Uncanny Valley, Perasan Takut akan “Makhluk yang Mirip Manusia”

 Pernahkah kamu melihat seseorang. Sekilas dia tampak seperti orang biasa, dia punya wajah, punya telinga, mulut, mata, hidung—pokoknya, dia sama sepertimu.

Kemudian, kau lama memperhatikannya dan berpikir, kayaknya ada yang aneh dari rupanya, tapi apa ya. Kau terus menatapnya dan secara visual, dia sebenarnya mirip manusia biasa dan wajahnya pun tidak aneh.

Sayang, otakmu kala itu, secara tidak sadar memberontak. Tidak peduli sekeras apapun kau mencoba menerima orang itu sebagai sosok normal, otakmu dari alam bawah sadar akan terus meyakinkanmu bahwa “shit, dia bukan manusia!”

Uncanny Valley

Hal yang admin jelaskan diatas, sering disebut sebagai Uncanny Valley. Itu adalah sebuah perasaan yang sering datang tatkala kau melihat sosok A.I atau robot super realistis. Tidak peduli serealistis apapun pabrik membuatnya. Otak kita akan tau kalau itu bukan manusia

Istilah ini pertama kali diciptakan oleh seorang pria bernama Masahiro Mori. Mori menggunakannya untuk menjelaskan bahwa ketika robot tampak lebih manusiawi, mereka menjadi lebih menarik. Tetapi pada titik tertentu, semuanya hanya akan menjadi semakin aneh.

Mereka (para robot itu) nampak begitu hidup, namun ada sesuatu yang tidak beres pada mereka. Ketidak beresan itu, adalah sebuah perasaan kosong saat kau melihat dan berhadapan dengan mereka.

Kekosongan itu lah, yang disebut sebagai Uncanny Valley.

Uncany Valley of Polar Express

Ada kasus dimana beberapa orang mengaku mereka merasa sedikit aneh saat menonton film animasi "Polar Express" tahun 2004.

Animasi ini dibuat dengan menggunakan teknologi motion capture. Ini berarti aktor yang memainkan karakter akan memerankan film dengan sensor inframerah, dan kemudian gerakan itu akan dirubah menjadi visual komputer.

Karena mereka tidak dapat memakai sensor di mata atau bagian dalam mulut mereka, di situlah kengerian film ini terasa. Gerakan Mata dan mulut pada akhirnya dibuat oleh komputer, sehingga membuat gerakan yang terkesan ‘manusiawi’ menjadi kabur.

(Know-it-all, Polar Express)

Uncany Valley sebenarnya tidak berbahaya, dan bukanlah merupakan phobia ataupun penyakit. Itu adalah naluri kita sebagai manusia untuk mengantisipasi keberadaan sosok-sosok yang mirip dengan ras kita namun sebenarnya bukan.

Lebih ke mekanisme pertahanan diri, kalau bisa dibilang

Scary Theory About Uncany Valley

Yang menakutkan dari Uncanny Valley adalah sebuah teori yang mengatakan bahwa, kita mendapatkan perasaan aneh tersebut, karena disuatu tempat disepanjang evolusi manusia, kita telah belajar untuk waspada terhadap sosok yang terlihat seperti manusia.. Tapi sebenarnya bukan.

In a way, dahulu sekali. Bisa jadi ada sosok Humanoid yang menyerupai manusia berkeliaran di bumi. Namun ras tersebut, hilang entah kemana dan manusia lah yang pada akhirnya menjadi penguasa bumi.

Hmm..

Baca Juga :

Yth Pembaca,
Mohon jangan copas sembarangan artikel di blog ini, buatnya susah gan. Mengutip boleh, namun mohon sertakan sumber backlink ke blog ini. Terima Kasih

2 Responses to "Uncanny Valley, Perasan Takut akan “Makhluk yang Mirip Manusia”"

  1. Kalo di Novel Origin Dan Brown, suatu saat nanti Kingdom klasifikasi akan bertambah satu. Kingdom robot (Tapi gue lupa nama latinnya anjir).
    Uncanny Valley bisa aktif ga ya kalo liat hantu (Apalagi yg seksi)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, mungkin kalau lihat hantu trus sadar "wah, dia bukan manusia" kayaknya gak termasuk jenis uncanny valley dah.. soalnya, istilah ini digunakan bukan untuk menjelaskan fenomena supranatural, tapi lebih ke "perasaan kosong" saat berpasan dengan sosok yang gak punya ekspresi seperti manusia (kayak gambar pertama diatas, kalau lihat cewek yang dibelakang, terkesan "hampa" aja gitu)

      Delete