Planet Nibiru, Planet yang ‘katanya’ akan menabrak Bumi | UNSOLVED INDONESIA
Beranda - Kasus - Geek - Riddle - Lost Notes - Horror Story - About Blog - Kontak Admin

Planet Nibiru, Planet yang ‘katanya’ akan menabrak Bumi


Beberapa waktu lalu, warganet dihebohkan dengan sebuah berita yang tersebar tentang sebuah Planet yang katanya akan menabrak Bumi. Dalam berita dikatakan bahwa planet tersebut perlahan tapi pasti semakin mendekat ke tata surya kita dan lintasannya berada di garis lurus dengan bumi.

Bak memantik korek diantara tumpukan minyak, berita itu pun semakin heboh. Pasalnya dari berbagai penjuru bumi mulai muncul  teori-teori konspirasi yang menyebutkan bahwa suasana langit mulai berubah, dan kondisi matahari lebih putih (menandakan kalau matahari sedang menutupi planet Nibiru).

Namun apakah benar seperti itu?

(Ilustrasi Planet Nibiru)

Asal Usul Planet Nibiru

Planet yang dimaksud adalah Planet Nibiru. Sebenarnya berita tentang planet Nibiru ini sudah ramah diperbincangkan selama puluhan tahun, dan kebetulan saja baru-baru ini cerita tersebut kembali dipersoalkan.

Dalam sejarah, istilah Nibiru diambil dari  catatan bangsa Sumeria yang merupakan nama dari tempat Dewa mereka berasal. Dewa tersebut adalah bangsa Anunnaki (Yang dipercayai sebagai Alien yang pernah datang ke bumi dan membantu perkembangan peradaban Sumeria)

Bangsa Anunnaki sendiri diyakini pergi dari Bumi tatkala kejadian banjir yang menerpa bahtera Nuh. Meninggalkan ras Hybrid antara Manusia dan Anunnaki yang sampai sekarang (tanpa diketahui) berbaur dengan manusia.

Cerita Tersebut tertuang di dalam buku “The Twelefth Planet” karya Zacharia Sitchin. Sebuah Pseudohistory (sejarah yang di klaim sebagai sejarah namun tidak mengikuti metode sejarah yang umum). Dalam bukunya dia menyebutkan bahwa suatu hari nanti Bangsa Anunnaki akan kembali ke bumi. Kemungkinan inilah yang menjadi dasar berita planet Nibiru mendekat ke bumi.

Beberapa tahun kemudian, seorang cenayang bernama Nancy Lieder mengaku berkomunikasi dengan Alien dan mengatakan kalau dia diberi wahyu bahwa Nibiru akan bertabrakan dengan Bumi.

Ramalan Planet Nibiru

Sayangnya ‘Intel’ yang didapat Nancy Lieder itu menyebutkan bahwa kejadian tersebut akan terjadi pada tahun 2003 (yang secara nyata tidak pernah terjadi karena sekarang sudah terpaut belasan tahun). Masyarakat untuk sementara bisa bernafas lega.. Well, setidaknya sampai beberapa tahun kemudian.

Pasca ramalan itu tidak terbukti, muncul ‘intel’ baru yang menyebutkan kalau kejadiaannya diundur sampai tahun 2012. Memang manusia tidak belajar, tau ramalan pertama adalah omong kosong, eh masih aja ada yang percaya ramalan kedua.

Namun tentu saja tak heran kalau banyak yang percaya. Mungkin karena kali ini lebih meyakinkan, pasalnya pada tahun tersebut, kejadian mulai dihubung-hubungkan dengan perhitungan kalender suku maya yang berakhir pada tahun 2012 (Tau kan, dulu 2012 banyak sekali berita heboh soal kiamat, sampai dibuatkan film kiamat segala). Namun sekali lagi, ramalan tersebut tidak terbukti.

Tatkala komet Elenin terlihat di tahun 2011, banyak yang percaya kalau komet itu adalah Planet Nibiru yang menyamar (Planet bisa menyamar njir). Namun alih-alih menabrak bumi, Komet Elenin hanya lurus melewati bumi dan berakhir di Matahari (Para ilmuan menghitung pecahan komet Elenin akan berada di luar jangkauan orbit bumi setidaknya sampai 12.000 tahun kedepan)

(Komet Elenin, NASA)

Bermodalkan semangat “pantang menyerah sebelum padam” para pemegang teori konspirasi mulai memberitakan ramalan yang lain. Kali ini ramalan tersebut menyebutkan kalau ‘hari kiamat’ ini akan terjadi pada 19 Desember 2017. Mereka percaya bahwa seiring datangnya Nibiru ke bumi, bisa dilihat dari perubahan Iklim yang terjadi. Hal tersebut dikarenakan Nibiru yang ‘dengan semena-mena’ menerobos tata surya, membuat lintasan planet lain juga kacau. Yah, Planet yang tidak tau sopan santun.

Dan yap, hal tersebut lagi-lagi tidak terbukti

Bantahan NASA tentang Nibiru

Disisi lain, terlepas dari hebohnya jagad internet. NASA sendiri malah mengeluarkan sebuah pernyataan yang sangat mengejutkan. Mereka dengan tegas mengatakan bahwa Planet Nibiru adalah planet Fiksi, alias tidak nyata.

Itu adalah pernyataan resmi mereka dalam menanggapi berbagai rumor yang beredar. Mereka menguatkan argumen mereka sendiri dengan menyebutkan semisal benar-benar Ada planet bernama Nibiru yang akan menabrak bumi, pastinya perjalanannya sudah bisa dilihat menggunakan teleskop jarak jauh semenjak bertahun-tahun yang lalu.

Hal tersebut tentu saja membuat geram seluruh masyarakat. Banyak provokasi yang malah balik menyerang NASA. NASA disebut menyembunyikan kenyataan dan tidak terbuka dengan masyarakat. Pokoknya, intinya NASA yang salah lah.

Terlepas dari 3 ramalan yang meleset. Sepertinya belum ada ramalan lain yang viral di masyarakat sampai detik ini. Namun meskipun begitu, beberapa orang masih percaya akan keberadaan Planet Nibiru.

Catatan Admin

Well, ini sebenarnya topik yang absurd. Entah yang salah dari pihak NASA atau masyarakat. Namun yang jelas, admin akan menutup artikel ini dengan sebuah cerita. Cerita ini judulnya adalah Dokter vs Tukang ledeng.

Suatu ketika, ada dua orang tengah berdebat, satunya adalah dokter, satunya lagi tukang ledeng. Mereka berdebat di depan seorang anak kecil yang tangannya terkilir. Dokter bilang, Anak kecil itu harus diputar pergelangan tangannya biar kembali seperti semula. Disisi lain, tukang ledeng bilang Anak kecil itu harus diberi makan manisan yang banyak agar dia cepat sembuh.

Karena anak itu tau usaha dokter akan membuatnya merasakan sakit, dia lebih memilih diobati dengan cara diberi manisan.

Admin tidak tau apakah NASA itu berbohong atau tidak. Yang jelas, mempercayai ‘seorang penulis’ tentang urusan luar angkasa dibanding ‘Peneliti luar angkasa’, jelas banget ada yang salah disini -__-

Case Closed—For Now

Baca Juga :
Yth Pembaca,
Mohon untuk tidak meng-copas artikel di blog ini sembarangan. Buatnya susah gan. Kalau mengutip boleh, tapi mohon sertakan sumber. Terima kasih.

3 Responses to "Planet Nibiru, Planet yang ‘katanya’ akan menabrak Bumi"

  1. aku gak percaya teori itu. NASA emang biasa jadi sasaran teori konspirasi. yg paling terkenal itu tudingan NASA ga pernah ke bulan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya tuh, soal neil armstrong yang katanya pendaratan di bulan nya shooting di studio kan?
      kalau yang itu, no comment dulu lah wkjwk

      Delete
    2. pernah dengar jg sih konspirasi NASA itu fake soal ke bulannya tapi ga tw la ya hahaha


      yang aku pertanyakan emng ada ya alat yang bisa melihat planet dengan jarak 21 tahun cahaya bahkan bisa memantau galaksi yang berbeda

      Delete