v Johnny Gosch Hilang Pada Tahun 1982, 15 Tahun kemudian dia Kembali dengan membawa Berita Buruk | UNSOLVED INDONESIA

Johnny Gosch Hilang Pada Tahun 1982, 15 Tahun kemudian dia Kembali dengan membawa Berita Buruk

Johnny Gosch berusia 12 tahun pada tahun 1982. Kala itu, dia diketahui memiliki kerja part-time sebagai pengantar koran untuk mendapatkan uang jajan tambahan. Dalam menjalani kesehariannya ini,  dia bangun sebelum matahari terbit setiap pagi dan mengantarkan koran di sekitaran Des Moines Barat, Iowa—yang saat itu berpenduduk sekitar 22.000 jiwa.

Gosch tidak pernah mengirimkan surat kabar terlambat. Itulah kenapa ketika pada pagi hari tanggal 5 September 1982, ketika orang tuanya mulai menerima telepon dari tetangga yang menanyakan apa yang terjadi dengan surat kabar mereka, orang tua Gosch langsung menyadari ada yang tidak beres.

Kasus Menghilangnya Gosch

Menanggapi anaknya yang hilang, John dan Noreen Gosch dengan panik lantas memberi tahu polisi setempat. Namun, karena tidak ada catatan atau permintaan uang tebusan, polisi memutuskan bahwa kasus tersebut bukan penculikan dan memutuskan untuk menunggu 72 jam sebelum menyatakan Johnny Gosch hilang dan memulai pencarian dengan sungguh-sungguh.

Sementara menunggu, John sudah terlebih dahulu menyisir lingkungan untuk mencari putranya. Di suatu persimpangan yang berjarak satu setengah blok dari rumah, dia  menemukan gerobak pengiriman milik Johnny Gosch yang masih penuh dengan surat kabar nampak ditinggalkan begitu saja.

Itu, adalah jejak terakhir Johnny Gosch.

Semenjak saat itu, hilangnya Johnny Gosch dengan cepat menjadi berita utama di seluruh negeri berkat upaya orang tua Johnny dalam memberitakan anak mereka yang hilang. Frustrasi dengan respon lamban penegak hukum, John dan Noreen tampil di televisi dan membagikan lebih dari 10.000 poster dengan foto putra mereka.

Meskipun begitu, terlepas dari upaya besar-besaran keluarga Gosches memastikan berita penculikan putra mereka tersebar, itu juga menarik perhatian yang tidak diinginkan dalam bentuk panggilan prank dan informasi palsu.

Tampaknya ada petunjuk di awal kasus, ketika penyelidik swasta yang disewa oleh keluarga Gosches, menemukan dua saksi yang melaporkan melihat Johnny Gosch berbicara dengan seorang pria di dalam mobil biru di hari kepergiannya.

Namun, tanpa plat nomor untuk dilacak, informasi tersebut dengan cepat menjadi tidak berguna dan jejak lanjutan pun tidak mampu ditemukan. Dua tahun kemudian, tukang koran lain, Eugene Martin, hilang di Iowa, tetapi polisi tidak pernah bisa menghubungkan kedua kasus tersebut.

Tidak ada penangkapan atau dakwaan yang pernah dilakukan dalam kasus Johnny Gosch. Tetapi, misterinya masih jauh dari kata selesai.

Johnny Gosch pulang setelah 15 tahun?

Pada tahun 1997 (15 tahun setelah hilangnya Johnny Gosch), Noreen Gosch terbangun karena ketukan di pintunya pada pukul 2:30 pagi. Meskipun pengunjung tak terduga itu membuka bajunya untuk memperlihatkan tanda lahir yang familiar di dadanya, Noreen mengaku dia langsung mengenali pengunjung itu. Pria itu adalah putranya yang sekarang berusia 27 tahun, Johnny.

Menurut Noreen, Johnny pulang sembari ditemani oleh seorang pria yang asing. Meskipun Noreen bilang bahwa dia berbicara dengan putranya selama lebih dari satu jam, Noreen mengaku bahwa Johnny akan meminta persetujuan orang asing tersebut untuk berbicara.

Bocah yang lama hilang itu mengatakan kepada ibunya bahwa dia masih dalam bahaya dan menolak untuk mengungkapkan di mana ia tinggal sebelum menghilang sekali lagi.

Pasca kejadian itu, Noreen pergi ke FBI dan meminta mereka membuat sketsa putranya yang sekarang sudah dewasa, tetapi kurangnya bukti selain pengakuan Noreen sendiri, membuat pihak berwenang malah meragukan bahwa Johnny masih hidup.

Meskipun begitu, Noreen sangat yakin bahwa Johnny diculik dan terlibat dalam cincin perdanganan seks dibawah umur. Dan alasan kenapa segala macam penyelidikan terlambat, karena adanya nama-nama besar yang terlibat dalam skema tersebut.

Tentu pihak berwenang mengaku kalau “ada kemungkinan” hal semacam itu bisa terjadi. Tetapi polisi Des Moines, mengatakan mereka "tidak memiliki bukti yang menunjukkan bahwa Johnny terseret ke dalam lingkar pedofil."

In the End

Terlepas dari putranya yang tidak diketahui nasibnya, Noreen dan suaminya tidak pernah hilang harapan bahwa putra mereka yang hilang masih hidup. Mereka pernah menyatakan dalam sebuah wawancara, “Kami sudah lama hidup tanpa Johnny. Ini bukan hal baru bagi kami, tapi setiap detiknya tetap terasa menyakitkan.”

Pasca pengakuannya yang mengatakan bahwa Johnny sempat pulang, Noreen Gosch sering dianggap sebagai ibu “yang mengidap trauma” dan berhalusinasi  Namun, hal tersebut tidak mengubah fakta bahwa mereka merupakan sosok yang berperan penting dalam memperjuangkan hak anak hilang di Amerika Serikat.

Pada tahun 1984, Negara bagian Iowa meloloskan undang-undang  Johnny Gosch. Yang mana menetapkan peraturan bahwa kepolisian harus segera menyelidiki kasus anak hilang, daripada menunggu 72 jam seperti dalam kasus Gosch.

Terlepas dari perubahan legislatif yang penting dan kampanye media yang luar biasa, selain gerobak korannya, tidak ada jejak Gosch yang pernah ditemukan.

Selebihnya, masih menjadi misteri

(Rupa Johnny Gosch Tua yang dibuat dengan Computer Generated)

Baca Juga :

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

0 Response to "Johnny Gosch Hilang Pada Tahun 1982, 15 Tahun kemudian dia Kembali dengan membawa Berita Buruk"

Post a Comment