiliki diameter 870.000 mil, sedangkan Lucy hanya memiliki diameter 2.500 mil
  • Matahari berukuran 109 kali diameter Bumi, sedangkan Lucy sekitar 2/3 ukuran Bumi
  • Lucy bersinar dengan perbandingan 1/1000 cahaya Matahari

Menurut beberapa astronom, Matahari kita akan menghabiskan bahan bakar nuklirnya dan mati dalam lima miliar tahun, dan dia akan menjadi Planet Dwarf seperti Lucy. Dua miliar tahun setelah itu, Matahari akan bertransformasi menjadi berlian yang serupa seperti Lucy. Well tentu saja, disaat itu karena cahaya Matahari sudah tidak bisa menyinari bumi, maka seluruh umat manusia sudah binasa.

Lucy dan Budaya Populer.

Saking Uniknya si Lucy ini, dia sering disinggung oleh orang-orang dan sering disebutkan dalam beberapa budaya populer. Hal itu maksudnya adalah, Lucy pernah disebut di buku atau film sebagai fiksi (atau mungkin fakta) ilmiah.

Contohnya, Lucy Digambarkan sebagai "Diamond Star" dalam novel fiksi ilmiah karya John C. Wright, yang berjudul "Count to a Trillion". Lucy juga hadir dalam buku keduannya, dan digambarkan sebagai tujuan perjalanan antarbintang manusia pertama.

Lucy juga disebutkan dalam film, khususnya dalam "Only lovers left Alive", sebuah film yang keluar pada tahun 2013 garapan Jim Jarmusch. Dalam film tersebut, karakter Tilda Swinton menceritakan kepada karakter Tom Hiddleston tentang BPM-37093, dan menggambarkan Lucy sebagai "berlian seukuran planet yang memancarkan musik bersuara gong raksasa"

Opini

Mungkin memang permata seukuran planet itu sudah sepantasnya tidak akan pernah bisa kita jangkau. Maksudku, sejarah manusia digambarkan sebagai makhluk yang berperang demi rempah-rempah dan minyak bumi. Dalam prosesnya, ratusan bahkan jutaan jiwa harus mati.

Tidak bisa dibayangkan apabila sebuah obyek bernama “Permata paling besar yang pernah ada” tiba-tiba ditemukan di bumi. Mungkin hal tersebut bisa menjadi kehancuran kita sendiri.

Yah, ini untuk kebaikan kita.

Baca Juga :
Yth Pembaca,
Mohon untuk tidak meng-copas artikel di blog ini sembarangan. Buatnya susah gan. Kalau mengutip boleh, tapi mohon sertakan sumber. Terima kasih.

0 Response to "Planet Lucy, Berlian terbesar yang pernah ada"

Post a Comment