v League Of Monsters : Mengenal sosok misterius yang dijuluki “The Jersey Devil” | UNSOLVED INDONESIA

League Of Monsters : Mengenal sosok misterius yang dijuluki “The Jersey Devil”

Legenda mengatakan, bahwa di hutan lebat Pine Barrens di New Jersey, tinggal binatang mitologis yang dikenal sebagai The Jersey Devil. Selama 300 tahun lamanya, The Jersey Devil telah meneror imajinasi penduduk New Jersey.

Secara umum diyakini bahwa makhluk iblis itu adalah keturunan terkutuk dari seorang wanita pengikut Quaker Society yang disihir sebelum kemudian melarikan diri ke rawa-rawa di mana dia bertahan hidup dengan memakan penduduk lokal.

Seperti cerita rakyat lainnya, kisah nyata The Jersey Devil penuh dengan misteri dan spekulasi. Tetapi legenda itu cukup jelas sehingga pada tahun 1909, mengilhami rentetan teror yang nyata.

Banyak yang berpendapat bahwa The Jersey Devil masih mendatangkan malapetaka di lahan basah New Jersey hingga hari ini.

Kisah “The Jersey Devil”

Sebelum dikenal sebagai Jersey Devil, makhluk itu lebih sering disebut sebagai Leeds Devil. Asal usul nama ini memiliki beberapa latar belakang yang berbeda.

Salah satu legenda menyatakan bahwa pada tahun 1735, seorang wanita miskin New Jersey yang dikenal sebagai Ibu Leeds tengah hamil anaknya yang ke-13. Suami Leeds, dilaporkan adalah seorang pemabuk yang tidak mampu menafkahi keluarga besarnya dengan layak.

Pada suatu malam, kedua pasangan itu bertengkar dan sang ibu tiba-tiba berteriak "Biarkan anak ini menjadi iblis!" karena tersulut amarah atas kelakuan suaminya.

Pada malam yang penuh badai beberapa bulan kemudian, Ibu Leeds melahirkan bayi laki-laki yang tampak normal. Tapi kemudian, di hadapan bidan dan 12 anak Ibu Leeds lainnya, bayi itu berubah menjadi binatang bersayap dengan ekor dan cakar yang panjang.

Ibu Leeds dikatakan telah mencoba mengurung makhluk itu di rumahnya, tetapi dia dilaporkan tumbuh dengan cepat dan ganas. Hingga suatu ketika, makhluk itu membunuh seluruh anggota keluarganya dan kemudian melarikan diri ke hutan.

Dalam versi lain dari cerita asal-usul The Jersey Devil, Ibu Leeds dituduh sebagai seorang penyihir yang bercinta dengan Iblis dan melahirkan seorang anak yang bukan manusia.

Variasi ketiga dari kisah tersebut menceritakan tentang seorang wanita muda yang menolak memberikan makanan kepada seorang gelandangan yang mengemis. Mengakibatkan gelandangan itu menaruh kutukan padanya yang mengakibatkan anak ke-13 nya menjadi sosok monster.

Teror Jersey Devil ke Penduduk Lokal

Terlepas dari banyaknya variasi atas asal-usul legenda The Jersey Devil, deskripsi fisik makhluk itu cenderung konsisten. Hal tersebut, memberikan kesan bahwa, mengkesampingkan asal usulnya, fakta bahwa sosok itu ada dan berkeliaran diluar sana, tidak berubah.

Menurut sebagian besar pengakuan seputar Jersey Devil, itu adalah makhluk terbang dengan sayap seperti kelelawar. Ia memiliki kepala yang mirip dengan kuda atau mungkin kambing, dengan lengan kecil yang ditumbuhi cakar mirip seperti milik naga—beberapa laporan juga menggambarkan bahwa dia memiliki tanduk dan ekor yang panjang.

Makhluk itu juga dikatakan mengeluarkan jeritan nyaring. Menurut beberapa saksi, tingginya sekitar enam kaki, tetapi menurut yang lain, dia hanya memiliki tinggi sekitar tiga hingga empat kaki.

Penduduk lokal mempercayai bahwa Jersey Devil sering memperlihatkan diri tatkala mencari makan. Makanan yang dimaksud adalah anak-anak, hewan peliharaan, dan hewan ternak setempat.

Beberapa orang mengatakan bahwa dia bertanggung jawab atas gagal panen, sapi tanpa susu, dan kekeringan. Ada yang mengatakan penampakan Jersey Devil menandakan bencana atau perang yang akan datang. Selebihnya, penampakan rutin makhluk tersebut biasanya terlihat setiap tujuh tahun dengan sendirinya.

Penampakan sepanjang Sejarah

Pada tahun 1820, kakak komandan Revolusi Prancis Napoleon Bonaparte, yaitu Joseph Bonaparte, bahkan mengaku pernah melihat Jersey Devil saat berburu di Bordentown.

Pada tahun 1840, beberapa pembunuhan ternak dikaitkan dengan sosok Jersey Devil. Di tahun tersebut, banyak sekali fenomena kematian ternak secara tiba-tiba.

Pada tahun 1909, banyak penampakan aneh, termasuk jejak kaki yang bentuknya tidak dapat dijelaskan. Kejadian ini dilaporkan di beberapa surat kabar lokal. Judul utama dari koran Asbury Park Press tahun itu berbunyi, "Jejak misterius apa ini?"

Laporan-laporan individu juga terus berdatangan selama beberapa waktu. Ada yang mengatakan bahwa mereka melihat bayangan hitam terbang melintasi rumah mereka. Ada juga laporan tentang penemuan bangkai hewan yang tersebar disepanjang hutan engan pola-pola perburuan yang misterius.

Teror-Teror itu sampai kepada titik dimana keberadaan Jersey Devil, dianggap sebagai ancaman yang nyata dan bukan merupakan mitos lagi.

Insiden yang lebih baru termasuk kejadian yang dialami seorang petani di Greenwich, New Jersey, yang menembak binatang tak dikenal yang cocok dengan deskripsi The Jersey Devil pada tahun 1925.

Kemudian, Pada tahun 1951, sekelompok anak laki-laki di Gibbston, New Jersey mengaku melihat monster seperti Jersey Devil saat berada di hutan.

Pada tahun 1960, pedagang di dekat Camden menawarkan hadiah sebesar $10.000 bagi siapa saja yang dapat menangkap Jersey Devil. Jika tertangkap, mereka bahkan akan membangun kebun binatang pribadinya sendiri.

Sampai hari ini, belum ada yang bisa mengklaim hadiah tersebut.

In The End

Tentu saja ide tentang ada semacam makhluk misterius yang berkeliaran di daerah tertentu, bukanlah sebuah hal yang baru. Hal tersebut kerap terjadi di berbagai tempat diseluruh penjuru dunia.

Meskipun begitu, bagi penduduk New Jersey, sosok “The Jersey Devil” tidak hanya merupakan sosok menakutkan yang mereka percayai. Makhluk itu, juga merupakan salah satu manifestasi dari kebudayaan yang sudah dipercayai oleh berbagai generasi mereka selama bertahun-tahun.

Apapun itu, terlepas dari percaya atau tidak, biarkanlah cerita-cerita itu ada sebagai warisan untuk anak dan cucu mereka kelak.

End Of Story.

Ilustrasi sosok "The Jersey Devil" menurut Wikipedia

Baca Juga :

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

1 Response to "League Of Monsters : Mengenal sosok misterius yang dijuluki “The Jersey Devil”"