v Penampakan UFO di Berkshire Pada malam 1 September 1969 | UNSOLVED INDONESIA

Penampakan UFO di Berkshire Pada malam 1 September 1969

Pada tahun 1969, penduduk Berkshire County di Massachusetts menjadi panik setelah banyak orang melaporkan melihat penampakan UFO. Kehebohan atas penampakan itu sempat menggemparkan tidak hanya penduduk Berkshire sendiri, tapi juga orang-orang di seluruh Amerika.

Apa Itu UFO Berkshire?

Pada malam 1 September 1969, cahaya aneh diketahui turun di kota Sheffield, yang terletak di Berkshire selatan. Banyak yang melihat lampu ini mengatakan bahwa cahaya itu datang dari  UFO.

Menurut keterangan saksi, UFO yang dimaksud adalah pesawat berbentuk cakram yang melakukan manuver akrobatik di langit daerah Berkshire. Tidak jelas persis berapa lama fenomena itu berlangsung, tetapi banyak saksi yang melihatnya mengatakan bahwa mereka kehilangan pemahaman akan waktu saat kejadian.

Berkshires adalah wilayah dataran tinggi pedesaan di Massachusetts barat. Wilayah ini mencakup petak besar hutan belantara, menjadikannya tujuan wisata populer bagi pejalan kaki dan pecinta alam selama musim panas. Berkshires juga sebagian besar terdiri dari kota-kota kecil, yang, apabila disakut-pautkan dengan pendaratan “alien”, menjadikannya tempat yang ideal untuk dikunjungi.

Penampakan UFO di daerah tersebut pada tahun 1969,  ternyata cukup kuat untuk meninggalkan rasa kebingungan yang berkepanjangan. Anak-anak sekolah menggambar UFO di kelas sementara orang dewasa menelepon stasiun radio lokal untuk menjelaskan apa yang telah mereka lihat.

Banyak orang yang melihat fenomena aneh malam itu menjadi bingung. Sepertinya tidak ada yang tahu apa yang mereka lihat, tetapi mereka tahu bahwa mereka melihat sesuatu. Insiden itu, pada akhirnya dijuluki sebagai UFO Berkshire 1969.

Diperkirakan sekitar 40 orang melaporkan melihat UFO. Beberapa dari mereka yang saat itu masih anak-anak masih tinggal di daerah tersebut hingga saat ini.

Karena catatan saksi begitu banyak dan cukup meyakinkan,  membuat masyarakat setempat membanggakan pertemuan tersebut sebagai “Kasus Penampakan UFO pertama dalam sejarah Amerika Serikat” 45 tahun kemudian.

Tentu saja, terlepas dari cerita-ceritanya, pertanyaan ultimate dari seluruh manusia diluar Berksher adalah adalah : Apakah insiden UFO Berkshire 1969 benar-benar terjadi?

Pengakuan Saksi Atas Penampakan UFO

Percaya atau tidak pada cerita saksi, UFO Berkshire pada tahun 1969 tidak diragukan lagi merupakan peristiwa yang luar biasa bagi penduduk kota Sheffield.

Sementara banyak yang mengaku melihat UFO atau cahaya aneh pada malam itu, saksi mata yang paling menonjol sejauh ini adalah pengakuan dari lelaki bernama Thomas Reed.

Menurut Reed, dia melihat UFO ketika dia berusia 9 tahun pada 1 September 1969, ketika dia berada di dalam mobil bersama ibu, nenek, dan saudara laki-lakinya.

Seperti yang diingat Reed, keluarga mereka kala itu sedang dalam perjalanan pulang dari restoran mereka Village on the Green dimana pada awalnya, itu hanyalah perjalanan yang biasa-biasa saja. Itu sebelum kemudian, tiba-tiba, mereka melihat seberkas cahaya yang bersinar keluar dari balik pepohonan yang rimbun di jalan yang kosong.

Lampu-lampu aneh terus memancar dari balik pepohonan saat keluarga itu menyeberangi jembatan Sheffield yang tertutup, tetapi mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan pemandangan itu.

Setelah cahaya kuning muncul di kedua sisi jalan, Reed ingat bahwa mobil keluarga mereka tersedot keatas sebelum pemandangan area berubah sepenuhnya. Mereka diambil dan berpindah ke area seperti hanggar yang lebih besar dari lapangan sepak bola.

"Kami dibawa masuk ke kapal mereka" kata Reed. “Itu jelas bukan dari dunia ini. Kami punya televisi hitam putih di rumah dan pemandangan di dalam pesawat itu, adalah pemandangan yang belum pernah kami lihat sebelumnya. Ada lampu yang tampak seperti tabung neon di dalam hanggar yang menampung kami.”

Sekilas tempat aneh itu membuat otaknya kacau sampai dia menyadari bahwa mobil mereka sudah kembali ke jalan aspal. Nenek dan ibunya telah bertukar tempat duduk. Menurutnya, itu adalah pengalaman yang menakutkan sekaligus indah.

Semenjak saat itu, Reed telah menjadi saksi paling vokal dalam membela UFO Berkshire 1969.

Berpuluh tahun kemudian, dia membantu meyakinkan saksi lain untuk mengumpulkan uang demi mendirikan monumen beton seberat 5.000 pon, yang dibangun di jembatan Sheffield yang tertutup di mana dia melihat UFO bersama keluarganya. Dekorasi bangku dan lampu juga ditempatkan di sekitar monumen setelah didirikan.

Kemudian, Reed membentuk UFO Monument Park Inc. Organisasi nirlaba untuk mempertahankan sebidang tanah tempat monumen itu berdiri.

(Thomas Reed)

Kontroversi Kota Kecil

Awalnya, monumen yang diinisiasi oleh Reed itu, diterima sebagai landmark yang baik oleh penduduk kota. Namun itu berubah tatkala monumen UFO Berkshire menjadi subjek ketegangan yang meningkat di Sheffield sebelum dipindahkan pada 2019.

Meskipun kota Sheffield tampaknya menerima insiden UFO Berkshire pada awalnya, kepercayaan telah memudar di antara beberapa penduduk dalam beberapa tahun terakhir.

Ketidaksepakatan antara mereka yang percaya monumen UFO menandai peristiwa penting dalam sejarah kota dan mereka yang melihat monumen sebagai merusak pemandangan mulai memanas.

Pada 2019, kota itu memutuskan untuk menghapus monumen UFO Berkshire. Penilaian pengacara kota bahwa monumen telah didirikan di properti kota dengan cepat membuka jalan untuk pembongkaran yang sah.

Pada tahun 2018, juru bicara Gubernur Massachusetts Charlie Baker, yang tanda tangannya dimeteraikan di monumen UFO, mengatakan kepada Boston Globe bahwa tanda tangan itu dikeluarkan karena kesalahan. The Great Barrington Historical Society, yang menggambarkan penampakan massal UFO Berkshire sebagai peristiwa "signifikan dan benar" pada tahun 2015, juga mundur dari dukungannya.

Pada tahun 2019, setelah tidak ada upaya oleh Reed dan rekan-rekannya untuk mempertahankan struktur tersebut, kota itu mengangkut monumen UFO untuk selamanya.

Hmm..

(Plakat dari monumen UFO di Berkshire)

Baca Juga :

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

2 Responses to "Penampakan UFO di Berkshire Pada malam 1 September 1969"